Cari Mobil Keluarga Rp 150 Juta, Toyota NAV1 Bekas Kini Seharga Toyota Calya 2021

Mobil keluarga biasanya memilih MPV supaya bisa membawa banyak orang. Namun permasalahannya, harga mobil baru terus naik dan semakin mahal. Bila kamu cuma punya budget Rp 150 juta pilihannya cuma dapat Toyota Calya 2021.

Beda cerita kalau berburu mobil bekas dengan budget yang sama. Kalian bisa dapat sang Baby Alphard yaitu Toyota NAV1. Bagi yang belum tahu, Toyota NAV1 atau Noah ini adalah generasi sebelum Toyota Voxy yang ada sekarang. 

Untuk sebuah MPV bergaya mewah, Toyota NAV1 bisa dijadikan pilihan menarik. Mobil ini distop penjualannya oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) tahun 2016 lalu. NAV1 ini pamornya kalah terkenal bila dibandingkan dengan Mazda Biante atau Nissan Serena walaupun ini adalah baby Alphard. 

Toyota NAV1 Desainnya Terlalu Sederhana 

Toyota menghadirkan NAV1 untuk mengisi celah di kelas MPV (Multi Purpose Vehicle), posisinya ada di antara Alphard dan Kijang Innova.

Selain itu, Toyota NAV1 juga ditempatkan untuk mengisi persaingan dengan dua kompetitornya yakni Mazda Biante dan Nissan Serena. 

Masuk sebagai High MPV pintu geser, Toyota NAV1 hadir dengan konsep boxy yang simpel namun terkesan elegan. Eksteriornya dipercantik dengan adanya grill chrome dan lampu projector LED. 

Toyota NAV1 varian G A/T mendapat roof spoiler baru pada facelift 2014 lalu. Sementara untuk varian tertingginya yakni V A/T mendapatkan gagang pintu baru berlapis chrome, High Mount Stop Lamp, emblem V Limited, sampai ukuran roda yang jadi lebih besar menjadi R16 205/60.

Sayangnya, desain yang amat sederhana ini membuat NAV1 sering diasosiasikan sebagai mobil yang kelasnya setara Suzuki APV. Ini karena ukurannya juga sepintas hampir mirip. 

Padahal NAV1 ini kelasnya setara dengan Nissan Serena atau Mazda Biante. Jadi bukan MPV boxy biasa karena kelasnya memang mewah. Kalau jadi alternatif LCGC jelas sangat menarik asalkan punya garasi yang juga besar karena ukuran NAV1 yang bongsor. 

Interior Premium Toyota NAV1, Lega dan Kaya Fitur 

Masuk ke bagian fitur interiornya, Toyota NAV1 dilengkapi New Touch Screen Audio System, VIP Seat Entertainment di kursi belakang, Dual Zone Air Conditioner, LCD TFT 5.8 inci dan sunroof.

Hadirnya penyejuk kabin otomatis dua zona dan layar monitor menggantung pada plafon untuk hiburan penumpang jelas memperkuat kesan premium dan cozy di kabin yang lega. 

Kualitas material interior NAV1 lebih baik dari Mazda Biante, namun masih di bawah Nissan Serena. Kerennya, kursi tengah captain seat di NAV1 tipe V bisa diputar menghadap belakang. Jadi kita bisa melakukan rapat atau diskusi di dalam mobil walaupun dalam perjalanan. 

Nuansa kabin berganti menjadi dominan warna hitam pada facelift 2014, dari sebelumnya krem. Tak hanya itu, NAV1 didukung sistem audio baru dan boks konsol untuk pendingin dan pemanas minuman. Fitur tadi bisa ditemukan di kabin New Toyota NAV1 tipe V Limited A/T.

Toyota NAV1 Unggul Soal Performa Mesin

Dapur pacu yang digunakan oleh Toyota NAV1,  didukung mesin 3ZR-FAE dengan 4 silinder segaris, 16 valve DOHC dengan Valvematic yang memiliki kapasitas 2.0 liter. 

Mesin ini menyemburkan tenaga maksimal mencapai 158 PS pada putaran mesin 6200 RPM untuk torsi mencapai 196 Nm. Tenaga tersebut disalurkan pada transmisi CVT otomatis 7 percepatan yang akan menyalurkan performa dengan sangat baik. 

Dibanding kompetitornya seperti Nissan Serena dan Mazda Biante, mesin 2.000 cc NAV1 paling bertenaga. Selain itu, kenyamanan NAV1 overall pasti oke karena ditambah transmisi matic jenis CVT.

Harga NAV1 Setara Toyota Calya, Mana yang Kalian Pilih?

 

Harga Toyota NAV1 bekas tahun tua seperti 2013 saat ini mulai Rp 140 juta sampai Rp 180 jutaan. Untuk NAV1 lansiran 2015 sampai 2016 yang sudah facelift kini harganya berkisar mulai Rp 215 jutaan. 

Toyota NAV1 cukup worth it untuk kalian yang butuh family car yang nyaman, fitur oke, mesin bertenaga dan efisien dengan budget di bawah Rp 200 juta. 

Kalau dibandingkan, harga Toyota NAV1 bekas saat ini bisa dibilang setara dengan LCGC baru seperti Daihatsu Ayla, Toyota Calya hingga Honda Brio. Karena ini adalah MPV, kita bandingkan dengan Toyota Calya baru. 

Toyota Calya ditawarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di segmen Low Cost Green Car (LCGC) 7-penumpang. Mobil ini diluncurkan pada 2016 dan sempat mendapat penyegaran di 2019 lalu.

Untuk dapur pacunya tetap mempertahankan mesin empat silinder segaris berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc yang dipadukan dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga 87 dk di 6.000 rpm dan torsi maksimal pada 4.200 rpm.

Toyota Calya saat ini dijual mulai dari Rp 144,55 juta untuk tipe E M/T STD On The Road (OTR) DKI Jakarta. Sementara untuk tipe termahalnya, yakni G A/T dibanderol dengan Rp 165,85 juta OTR DKI Jakarta.

Interior Sempit diToyota Calya 2021, Permasalahan Khas LCGC

Karena masuk kategori city car, kita harus maklum kalau kabin di LCGC juga terbatas ruangnya. Karena Toyota Calya 2021 dimensinya tidak sebongsor Avanza maka wajar saja keleluasaan kabinnya juga terbatas. 

Maka jangan kaget jika penumpang dewasa merasa kesempitan duduk di bangku paling belakang alias baris ketiga. Jadi, tidak mungkin juga kalau baris kedua bisa diputar seperti di NAV1 karena keterbatasan ruang. 

Untungnya kita masih bisa berharap dari sisi hiburan yang semakin baik. Head-unit Toyota New Calya 2021 juga sudah lebih modern. Kini MPV-LCGC Toyota ini hadir dengan layar sentuh berteknologi kekinian seperti USB, DVD, Bluetooth, dan AUX in. Satu lagi, tombol pengatur AC juga berubah jadi model knob yang lebih modern, tidak lagi model kompor gas.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 140-160 juta, kita cuma bisa membeli mobil baru sekelas Toyota Calya untuk MPV. Artinya, mobil yang kita punya tidak mewah namun hanya cukup bila untuk kendaraan harian.

Bila uang tersebut kita gunakan membeli mobil bekas, maka pilihannya sangat beragam dan tak jarang merupakan mobil mewah. Tidak jarang, harga mobil mewah jatuh karena minim peminat.

Bicara Toyota NAV1, mobil ini bukanlah mobil mewah dengan perawatan yang relatif mudah. Memang dari harga sparepart tidak semurah Calya, tapi jangan lupakan kalau NAV1 ini statusnya adalah baby Alphard, kenyamanannya mirip walaupun tidak bisa menyamai sang kakak.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

All New Toyota Calya - Video Produk Kejutan yang Luar Biasa

Toyota Calya Baru, Lampu depan LED, Cermin Luar Ruangan yang Dapat Ditarik

Toyota Calya baru - Mobil LCGC 7-seater yang Sesungguhnya Persembahan dari Toyota

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Calya
Lihat