Bingung Pilih Toyota Calya 2021 Tipe Metik atau Manual? Ketahui Bedanya

Saat akan membeli mobil, kita biasanya dihadapkan pada pilihan transmisi manual atau metik. Biasanya, harga opsi metik pasti lebih mahal dari manual. Tanpa mempertimbangkan harga, pilihan mana yang ideal dari Toyota Calya 2021 tipe metik atau manual?

Total, ada delapan tipe yang tersedia di Toyota Calya 2021. Salah satu tipe yang memiliki opsi transmisi metik dan manual yaitu Calya tipe G. Selisih harganya sih lumayan, mencapai Rp 12 jutaan.

Sebagian orang mungkin sudah yakin dengan pilihannya, akan memilih tipe manual maupun matik. Tetapi sebagian lagi tentunya masih ragu, transmisi apakah yang sesuai untuk Toyota Calya mereka nanti. 

Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui jenis transmisi dari masing-masing varian. Untuk Calya metik, memakai transmisi metik konvensional empat percepatan. Sementara untuk manualnya, memakai lima percepatan.

Mesinnya 3NR-VE, berkapasitas 1.170 cc. Tidak besar memang, tapi sudah cukup untuk kondisi berbagai jalan aspal di Indonesia. Oleh karena itu, pilihan transmisi ini sifatnya subjektif sesuai selera. Kalian yang ogah repot main kopling, ada transmisi metik.

Kenali Karakter Transmisi Metik di Toyota Calya 2021, Tak Kalah dari Versi Manual 

Banyak yang beranggapan kalau pilihan transmisi metik konvensional ini tidak menarik. Tarikan mobil tidak meluncur mulus dan halus seperti transmisi metik CVT. Namun ada alasan kuat mengapa Toyota tetap memasangi Calya 2021 dengan metik konvensional.

Dalam sesi test drive kalangan media nasional beberapa waktu silam, Toyota pun ingin membuktikan performa transmisi ini di berbagai kondisi jalan. Saat melaju di jalan tol, perpindahan transmisi metik empat percepatan ini bekerja secara halus dan cukup responsif.

Kemampuan transmisi metik konvensional ini baru benar-benar terasa manfaatnya saat melewati jalur pegunungan. Kita cukup masuk mode manual untuk menyesuaikan posisi gigi sesuai medannya. perseneling metik tinggal dipindahkan dengan pilihan D, 3 dan 2. 

Kita bisa memindahkan posisi ke gigi 2 saat melewati tanjakan landai. Jadi, jangan khawatir tidak kuat start kalau kita terpaksa harus berhenti di tanjakan. Posisi 2 dalam metik konvensional ini sama saja menggabungkan gigi 1 dan 2 di transmisi manual. 

Jadi, transmisi hanya membatasi gigi maksimalnya di posisi 2. Saat sudah rpm tinggi, tapi masih butuh torsi atau engine brake, kita tinggal pindah ke 3. Cara ini dilakukan agar mendapat tarikan mesin yang lebih responsif. 

Untuk itu kita perlu juga responsif dalam memindahkan gigi transmisi saat di jalur pegunungan. Cara tadi jelas efektif ketimbang mengandalkan kick-down (menekan pedal gas lebih dalam agar down-shift) seperti ketika tuas pada posisi D.

Supaya mendapat reaksi spontan, kaki kanan juga perlu lincah menginjak pedal gas. Dengan begini, kita tidak kehilangan banyak momentum saat menghadapi tanjakan atau ingin overtake di tanjakan.

Transmisi Manual Toyota Calya 2021 Responsif di Pegunungan

Memang kapasitas mesinnya tidak besar namun pilihan transmisi yang tersedia di Toyota Calya 2021 ini sudah proporsional untuk berbagai kondisi jalan aspal. Bila kamu ingin cari yang lebih responsif, maka bisa pilih transmisi manual.

Kalian yang masih pemula tinggal membiasakan diri untuk menyeimbangkan kopling dan gas. Sebab, transmisi manual ini menawarkan performa lebih spontan. Untuk menghadapi tanjakan panjang yang landai, tinggal masuk ke gigi 2 atau 3.

Mobil pun bisa melahap tanjakan dengan mudah, dan tidak kesulitan saat butuh menyalip truk yang berjalan pelan. Apabila tanjakan lebih curam, maka tinggal masuk gigi 1 supaya memiliki torsi cukup untuk merayap.

Toyota Calya 2021 Metik, Tipe Termahal dan Terlengkap

Toyota Calya ini tersedia dalam tiga tipe yaitu E STD, E, dan G. Nah, untuk pilihan transmisi metik ini cuma ada di tipe G dan juga menjadi tipe tertinggi.

Dengan selisih Rp 12 juta, tentu bikin penasaran apa bedanya selain dari transmisi, antara Toyota Calya G metik dan yang manual.

Toyota Calya G metik dan manual pada bagian ekteriornya sama-sama mengaplikasikan lampu depan LED, spion lipat alias New Retractable Outer Mirror, desain pelek baru, garnish pintu bagasi berlapis dark chrome dan grill depan dark chrome. Kemudian pada interior dilengkapi head unit layar sentuh, audio control pada kemudi, console box di bawah AC, dan dasbor dual tone. 

Perbedaan khusus di tipe metik yaitu ada New Under Seat Compartment Tray dan Illumination AT indicator. Jadi, kita bisa menyimpan barang lebih rapi di kolong kursi depan sisi kiri. 

Kesimpulan

Pilihan transmisi otomatis alias metik seringkali menjadi pilihan mahal. Sebab, opsi ini biasanya tersedia pada tipe menengah atas di suatu mobil. Selain itu, selisih harga dengan tipe sejenis versi manual juga mencapai belasan juta.

Jadi, sudah sepantasnya transmisi metik ini menawarkan kenyamanan berkendara namun dengan performa yang tak kalah responsif. Apabila budget yang kalian miliki terbatas, opsi transmisi manual sebenarnya tidak buruk kok. Hanya butuh pembiasaan saja.

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Calya
Lihat