Review Toyota New Yaris: Makin Groovy, Makin Asik Dikendarai

Berbicara soal pilihan mobil hatchback, tentu kita langsung tertuju pada dua model, Toyota Yaris dan Honda Jazz. Ya, keduanya memang seikonik itu, dan mendominasi pasar mobil kompak di Indonesia selama lebih dari 10 tahun.

Empat tahun setelah Toyota Yaris XP150 diperkenalkan di Indonesia tahun 2014, PT. Toyota Astra Motor menghadirkan penyegaran pada hatchback jagoannya untuk tetap kompetitif melawan Honda Jazz. Berbagai ubahan signifikan didapat, mulai dari eksterior, fitur, sampai powertrain.

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Apakah berbagai ubahan ini membuat Toyota New Yaris semakin groovy, dan semakin diterima pasar Indonesia? Simak review lengkapnya di sini.

Daftar harga Toyota New Yaris

Daftar Harga Toyota New Yaris
Toyota Yaris E M/T Rp250,950,000
Toyota Yaris E CVT Rp262,750,000
Toyota Yaris G M/T Rp259,250,000
Toyota Yaris G CVT Rp270,250,000
Toyota Yaris S M/T TRD Rp279,650,000
Toyota Yaris S CVT TRD Rp 291,450,000

Toyota Yaris New untuk pertama kalinya muncul di Indonesia pada 2006 dengan pilihan tiga varian, E, S dan S Limited. Ketiganya memakai mesin 1NZ-FE dari Toyota Vios yang lebih dulu muncul di Indonesia, dan hadir dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Toyota Yaris XP90 merupakan generasi pertama yang dijual antara 2005-2013

Tahun 2009, Toyota Yaris baru mendapatkan tambahan dua varian, yakni varian paling dasar J, dan S Limited TRD Sportivo, yang hadir dengan bodykit agresif dan setting suspensi khusus yang membuat mobil lebih pendek. Tahun 2012, mobil Yaris kembali mendapatkan facelift, namun hanya dijual sampai Oktober 2013 karena generasi XP150 akan hadir.

Toyota Yaris generasi XP150, yang dijual mulai 2014

Toyota Yaris generasi kedua (XP150) diperkenalkan ke pasar Indonesia pada Maret 2014 dan hadir dalam tiga varian, E, G, dan TRD Sportivo. Ketiga varian Yaris baru itu masih menggunakan mesin 1NZ-FE yang hadir dalam dua varian, otomatis dan manual.

Tahun 2016, Toyota Yaris XP150 mendapat update penting dengan mengganti mesin 1.500cc 1NZ-FE menjadi 2NR-FE, masih dengan kapasitas sama, namun dengan teknologi Dual VVT-i, dan transmisi otomatisnya diganti menjadi CVT 7-percepatan.

Memasuki tahun 2018, Toyota Yaris New XP150 mendapatkan facelift yang mengubah tampang mobil secara signifikan, dan juga penyegaran di sisi interior dan fitur.

Eksterior

Ubahan bagian eksterior Toyota Yaris terlihat cukup kentara, dimulai dari sisi depan di mana lampu proyektor halogen dengan aksen lingkaran merah yang menguatkan kesan sporty. Model lampu mobil Yaris Toyota juga kini terlihat pipih, dan menyatu dengan grille atas yang diberikan aksen hitam, turun sedikit ke bawah kita melihat grille utama yang berukuran besar degan pattern honeycomb, dengan LED Daytime Running Lights (DRL) di bagian ujung atasnya.

Desain depan Toyota New Yaris TRD Sportivo

Varian yang dibahas di review ini adalah Toyota New Yaris TRD Sportivo, hal ini terlihat dari model bodykit yang agresif dengan aksen merah khas TRD yang menyambungkan kedua foglamp. Bagian samping mobil juga terlihat lebih berisi dengan side skirts, secara umum kita tidak melihat ubahan signifikan pada facelift untuk bagian samping, kecuali pillar C yang diberi finishing hitam sehingga memberikan kesan floating roof.

Desain belakang Toyota New Yaris TRD Sportivo

Beralih ke belakang, kesan sporty langsung terlihat dengan hadirnya rear roof spoiler, serta rear bumper dengan diffuser serta reflektor. Desain lampu belakangnya senada dengan lampu depan, yakni dengan layout horizontal yang disambungkan dengan garnish finishing hitam dan garis merah.

Interior

Secara umum, desain interior Toyota New Yaris TRD Sportivo memadukan aura sporty dengan sentuhan modern. Bagian dashboard hadir dengan aksen finishing hitam dan silver, dengan layout dashboard bagian tengah berisi layar multimedia 7 inci yang sudah mendukung konektivitas USB, bluetooth, dan miracast, serta pengontrol AC dengan digital display yang hanya ada di varian ini saja.

Desain dashboard Toyota New Yaris

Sebagai mobil dengan dua baris tempat duduk, Toyota New Yaris hadir dengan akomodasi yang baik untuk lima penumpang. Joknya sendiri memakai material fabric yang lembut, dan dapat menopang tubuh dengan baik saat mobil bermanuver. Posisi duduk pengemudi dan penumpang juga dapat diatur secara manual dengan tuas di sisi jok.

Desain setir yang dipakai tidak sekeren facelift terakhir Toyota Yaris baru XP90 sih, namun material kulit berkualitas dipakai untuk melapisi lingkar kemudi cukup memberikan kesan mewah, ditambah kontrol multifungsi untuk mengatur MID dan audio, serta paddle shift di belakang setir. Panel instrument clusternya sendiri memadukan teknologi analog optitron dan TFT MID, yang menunjukan beberapa hal, seperti kilometer, trip A-B, sampai konsumsi bensin.

Panjangnya wheelbase dan body mobil membuat kabin New Yaris cukup lega

Dimensi mobil yang membesar memberikan akomodasi lebih baik pada Toyota New Yaris, termasuk kapasitas bagasi 441 liter. salah satu yang terbaik di kelasnya. Jika dirasa kurang cukup, Anda bisa melipat kursi kedua dan meningkatkan ruang kargo secara signifikan.

Fitur Keamanan

Berbicara fitur keamanan, Toyota New Yaris bisa dibilang cukup komplit dengan berbagai teknologi safety yang disematkan ke dalam mobilnya sebagai standar di semua varian. Mulai dari 7 airbag untuk pengemudi dan penumpang yang terdiri dari Dual-SRS airbag, dua side airbag, dua curtain airbags, dan satu airbag di bawah kolom setir untuk melindungi pengemudi dari cedera lutut saat kecelakaan parah.

Semua fitur keamanan ini menjadi standar di Toyota New Yaris

Keselamatan pengemudi dan penumpang juga semakin terjamin dengan hadirnya 3-point seatbelt with pretensioner dan force limiter, ISOFIX, sampai rangka mobil yang dibuat lebih kuat untuk meredam dampak tabrakan.

Selain itu, hadir juga fitur pengemudian lain yang tak kalah pentingnya seperti Hill Start Assist (HSA) yang mencegah mobil mundur saat menanjak, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA) yang membuat mobil semakin aman saat pengereman, sampai Vehicle Stability Control (VSC) yang menjaga kestabilan mobil saat akselerasi dan menikung.

Mesin

Toyota New Yaris memakai mesin 2NR-FE dengan teknologi Dual VVT-i

Toyota New Yaris memakai mesin 2NR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.496cc yang menghasilkan tenaga 105 HP dan torsi 140 Nm, yang mengalirkan tenaga ke roda depan melalui pilihan transmisi CVT 7-percepatan dan manual 5-percepatan.

Performa dan handling

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, mesin 2NR-FE terasa cukup adaptif untuk digunakan di dalam berbagai kondisi, hal ini terbantu dengan kehadiran mode berkendara.

Toyota New Yaris bisa diset untuk menjaga efisiensi BBM dengan mode Eco, atau jika Anda ingin ngebut, mode Sport bisa mengakomodirnya dengan mengatur gigi secara virtual melalui paddle shift, perlu dicatat fitur ini hanya tersedia di varian TRD Sportivo bertransmisi otomatis.

Kesenangan mengemudi semakin didukung dengan hadirnya paddle shift

Soal handling, terasa Toyota New Yaris terasa lebih fun to drive jika dibanding varian pre-facelift, khususnya saat bermanuver. Setir terasa lebih direct, hal ini tentu tidak terlepas dari ubahan suspensi yang dibuat sedikit lebih rebah, namun hal ini tidak berpengaruh banyak terhadap radius putar yang masih jadi kelemahan Yaris XP150.

Konsumsi bahan bakar

Seperti dijelaskan di atas, mode berkendara yang disematkan di Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT membuat mesin 2NR-FE jadi lebih adaptif menanggapi input sang pengemudi, termasuk saat memakai mode Eco yang dikenal lebih bahan bakar.

Driving mode pada New Yaris TRD Sportivo CVT bisa jadi penunjang efiesiensi bahan bakar

Ketika menggunakan mode Eco, konsumsi rata-rata BBM untuk dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam berada di kisaran 13,4 km/liter. Untuk pemakaian rute luar kota dengan kecepatan rata-rata 87 km/jam bisa mencatatkan konsumsi bensin 19,6 km/liter di MID.

Video

Pros And Cons

Pros and Cons Toyota New Yaris
Pros Cons
Eksterior yang memikat Dimensi besar untuk hatchback
Fitur hiburan yang berlimpah Radius putar yang besar
Sistem keselamatan yang lengkap Kapasitas bagasi kecil
Mesin yang bertenaga Model lama
Rasa berkendara yang halus -

Spesifikasi

Spesifikasi Toyota New Yaris 2020
Mesin
Tipe 2NR-FE 16 valve DOHC Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1.496 cc
Tenaga Maksimal 105 Hp
Torsi Maksimum 140 Nm
Transmisi Manual 5-percepatan & CVT 7-percepatan
Sistem Penggerek Front-Wheel-Drive
Akselerasi 0-100 km/jam 11,2 detik
Konsumsi Bahan Bakar 13,4 - 19,6 Km/liter
Dimensi Toyota New Yaris
P x L x T 4.145 x 1.730 x 1.500 mm
Wheelbase 2.550 mm
Kapasitas Bagasi 441 L
Radius Putar 5,1 Meter
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan/Belakang Machperson Strut/Torsion Beam
Rem Depan Ventilated disc (non-TRD Sportivo) / TRD ventilated disc (TRD Sportivo only)
Rem Belakang Drum brakes (non-TRD Sportivo) / TRD ventilated disc (TRD Sportivo only)
Pelek 15 inch (E), 16 inch dual tone (G & TRD Sportivo
Ukuran Ban 185/60 R15 atau 195/50 R16

Kesimpulan

Toyota berhasil menyegarkan New Yaris dengan berbagai penyegaran di berbagai aspek, mulai dari eksterior, interior, sampai berbagai fitur yang memberikan perpaduan pas antara kenyamanan, efisiensi bahan bakar, serta unsur fun-to drive, tiga hal esensial dari sebuah hatchback.

Meski masih menyisakan beberapa kelemahan, improvement New Yaris patut diacungi jempol

Memang masih ada beberapa kelemahan yang tidak bisa disembunyikan dari mobil ini, seperti kepraktisan mengemudi yang rendah, sampai performa mesin yang alakadarnya.

Namun, kami merasa mobil Yaris New ini tetap layak untuk dimiliki jika Anda tidak terlalu bermasalah dengan kelemahan yang dimiliki oleh mobil Toyota Yaris baru ini.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Yaris

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 272,00 Juta
Rp 5,54 Juta/bln

23.843 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

32.285 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

41.113 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

2021 Toyota Yaris Hybrid Review: Perfect City Car Desagned for Urban Life

SOSOK TOYOTA GR YARIS 2021 ! DI THAILAND HARGANYA 1M LEBIH , MASUK KE INDONESIA JADI BERAPA NIH ??

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Yaris
Lihat