Berbeda dengan Agya GR Sport sebelumnya, pada line-up terbaru Agya gen 2 kini mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR) yang telah ditingkatkan perannya untuk tidak hanya mempertahankan gaya sporty-nya, namun juga menguatkan feeling sport-nya. Selain tampilan, platform dan juga mesin, ubahan lain yang terjadi pada Toyota Agya 2023 adalah suspensi serta sistem kemudi.
Perubahan lanjutan dilakukan pada sistem suspensi dan EPS (Electronic Power Steering). Peredam kejut serta per keong untuk All New Toyota Agya GR Sport diracik ulang supaya dapat memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar.
Baca juga: Toyota Agya 2023 Resmi Diperkenalkan, Spesifikasinya Berubah Total!
Sistem kemudi EPS mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Penggunaan ban sport juga dipilih secara khusus untuk varian GR Sport supaya menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku. Sebagai informasi, varian GR Sport menggunakan ban Dunlop jenis SP Sport Maxx 050 dengan ukuran 185/55.
“Penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling, membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan dan tertantang,” ucap Toshihiro Nakaho, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp, Senin (13/2).
Dikatakan Toshihiro, penambahan downforce pada Agya GR Sport membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.
Baca juga: Mending Pesan Toyota Agya atau Pilih Suzuki S-Presso?
Tidak seperti Perodua Axia terbaru di Negeri Jiran, untuk All New Toyota Agya tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS yang dinamai Toyota Safety Sense (TSS).
“Di Toyota Agya ini belum ada fitur TSS. Karena kita melihat segmen dan ingin menghadirkan Agya dengan harga tetap terjangkau untuk semua varian,” kata Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) disela-sela acara.
TSS sendiri merupakan fitur keselamatan pintar yang berfungsi untuk mengurangi resiko kecelakaan dan bahaya untuk pengemudi dan penumpangnya. Fitur TSS dilengkapi teknologi berupa kamera dserta sensor laser dengan 4 sistem kerja.
Untuk diketahui, di Malaysia fitur ADAS pada Perodua Axia 2023 dinamai Perodua Smart Drive Assist. Sebagai fitur keselamatan standar, Axia sudah dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD dan BA. Tak hanya itu, mobil ini pun semakin canggih berkat adanya Vehilce Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA) dan Traction Control.
Apakan nantinya Agya generasi kedua memiliki fitur keselamatan standar seperti Perodua Axia? Tunggu saja nanti…
Baca juga: Toyota Agya 2023 Diperkenalkan Hari Ini, Apa Saja yang Berubah?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten