Mengenang Toyota Avanza Generasi Pertama, Versi 'Downgrade' Kijang Kapsul yang Terjangkau

Pada era 80-90an, Toyota Kijang menjadi sosok minibus yang begitu populer, karena cukup lega digunakan sebagai mobil keluarga. Evolusi Toyota Kijang membuat model ini semakin mewah pada era Kijang Innova. Untuk memberikan alternatif mobil keluarga yang harganya terjangkau, Toyota lantas menghadirkan sosok Avanza yang ukurannya hampir serupa Kijang Kapsul. 

Namun demikian, Toyota Avanza generasi pertama ini spesifikasinya lebih sederhana dibandingkan Kijang Kapsul. Dengan demikian, Avanza bisa dinikmati lebih banyak konsumen. Toyota Avanza generasi pertama diperkenalkan pada Gaikindo Expo 2003 dan hingga kini, Avanza menjadi mobil dengan penjualan paling tinggi di Indonesia. 

Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa Italia Avanzato yang berarti maju dan atau bahasa Spanyol Avanza yang berarti bergerak. Avanza memiliki bentuk yang sangat modern pada jamannya untuk sebuah minibus. Desainnya berupa minibus berbonnet (kap depan) khas MPV yang saat itu populer di seluruh dunia.

Avanza dibekali dengan struktur bodi yang disebut Toyota sebagai GOA (Global Outstanding Assesment). Platform ini mengusung standar tinggi dalam bodi kendaraan untuk menjamin keselamatan penumpang. 

Rancangannya berupa kombinasi sasis monokok dengan sub frame tersendiri sehingga bobotnya lebih ringan. Avanza memiliki bobot kosong sekitar 1,1 ton, sehingga berbeda jauh dengan Kijang yang memakai sasis ladder frame dan jauh lebih berat. 

Pada awal kemunculannya, Toyota Avanza diperkenalkan dalam 2 varian saja yaitu Avanza E untuk tipe termurah serta Avanza G untuk tipe termahal. Klasifikasi tipe ini cukup memudahkan calon pembeli, dimana Avanza E sebagai tipe termurah tidak tersedia fog lamp, tidak ada wiper belakang, tidak ada sabuk pengaman belakang, chrome pada grille hanya ada pada bagian atas, tidak ada AC double blower, velg kaleng dengan dop sampai high mount stoplamp.

Itu tadi sekilas soal Toyota Avanza generasi pertama, berikut ini kita akan membahas profil sosok mobil sejuta umat tersebut.

Profil Toyota Avanza Generasi Pertama, Suksesor Kijang Kapsul yang Terjangkau

Kijang sebagai mobil 'sejuta umat' statusnya terus merangkak naik, dan sulit terjangkau masyarakat menengah ke bawah. Untuk tetap menjangkau konsumen entry level, Toyota merilis Avanza dengan kode body F600 alias Avanza generasi pertama. Dijelaskan di atas, tipe terbawah Avanza fiturnya amat sederhana supaya harga jualnya terjangkau.

Untuk tipe G sebagai tipe teratas memiliki semua kelengkapan seperti fog lamp, wiper belakang, sabuk pengaman belakang, hingga AC double blower. Penampilannya lebih 'mewah' karena tersedia dengan velg alloy dan grill depan dilapisi chrome.

Tidak seperti Kijang Kapsul yang dibekali mesin besar, Toyota Avanza dapur pacunya lebih kecil. Mesin yang digunakan merupakan rancangan Daihatsu dengan kode K3-DE. 

Mesin K3-DE berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1.300cc dengan pemasok bahan bakar EFI. Tenaga yang dihasilkan mencapai 87 ps pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 3.200 rpm. 

Avanza Tipe S, Lebih Mahal Lebih Komplit

Melihat suksesnya kedua model, Toyota lantas merilis tipe S sebagai tipe teratas yang lebih mahal dari tipe G. Pada tipe S ini, semua fitur yang tersedia pada Avanza G diberikan tambahan lagi berupa ABS, defogger belakang, kluster instrumen dengan digital trip meter dan shift indikator, air ventilator serta peredaman kabin yang lebih baik.

Tak cuma tambah fitur, khusus tipe S ini mesinnya dituning lagi supaya tenaganya lebih tinggi dari tipe dibawahnya. Avanza S memakai mesin berkode K3-VE berkapasitas 1300cc dengan konfigurasi DOHC 16 valve VVTi. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang, digunakan transmisi otomatis 4 percepatan.

Berbeda dengan K3-DE, pada K3-VE pengapiannya memakai koil individual direct ignition. Tenaga yang dihasilkan naik jadi 90 ps pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 3.200 rpm.

Untuk tipe pre facelift ini, fitur yang dimiliki Avanza sebenarnya cukup proper sebagai pengganti Kijang Kapsul. Mesin yang lebih kecil ini bahkan cukup ekonomis dari sisi konsumsi bahan bakar. 

Pada versi facelift 2006,Avanza S berubah menjadi Avanza 1.5 S. Bagian eksteriornya berbeda dengan tipe E dan G dimana lubang hawa pada bumper depannya membentuk seperti senyum mulut yang lebar. 

Fitur Avanza S 1.500 cc sendiri jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Avanza E maupun G. Spionnya juga sudah memiliki lampu sein yang terintegrasi di sisi luar. Untuk foglamp terdapat hiasan chrome. Tipe baru Avanza S 1.5 memakai setir palang 4 sementara tipe lainnya masih memakai setir palang 3. 

Dapur pacu juga lebih oke, Untuk tipe S, digunakan mesin baru yang masih rancangan Daihatsu. Mesin 3SZ-VE 1500cc dengan konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve VVTi ini serupa dengan milik Rush dan Terios. 

Pakai Platform Baru, Toyota Avanza Generasi Pertama Sukses Jadi Suksesor Kijang di Entry Level

Dahulu, Kijang menjadi simbol status mobil priyayi atau keluarga dengan strata ekonomi berada. Namun, Avanza sukses menjadi suksesor untuk strata ekonomi pengguna yang lebih luas di segmen entry level. 

Melihat fitur yang tersedia, Avanza tipe G serta S hampir mirip seperti yang digunakan pada Toyota Kijang Kapsul tipe Krista. Bedanya, Kijang Krista memakai garnish wood panel pada dashboard dan terdapat body moulding di sisi bawah eksterior. 

Bicara soal performa pun Avanza tak jauh tertinggal dibandingkan saudara tuanya. Sebab, mesin berkubikasi 1.800 cc yang ada pada Kijang Krista mampu menghasilkan tenaga 94 PS @5.000 rpm serta torsi 155 Nm @3.200 rpm. 

Selisihnya hanya kisaran 4 ps dengan mesin milik Avanza tipe S. Bahkan tenaga tersebut dihasilkan oleh mesin yang kapasitasnya 1.300 cc. Artinya mesin Avanza bisa lebih efisien dalam produksi tenaga. 

Kesimpulan

Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Toyota Avanza generasi pertama, membuatnya langsung laris manis karena mesin yang tak kalah bertenaga dengan fitur oke namun harganya lebih hemat. 

Faktor elementer tadi membuat Avanza sukses memikat konsumen di segmen entry level. Resep inilah yang terus dijaga oleh Toyota supaya Avanza senantiasa disukai. 

Apakah pada generasi terbaru mendatang bisa terus jadi idola? Semoga saja bisa berlanjut. 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat