Review Pemilik: Rasa pengendaraan Mazda3 sama seperti BMW, kenapa Mazda3 di Indonesia kurang laku?

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Mazda 3 dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.


Patur diakui bahwa Mazda3 generasi lama memiliki banyak kekurangan, meskipun masih menyuguhkan tampilan yang cantik, harga terjangkau dan daya tahannya baik. Keputusan yang diambil oleh Yusuf, pria berusia 29 tahun ini memang tidak membuatnya menyesal, dia hanya ingin berganti ke mobil yang lebih baik.

Yusuf adalah pekerja kantoran di Ibukota. Pria kelahiran 1993 ini memiliki pekerjaan yang mapan, dan menggunakan mobil terutama untuk perjalanan sehari-hari. Saat ini ia telah bersama sebuah Mazda3 2018 bermesin 1.5L selama hampir 3 tahun dengan jarak tempuh sekitar 16.000 km. Berikut ini adalah komentar pemuda ini tentang Mazda3-nya.

Q1: Halo Yusuf, apa yang membuat Anda memilih Mazda3?

Keputusan untuk membeli Mazda3 1.5L pada 2018 lalu cukup sederhana. Saya memiliki kebutuhan untuk memiliki sebuah sedan, dengan anggaran terbatas, sehingga kemudian saya memilih beberapa target di mobil sedab segmen C. Pada tahun 2018, saya masih berusia 26 tahun sehingga saya suka model yang memiliki gaya sporty. Saat itu, saya harus memilih di antara Mazda3 atau Kia Cerato. Karena saya lebih suka desain yang menonjol dan model sporty, dan istri saya pun lebih cenderung untuk memilih Mazda3, maka akhirnya saya memutuskan untuk membeli Mazda3.

Q2: Dengan gaji Anda yang sekarang, bagaimana Anda menabung untuk perawatan Mazda3?

Banyak orang berpikir bahwa perawatan mobil ini cukup mahal, dan saat tiba-tiba rusak, perlu segera diperbaiki. Tapi sejujurnya, selama 3 tahun menggunakan mobil ini dan menempuh jarak hingga 16.000 km, saya tidak pernah mengalami kerusakan apa pun yang serius. Mobil buatan Jepang ini sangat bagus. Bagi pemilik mobil untuk mobilitas perkotaan yang berhati-hati seperti saya, Mazda3 tidak memiliki peluang besar untuk rusak.

Pada akhir tahun mendatang, saya berencana untuk mengirim mobil ini ke bengkel untuk mengecat bumper depan dan belakang serta beberapa detail kecilnya. Ternyata, biayanya tidak lebih dari Rp 1,9 juta! Kalau ditanya alasan kenapa saya harus mengecat ulang, itu karena jalanan ibukota sudah padat, sehingga badan mobil sangat mudah tergores.

Lapisan cat Mazda3 sangat tipis. Pada hari saya menerima mobil ini, kualitas cat menjadi hal yang tidak terlalu saya sukai. Jika dicermati, cat antara bumper depan dan belakang serta bodi-nya, tidak memiliki kualitas dan kilap yang sama. Kadang-kadang hanya tergores ringan, tetapi kalau Anda tidak berhati-hati dapat terlihat goresan yang bahkan melukai logamnya. Sepeda motor terkadang lewat dan dengan ringan "menyentuh" Mazda3 ini, yang menjadi salah satu alasan yang menyebabkan goresan pada badan mobilnya.

Q3: Apakah benar rasa pengendaraan Mazda3 sama seperti BMW?

Saya banyak mendengar hal ini, terutama dari pemilik Mazda3 yang lain. Saya akui, pengendaraan Mazda3 memang lebih unggul dari model-model lain di segmennya. 

Tapi untuk mengatakan rasa pengendaraannya sebaik BMW, itu saya tidak setuju. Mesin Mazda3 terasa kurang kuat. Mesinnya teras lemah untuk tampilannya yang sporty. Jika hanya dikemudikan di dalam kota, mesin ini memuaskan dan responsif. Tetapi jika Anda mengemudikannya dalam perjalanan jauh ke luar kota misalnya, Anda tidak akan merasa puas.

Jika seluruh keluarga ikut duduk di dalam mobil, atau membawa barang yang berat, mobil ini terasa seperti "terengah-engah". Mazda3 generasi ini juga memiliki mode berkendara, saya sering harus mengaktifkan mode Sport saat mobil ini membawa beban berat. Dibandingkan dengan versi lama yang pernah saya kendarai, mode ini membantu mobil mempertahankan rpm lebih tinggi. 

Meski begitu, saya tidak keberatan jika seseorang mengatakan interior Mazda3 ini layaknya mobil Eropa. Ini juga satu hal yang saya suka dan menjadi salah satu faktor yang membuat saya memilih Mazda3. Bagaimanapun, interior merupakan bagian penting dari mobil.

Q4: Apa yang Anda tidak sukai dari Mazda3?

Kekedapan suara Mazda3 bisa dibilang tidak terlalu baik. Jika hanya dua penumpang yang naik mobil, istri saya biasanya duduk di kursi penumpang. Suara mendengung dari kursi belakang terdengar memprihatinkan. 

Bagi saya, efek peredaman suara mobil juga dinilai berdasarkan banyak faktor obyektif dan subyektif. Misalnya, suatu hari ketika saya sedang sakit kepala, lelah dengan pekerjaan rasanya mobil ini terasa berisik. Tapi kalau pekerjaannya lancar, kondisinya nyaman, pemandangan di jalan indah, ditambah alunan musik yang lembut, mobil ini terasa tak kalah dari mobil mewah.

Q5: Apa suka duka menggunakan Mazda3?

Meskipun saya menyebutkan beberapa aspek pada mobil ini yang saya tidak suka, tapi tak bisa dipungkiri jika mobil ini masih bisa dibilang bagus

Seorang teman saya pernah berkata bahwa orang Indonesia membeli banyak mobil karena: satu karena irit, dan dua karena tampilannya yang keren. Hal baiknya adalah Mazda3 memiliki kedua keunggulan ini. Jadi mudah untuk memahami mengapa seharusnya banyak yang membelinya, terlepas dari semua kekurangannya yang baru saja saya sebutkan di atas.

Q6: Apakah Mazda3 tidak tergantikan bagi Anda?

Dengan kekurangan versi yang lama, saya sedikit terkejut dengan versi baru yang baru saja dirilis. Mazda3 2020 sempurna dalam hal desain, melebihi harapan saya. Tapi itu bukan hal yang paling saya pedulikan. Opsi baru itu penting.

Ketika saya memiliki kesempatan untuk test drive, saya menemukan beberapa perbedaan pada mobil generasi baru. Peredaman lebih baik, mungkin berkat ban baru. Pedal akselerator juga lebih sensitif.

Tetapi semakin saya mengemudikannya, semakin saya menyadari bahwa saya seharusnya tidak menyesal mengganti mobil saya. Nilai-nilai inti yang saya miliki di Mazda3 2020 seperti kenyamanan jok, visibilitas dan rasa pengemudiannya, masih bisa saya dapatkan di Mazda3 2018 saya. Efek isolasi suara di mobil baru itu lebih baik, tapi masih ada suara berdengung. 

Apalagi harga yang dimiliki Mazda3 2020 ini rasanya terlalu tinggi.  Menurut saya, mayoritas konsumen yang menyasar Mazda3 adalah anak muda, tapi anak muda tidak akan terlalu mubazir untuk soal finansial mereka. Jika mereka mau beli mobil segmen C, jumlah uang yang mereka keluarkan sekitar Rp400-500 Juta. Jika mereka punya cukup uang, mungkin mereka akan lihat mobil lain. Jumlah konsumen yang membeli Mazda3 versi tercanggih dengan harga yang tinggi, mungkin akan sangat kecil. Kebanyakan dari mereka membeli Mazda3 karena ingin tampil beda.

Saya tidak memuji Mazda, saya bukan fans berat Mazda. Namun dari sisi finansial, Jika memang ada kebutuhan sederhana akan sebuah sedan kelas D yang tampil mewah, lapang, dan ramah untuk bisnis, maka Mazda6 jelas memiliki potensi dengan harga awal yang terjangkau.  Jika kita tidak mempertimbangkan kebutuhan lain, dan faktor keuangan adalah faktor utama, di segmen SUV kecil, saya akan memilih Mazda CX-5 dibandingkan Honda CR-V.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mazda 3 Hatchback Warna Baru Dirilis, Warna Premium Polymetal Grey

Desain Premium Mazda 6 Elite Estate

Fitur Premium pada New Mazda CX-5

Urban Mover 2.0: Penentuan pemenang! Uji Handling Mazda CX-5 terbaik dikelasnya! - CXperience Eps 4

New 2021 Mazda CX-5 facelift: Everything You Need To Know

Tes Lengkap Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige 2021 | Test Drive

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

2021 Honda CR-V Touring | 360 Walkaround

HONDA CRV vs GEELY AZKARRA!! CROSSOVER BOXING MATCH!!

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mazda 3
Lihat