Kali ini kami komparasi siapa yang paling praktis dan akomodatif di antara Toyota Calya dan Datsun GO+. Siapakah juaranya?
Datsun GO+ dan Toyota Calya terbaru memang merupakan seteru yang cukup ketat di segmen LCGC. Apalagi mobil ini tergolong masuk ke dalam segmen LCGC, yang mengakibatkan dalam hal akomodasi dan kepraktisan harusnya tergolong mumpuni untuk kebutuhan keluarga di Indonesia. Lalu, mana yang jadi juara di antara kedua mobil ini?
Perbedaan ruang interior Toyota Calya & Datsun GO+
Jika dilihat dari dimensi, Toyota Calya sedikit lebih bongsor dari kompetitor terdekatnya tersebut. MPV LCGC andalan Toyota tersebut lebih panjang 75 mm, lebih tinggi 93 mm dan lebih lebar 19 mm dibandingkan dengan Datsun GO+. Dengan dimensi lebih besar, memberikan keunggulan bagi Calya dalam hal akomodasi dan kepraktisan. Salah satunya dengan memberikan ruang lebih lega untuk pengemudi dan semua penumpangnya, baik dari leg room dan head room. Namun dengan dimensi yang lebih kompak, membuat Datsun GO+ terlihat lebih streamline.
Sementara untuk akomodasi dan aksesibilitas, lagi-lagi Datsun GO+ harus mengakui keunggulan Toyota Calya. Dengan jarak sumbu roda lebih panjang 75 mm, membuat Calya memiliki ruang lebih lapang, sehingga membuat posisi duduk pada jok baris kedua menjadi lebih nyaman. Tak hanya itu, jok tengah Toyota Calya yang menganut konstruksi two piece membuatnya lebih mudah saat melipat demi memberikan akses lebih masuk dan keluar lebih luas bagi penumpang jok baris ketiga.
Sementara jok tengah Datsun GO+ menganut one piece yang membuatnya harus terlipat dalam satu kesatuan. Selain itu, jok tengah Datsun GO+ hanya bisa bisa terlipat ke arah bawah. Hal ini membuat akses penumpang belakang saat ingin masuk dan keluar mobil menjadi kurang praktis. Untuk kenyamanan pada jok belakang MPV LCGC Datsun ini juga dikeluhkan kurang nyaman, khususnya untuk penumpang dewasa lantaran terasa lebih sempit dengan leg room dan head room yang terbatas.
Beralih ke kapasitas bagasi, dengan dimensi lebih besar, membuat volume bagasi Toyota Calya lebih lapang. Dengan posisi jok baris ketiga terpasang, Calya masih bisa memuat tiga buah koper berukuran sedang atau setara dengan volume 260-an liter (klaim). Namun jika Anda membutuhkan ruang bagasi lebih lega, bagasi Calya bisa meningkat drastis hingga nyaris dua kali lipatnya dengan melipat jok baris ketiga.
Sementara untuk Datsun GO+, ketika jok belakang terpasang, kapasitas bagasinya terpangkas cukup banyak bahkan hanya menyisakan sedikit ruang untuk penyimpanan. Sehingga jika ingin memuat barang, harus terlebih dahulu melipat jok baris ketiga Datsun GO+. Jika Anda masih penasaran, silakan melihat detail spesifikasi Toyota Calya dan Datsun GO+ dalam tabel berikut ini.
Toyota Calya A/T | Datsun GO+ X-TRONIC | |
Mesin | 3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i | HR12DE, 1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC |
Kapasitas & jumlah silinder | 1,200 cc 4 silinder | 1,200 cc 3 silinder |
Pasokan Bahan Bakar | Injeksi elektronik | Injeksi elektronik |
Tenaga Maksimum | 87 hp @ 6,000 rpm | 80 hp @ 5,000 Rpm |
Torsi Maksimum | 107.9 Nm @ 4,200 rpm | 110 Nm @ 4,000 Rpm |
Kapasitas Silinder | 1,498 cc | 1,496 cc |
Tipe Transmisi | Otomatis 4 percepatan dengan mode manual, penggerak roda depan | Otomatis CVT X-TRONIC, penggerak roda depan |
Dimensi | ||
Panjang X Lebar X Tinggi | 4,070 mm X 1,655 mm X 1,600 mm | 3,995 mm x 1,636 mm x 1,507 mm |
Jarak Sumbu Roda | 2,525 mm | 2,450 mm |
Jumlah Tempat Duduk | 7 Penumpang | 7 Penumpang |
Kapasitas Tangki BBM | 36 Liter | 35 Liter |
Suspensi/Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan & Belakang | Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar & Axle Beam | MacPherson Strut & Torsion Beam |
Sistem Kemudi | Electronic Power Steering | Electronic Power Steering |
Rem Depan & Belakang | Ventilated Disc & Drum | Ventilated Disc Brake & Drum |
Pelek | Alloy, 14 Inci | Alloy, 14 inci |
Jenis Ban | 175/65 R14 | 175/65 R14 |
Tipe mobil Toyota Calya terbaru berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya terbaru 2020 berkisar dari Rp 147 juta hinga Rp 166 jutaan. Sedangkan Datsun GO+ memang menawarkan harga yang lebih terjangkau, yakni mulai dari Rp 120 hingga 150 jutaan. Tak hanya itu, MPV LCGC dengan mesin 3 silinder ini juga menawarkan dimensi lebih kompak dan desain yang lebih streamline. Namun ketika berbicara tentang akomodasi dan kapasitas bagasi, Toyota Calya terbaru yang keluar sebagai pemenangnya. Sehingga MPV LCGC yang ditawarkan mulai dari Rp 140 hingga 160 jutaan tersebut unggul dalam hal kepraktisannya sebagai sebuah MPV kompak.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
17.724 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Honda MOBILIO E 1.5
18.533 km
4,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota CALYA G 1.2
18.150 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5
17.509 km
3 tahun
Jakarta