Pakai Mesin Kecil, Tenaga Toyota Calya 2021 Kurang Galak Kalau Penumpang Full?

Kemunculan Toyota New Calya terbilang fenomenal karena menjadi mobil low cost green car (LCGC) dengan kapasitas tujuh penumpang. Versi facelit mobil kelas entry level multi purpose vehicle ini diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 16 September 2019. Namun hingga versi Toyota Calya 2021, mesin yang digunakan juga belum berubah sejak versi pertama muncul di 2016.

Bidikan segmennya yaitu keluarga baru yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau, namun sarat value sebagai signature Toyota. Alhasil, inilah sosok MPV murah yang bisa untuk 7-penumpang. 

Untuk kembarannya yaitu Daihatsu Sigra menggunakan mesin 1.0L dan 1.2L. Sayangnya Toyota Calya 2021 saat ini hanya membawa mesin 3NR 1.2L 4-silinder DOHC berteknologi Dual VVT-i. LCGC andalan Toyota ini bisa membawa 87 hp serta torsi maksimal 108 Nm yang bersahaja.

Tenaga disalurkan ke roda depan sehingga tidak ada tenaga yang terbuang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Di atas kertas, keluaran tenaga dan torsi Toyota Calya terbaru memang tak begitu besar.

Mesin 3NR-VE yang hemat masih dipertahankan di Calya facelift ini. Mesin berkode 3NR-VE punya karakter alami square engine (dimana dimensi diameter piston dan langkah piston sama). 

Karakter tersebut menghasilkan output tenaga maupun torsi yang merata tiap rpm. Patut disayangkan PT Toyota Astra Motor tidak memberikan transmisi yang lebih halus seperti CVT maupun racikan suspensi baru agar lebih mantab.

Mesin Kecil Toyota Calya 2021, Tidak Cocok Untuk Mobil Keluarga 

Toyota Calya dibekali dengan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Di atas kertas, tenaga mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Honda Brio atau Toyota Agya

Namun mengingat mobil ini punya bobot yang lebih berat, dan kapasitas penumpang lebih banyak, tentu saja tenaga mesinnya jadi tidak proporsional. 

Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk kamu yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota. Apalagi torsi puncaknya diraih di angka yang sangat tinggi sehingga akselerasi mobil ini terasa lemot di tarikan bawahnya.

Hal lain yang di luar dugaan adalah mobil ini dapat dipacu hingga 120 kilometer per jam namun tetap stabil. Tidak ada gejala setir bergetar atau bodi mobil yang limbung.

Kecepatan segitu bisa tercapai ketika penumpang di dalam mobil hanya dua atau tiga orang dengan barang bawaan yang tak terlalu banyak. Lain persoalan bila kondisi mobilnya penuh penumpang dan barang. 

Ketika membawa penumpang penuh ditambah barang bawaan sesak di bagasi belakang, pengendaraannya tak terlalu maksimal di jalanan menanjak. Mau tidak mau, kamu perlu mengakali dengan mengurangi beban mobil ketika akan menempuh perjalanan jauh bila kondisi medan mendaki dan menurun.

Untuk sekelas mobil perkotaan yang membutuhkan torsi instan dengan cepat, kenyamanan mengendarai mobil Calya Toyota cukup memesona. Perpindahan transmisi yang cukup halus membuatnya enteng dibawa di jalanan perkotaan yang penuh dengan gaya berkendara stop-and-go.

Kenyamanan Berkendara di Toyota Calya 2021, Seperti Apa?

Banyak yang bilang kalau shockbreaker-nya keras dan tidak nyaman, tapi nyatanya semua masih bisa ditolerir, baik ketika melewati jalan rusak atau speed bump.

Karena posturnya yang kompak dan radius putar yang besar, ditambah dengan fitur modern Electronic Power Steering (EPS) dan sensor parkir, tidak ada kendala berarti dalam melewatinya.

Satu hal yang membedakan Toyota Calya terbaru dengan kebanyakan MPV penumpang pada umumnya yaitu posisi tuas persneling yang menyatu dengan dashboard. Komposisi ini sering terlihat pada MPV besar, seperti Toyota HiAce sehingga memberikan rasa berkendara yang lega di baris depan. 

secara performa sih tidak spesial-spesial amat. Akselerasi 0-100 tuntas dalam waktu 12,5 detik, tidak terlalu buruk meski sama sekali tidak impresif.

Bagian yang menarik justru dari segi handling, di mana mobil terasa cukup stabil saat dipacu dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Bisa dibilang ini adalah imbas penggunaan sasis monokok serta double stabilizer di depan dan belakang. 

Dengan Electronic Power steering, setir Toyota Calya 2021 sangat ringan dalam kecepatan rendah yang memudahkan manuver di jalan sempit, atau saat parkir. Namun ketika dipacu lebih kencang, karater setirnya berubah lebih berat.

Kesimpulan 

Facelift yang didapat Toyota Calya 2021 makin mengukuhkan posisinya sebagai alternatif MPV 7-Seater dari Toyota Avanza yang harganya semakin mahal. Namun sedikit disayangkan karena mesinnya tidak berubah sama sekali. Tenaga dan torsinya masih sama seperti versi pre-facelift yang kurang galak untuk ukuran mini MPV. 

Jadi, masih tergoda beli Toyota Calya 2021 yang mesinnya under power? 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Calya
Lihat