Review Toyota Supra GR 2020: Kembalinya Sang Sports Car Legendaris

Toyota Supra akhirnya kembali dengan generasi kelima bersama berbagai peningkatan dalam hal estetika dan fitur berkendara. Performanya masih unggul dengan menghadirkan rasa berkendara yang agresif namun tetap menyenangkan untuk dibawa.

Harga

Mobil Toyota GR Supra namanya tidak kalah terkenal di Indonesia. Harga Toyota Supra GR dibanderol dengan biaya sebesar Rp 2,15 Milyar. Ini merupakan harga Toyota Supra GR 2020.

Model Harga
Toyota Supra GR Rp2.147.100.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 3.0T B58 6-silinder segaris Twin-scroll Turbocharger Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX)
Kapasitas Silinder 2.998 cc
Tenaga Maksimal 340 PS @ 5.000-6.500 rpm
Torsi Maksimal 500 Nm @ 1.600-4.500 rpm
Transmisi 8-percepatan otomatis
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.380 x 1.855 x 1.290 mm
Wheelbase 2.470 mm
Jarak Pijak Depan 1.592 mm
Jarak Pijak Belakang 1.607 mm
Ground Clearance 114 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan Double-joint Type MacPherson strut
Suspensi Belakang Multi-link
Rem Depan Ventilated Disc with Fixed Caliper 4-silinde
Rem Belakang Ventilated Disc with Floating Caliper 1-silinder
Ukuran Ban Depan 255/35 R19
Ukuran Ban Belakang 275/35 R19
Velg 19 inci alloy

Sejarah

Telah lama ditunggu-tunggu, Toyota akhirnya menghadirkan generasi terbaru Toyota Supra GR yang mewarisi legenda sports car Toyota. Bekerja sama dengan BMW, kehadirannya mendapatkan polesan baru yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Supra merupakan legenda sports car sejak kali pertama diperkenalkan sebagai bagian dari Toyota Celica, bernama Toyota Celica Supra. Popularitasnya meningkat di pasar Eropa dengan kehadiran Mk2 Celica XX. Dibuktikan dengan memenangkan kompetisi US Grand Prix 1979.

Baru akhirnya Toyota menghadirkan Supra sebagai model yang berdiri sendiri. Berbeda dengan Celica, Supra mendapatkan penggerak roda belakang dan dikembangkan dengan pilihan bodi Tourer. Supra Mk3 dirilis di pasar Amerika dan Jepang.

Pesaingnya mulai berdatangan seperti Mazda RX-7, Honda NSX, bahkan Nissan 300ZX. Generasi keempat meluncur tahun 1993. Isao Tsuzuki selaku Guidance of Chief Engineer menegaskan filosofi ‘less is more’. Bodinya dibuat lebih ringan 100 kg dan aerodinamika ditingkatkan.

Hasilnya, Mk4 memenangkan berbagai. Penghargaan seperti Pikes Peak, Le Mans 24 Hours, hingga All-Japan GT Championship (JGTC) dari tahun 1995 hingga 2003. Sayangnya, karena tidak bisa memenuhi target emisi gas buang yang ditetapkan, Supra berhenti diproduksi sejak 2002.

Kekecewaan penggemar Supra harus dipendam selama 17 tahun. Hingga akhirnya Toyota memperkenalkan generasi terbaru pada Detroit Auto Show 2019. Toyoa Supra 2019 tak ketinggalan menyapa penggemarnya di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dan dipasarkan hingga saat ini.

Eksterior

Dikenal juga dengan nama Toyota GR Supra, generasi kelima Toyota Supra mengadopsi berbagai perubahan untuk menghasilkan handling dan rasa berkendara yang lebih baik. Bagian luarnya mengadadopsi lekuk bodi mobil konsep Condensed Extreme L6 FR Toyota Sport.

Fasia depan dibuat lebih garang dengan lampu depan yang membujur dan sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Kap mesin tanpa lekukan yang berlebihan sehingga membuat Supra terkesan polos di bagian depan.

Melanjutkan warisan generasi sebelumnya, Supra memiliki pembagian tiga ruang pada bumper depan. Masing-masingnya sudah dilengkapi dengan grille. Dibuat cukup besar guna mengalirkan lebih banyak udara ke ruang pembakaran.

Wheelbase dibuat lebih pendek 100 mm dibandingkan Toyota 86. Hal ini bertujuan untuk membuat pengendaliannya lebih presisi. Kontribusi bobot mobil 50:50 berdampak pada proses cornering yang lebih responsif.

Layaknya model sports car lainnya, Supra dibuat rendah mungkin untuk meningkatkan Center of Gravity. Siluet samping terkesan sensual dengan lekukan bodi baru. Atapnya yang landai di belakang disebut dengan Double Bubble Roof yang diklaim lebih aerodinamis untuk meningkatkan akselerasi.

Tampilan belakang terasa maskulin dan berotot. Beberapa lekukan ditujukan sebagai aerodinamika berkendara. Lampu belakang yang sipit disandingkan dengan bumper belakang berwarna hitam beserta dual-exhaust pada bagian belakang.

Interior

Bermesin depan serta menggunakan penggerak roda belakang, interior Toyota Supra dibuat ramping. Bagian dalam didominasi dengan warna hitam. Dipadukan dengan pilihan warna lain, seperti merah atau hanya warna hitam biasa.

Toyota menggunakan konsep Driver`s Oriented pada Supra untuk mendapatkan kenyamanan berkendara di belakang kemudi. Dashboard dibuat minimalis bernuansa sporty dibalut material soft touch dan jahitan yang terasa kental akan tampilan premium.

Desainnya minimalis dan didominasi warna hitam dengan aksen silver horizontal. Tombol pengaturan tertata rapi dengan pengaturan AC, audio, dan Start/Stop Engine yang meramaikan tampilan dashboard.

Konsol tengah menampilkan kesan premium dengan shift gear yang menawan. Aksen silver terasa lebih banyak dipenuhi berbagai tombol untuk pengaturan fitur berkendara. Tak ketinggalan ada cupholder di bagian armrest.

Desain racing Toyota Supra bisa dirasakan pada setir dengan paddle shift dan kombinasi warna senada dengan interior. Setir multifungsi menawarkan kemudahan dalam mengakses fitur yang ditawarkan, termasuk Bluetooth handsfree atau pengaturan audio ketika berkendara.

Fungsi Cruise Control menawarkan kemudahan ketika membawa mobil ini pada saat melaju kencang. Di depan setir terdapat panel Multi Information Display (MID) menggunakan desain digital bergaya racing yang tentu menjadi tambahan baru yang menyenangkan bagi Supra.

Supra memang disebut sebagai sports car sejati. Mobil ini hanya mengandalkan dua kursi di dalam kabin, bukannya edisi 2+2 seperti kebanyakan sports car lainnya. Berlapis kulit dengan aksen silver pada bagian bawah headrest yang terintegrasi.

Meskipun atapnya melandai, Supra memiliki ruang bagasi yang masih praktis untuk menyimpan barang bawaan sehari-hari. Toyota bahkan menawarkan kapasitas yang cukup baik dan mampu menampung hingga 2 koper berukuran besar.

Fitur Keselamatan

Meski ditujukan untuk performa tinggi, Supra dilengkapi berbagai sistem keselamatan aktif yang akan melindungi ketika berkendara di jalanan maupun trek balap. Ada delapan airbag yang tersebar di depan, samping, serta bagian lutut dan kepala pengendara.

Forward-Collision Warning dengan Automatic Emergency Braking turut membantu untuk mengurangi resiko kecelakaan dengan pengemudi di depan. Supra juga mengandalkan Active Lane Control dalam menjaga mobil berada di jalurnya.

Bukan hanya fitur keselamatan aktif, beberapa fitur lainnya ditambahkan untuk menghindari cedera yang lebih parah. Toyota Supra terbaru sudah mendapatkan sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner yang akan menahan tubuh pengguna ketika terjadi benturan.

Mesin

Melanjutkan tradisi Supra, iterasi kelima tetap mengandalkan penggerak roda belakang serta karakteristik mesin di depan untuk memberikan pembagian bobot 50:50. Bahkan spesifikasi Toyota Supra yang dibawa ke Indonesia sama dengan model yang keluar dari pabriknya di Austria.

Dua pilihan mesin ditawarkan, 2.0T dan 3.0T. Namun hanya mesin 3.0T yang dibawa ke Indonesia. Tapi banyak yang menyesalkan mesin yang digunakan pada Supra diambil dari BMW. Sehingga Supra yang tadinya kebanggaan Toyota terasa lebih ‘Eropa’ di edisi terbarunya.

Sistem operasi Toyota Supra menggunakan mesin bertenaga turbo 3.0T dengan keluaran output dan performa mumpuni. Tenaga yang dihasilkan mencapai 340 PS dalam rentang 5.000 rpm hingga 6.500 rpm. Sedang torsi maksimal tercatat pada 500 Nm dalam 1.600 rpm hingga 4.500 rpm.

Bukan tanpa sebab, Toyota Supra MK IV dengan sasis berkode A80 yang mengusung mesin 2JZ-GTE (bertenaga 320 dk dan torsi 427 Nm) dan mesin 2JZ-GE (menghasilkan tenaga 220 dk dan torsi 284 Nm). Hasilnya mesin berkapasitas 2.997 cc twin turbo dapat membuat Toyota Supra MK4 melesat dengan waktu dibawah lima detik dari 0 – 100 km/jam dan mampu menyentuh kecepatan 300 km/jam.

Sistem bahan bakar injeksi langsung khas Toyota dengan rasio kompresi 11:1. Tidak terlalu irit bahan bakar, tapi tentu mengandalkan performa buas di jalanan. Teknologi lainnya yang digunakan yaitu chain drive with variable valve timing untuk mekanisme katup yang lebih efisien.

Performa & Handling

Performa merupakan jualan paling besar Supra di seluruh dunia. Untuk mendapatkan pengendalian yang mengesankan, Toyota menyebutkan bahwa Supra sudah diuji tes melalui jalanan penuh kemacetan di Amerika, cuaca bersalju di Eropa, dan kondisi berangin Jepang.

DNA mobil balapnya tak perlu diragukan lagi. Mengingat Supra juga menjajal trek balap legendaris Nürburgring. Lengkap sudah klaim Toyota menyebut Supra cocok untuk dibawa berkendara dalam berbagai situasi dan kondisi jalan.

Suspensi MacPherson di depan serta Multi-Link di belakan menjadi ubahan baru yang tidak ditemukan pada generasi sebelumnya. Menawarkan bantingan suspensi yang nyaman didukung sistem Adaptive Variable Suspension yang akan beradaptasi mengikuti kondisi jalan yang dilalui.

Layaknya model berperforma tinggi lainnya, mobil Toyota Supra cukup stabil ketika dibawa melaju kencang. Kestabilannya didukung oleh fitur Vehicle Stability Control yang akan memudahkan ketika berbelok. Sedangkan Differential Lock akan mengunci rasio kedua untuk menjaga keseimbangan ketika bermanuver.

Konsumsi BBM

Di Indonesia, belum ada percobaan resmi dari konsumsi bbm Toyota Supra. Tapi di Amerika, percobaan dari Environmental Protection Agency (EPA) menyebutkan Supra 2.0T mampu mencatatkan konsumsi 10 km/L di jalanan perkotaan dan 13 km/L di luar kota.

Angka tersebut relatif sama dengan BMW Z4 yang berbagi mesin dengan Supra. Percobaan pada Z4 mendapatkan catatan 10.6 km/L untuk pengendaraan di dalam kota serta 13.7 km/L ketika dibawa di jalanan bebas hambatan atau jalan tol.

Untuk mendapatkan performa dengan efisiensi yang lebih baik, Toyota Astra Motor menyebutkan rekomendasi bahan bakar yang digunakan oleh Supra yaitu RON 95. Meskipun mobil performa ini juga bisa menggunakan bahan bakar RON 91.

Video

Ada beberapa ubahan yang signifikan diperkenalkan pada generasi kelima Toyota Supra. Intip lagi spesifikasi dan detail dalam video Toyota Supra di bawah ini.

Kesimpulan

Hingga saat ini, sports car legendaris Toyota ini menjadi salah satu mobil dengan performa tinggi yang menyenangkan ketika dibawa di jalanan. Hadir dalam generasi kelima, Toyota Supra 2020 sudah mendapatkan penambahan fitur pada berbagai aspek.

Mulai dari teknologi bantuan berkendara yang akan memudahkan pengemudi, hingga pengurangan wheelbase yang menjadikan Supra lebih presisi. Harga Toyota Supra yang mencapai Rp2 miliar mempengaruhi rasa mengendarai mobil sports kebanggaan Toyota ini.

Harga memang menjadi masalah tersendiri untuk mendapatkan sports car idaman sebagian besar petrol head Tanah Air. Tapi dengan banderol yang ditawarkan, Toyota Supra adalah salah satu sports car idaman yang bisa didapatkan di Indonesia.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota GR Supra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Pengalaman Seru Den Dimas bersama Pembalap TTI dengan Toyota GR Supra - 360 Experience

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota GR Supra
Lihat