Jadi Pelopor SUV Murah, 3 Poin ini Bikin Toyota Rush Tampil Gagah

Diluncurkan pada tahun 2018, Toyota Rush menjadi sebuah model SUV yang dibuat secara khusus dengan mempertimbangkan perkembangan pasar di Indonesia. Rush yang saat ini dijual di pasaran merupakan generasi kedua dan jika dibandingkan dengan generasi pertama, Toyota Rush Indonesia model baru ini mengalami lompatan kemajuan yang cukup jauh.

Sebagai low SUV yang sangat diperhitungkan, Rush masih menjadi penguasa di kelasnya. Kini, mulai banyak pendatang baru yang berusaha mengikuti jejak kesuksesan Rush sebagai SUV murah. Sekalipun harganya termasuk murah tapi Toyota Rush berusaha tampil gagah. 

Toyota Rush di Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush di Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Toyota Rush ini hadir dalam dua varian, yakni G dan TRD Sportivo, masing-masing hadir dalam transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Terang saja, dari sisi harga, Rush masih cukup kompetitif di antara para lawannya di kelas Low SUV. Dari segi efisiensi konsumsi bahan bakar pun Toyota Rush juga berani diadu. Karakter sporty yang ditonjolkan pada Toyota New Rush ini lebih baik ketimbang generasi sebelumnya, terlebih dengan hilangnya ban serep di bagian pintu bagasi.

Dengan gempuran para pendatang baru dari merek-merek lain, apakah Toyota Rush bisa tetap jadi SUV yang terlaris? Kami akan mengulas poin penting dari SUV unggulan Toyota ini. 

Mesin Kecil yang Irit dan Responsif

Seperti diketahui, kondisi lalu lintas Kota Jakarta, memiliki traffic yang cukup semrawut ketika jam-jam tertentu. Dengan begitu, konsumen membutuhkan karakter mobil SUV yang tangguh dan memiliki banyak keunggulan, bukan hanya untuk menerobos kemacetan, tetapi untuk menerobos banjir yang begitu identik dengan Kota Jakarta, tidak perlu khawatir lagi.

Dapur pacu yang dibekali Toyota pada Rush generasi kedua ini memang mirip seperti milik Avanza, berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc. Tidak besar tapi sudah cukup untuk mendukung mobilitas sehari-hari. 

Karakter mesin 2NR-VE memang menjadi andalan Toyota Rush terbaru, tenaga 103 ps dan torsi sebesar 136 Nm bisa begitu diandalkan untuk berkendara sehari-hari. Pasalnya, bermodalkan besaran torsi tersebut, tenaga yang dihasilkan senantiasa terisi ketika pedal gas ditekan dalam-dalam.

Kehebatan sektor jantung pacu tersebut pun berbuah manis pada tingkat konsumsi bahan bakar. Berdasarkan hasil riset principal, Toyota New Rush mencatatkan konsumsi di kisaran 15 kilometer per liter hingga 19 kilometer per liter. Pencatatan konsumsi tersebut berlaku untuk berkendara dalam kota dan jalan tol tanpa hambatan.

Desain Baru Tanpa Ban Serep Tergantung, Toyota Rush Jadi Baby Fortuner

Toyota New Rush generasi kedua mengalami ubahan masif di generasi keduanya. Dimulai dari eksterior, profil mobil tampak sangat berbeda di mana tampang depannya makin agresif dengan garis tajam yang hadir di bagian depan mobil. Kini, Toyota Rush tidak lagi dipasangi ban serep di pintu belakang yang posisinya berpindah di kolong. 

Tentu saja terasa aneh melihat Toyota New Rush tanpa ban serep model konde yang sudah jadi identitas di generasi pertama. Namun, kini desain belakangnya kini jadi lebih modern dengan model stoplamp horisontal. Kesan baby Fortuner jadi semakin kuat, sekalipun dari sisi kemewahan masih kalah jauh. 

Toyota Rush generasi kedua jauh lebih panjang dari pendahulunya. Bagaimana tidak, panjang mobil bertambah 230 mm. Ground clearencenya juga naik jadi 220 mm yang semakin meningkatkan daya jelajah mobil satu ini, bagian bawah mobil hadir dengan body cladding yang layaknya SUV kebanyakan. 

Kabin yang Semakin Lega dan Kedap, Bikin Perjalanan Semakin Tenang

Toyota Rush terbaru yang bermain di segmen SUV, sudah pasti diharapkan konsumen memiliki kedewasaan karakter yang bisa diandalkan pada dua medan, yakni on road dan off road. Artinya kenyamanan dan ketangguhan menjadi poin yang dicari pengguna Rush. 

Toyota Rush kini menjadi sebuah SUV modern yang memadukan kelebihan dari sebuah MPV dan SUV. Soal kenyamanan kabin, cita rasanya mirip SUV sejuta umat, Toyota Avanza, yang menjadi basisnya. Desain yang lebih modern, kabin yang lebih akomodatif untuk 7 penumpang. 

Tata letak layout kabin Rush dikonfigurasi ulang untuk memastikan tiap baris punya keleluasaan yang mumpuni. Dengan desain body baru, akomodasi penumpang baris ketiga Toyota Rush jauh lebih layak dengan ruang kaki dan kepala yang memadai.

Satu poin tambahan yang bisa dinikmati saat mengendarai Toyota Rush generasi kedua adalah kabin yang kedap. Artinya, ketika berada di dalam mobil, suara yang timbul dari luar dapat diminimalisir dengan sangat baik oleh  karet seal peredam yang digunakan pada Toyota Rush terbaru. 

Kesimpulan 

Bicara segmen Low SUV dengan kemampuan angkut tujuh penumpang, Toyota Rush Indonesia generasi kedua ini tengah bersaing dengan Honda BR-V, DFSK Glory 560 dan kembarannya sendiri, yakni Daihatsu Terios. Bahkan belakangan kelas ini kian ramai dengan kedatangan dua kompetitor baru, yakni Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross.

Sebagai pelopor di segmen low SUV, Toyota Rush masih punya reputasi baik sebagai kendaraan yang tangguh dan serba bisa di segala kondisi. Rush yang masih memakai penggerak roda belakang dinilai lebih mampu melewati kondisi jalan yang cukup sulit, seperti tanjakan curam dan medan off road ringan. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat