Apa Alasan Anda Membeli Avanza?

Toyota Avanza kini masih menyandang gelar sebagai mobil terlaris di Indonesia. Setiap bulannya, low MPV ini selalu berada di peringkat tertinggi sebagai mobil paling banyak dibeli, baik secara wholesale maupun retail sales.

Avanza sendiri berada dalam kelas yang sangat ramai peminat. Di kelas low MPV, Toyota Avanza bukannya tanpa musuh. Bisa dikatakan banyak sekali pabrikan yang membuat kompetitor Avanza dengan beragam keunggulan dan keistimewaan masing-masing.

Namun tetap saja Avanza selalu yang paling banyak dipilih konsumen. Kiprah Avanza yang debut perdana pada 2004 silam di tanah air langsung mendapat sambutan positif di pasar domestik.

Saat ini Toyota Avanza eksis di kelas low MPV dengan berlomba bersama para kompetitornya yang tak kalah keren. Mulai dari Honda Mobilio yang menawarkan mesin i-VTEC, Wuling Confero yang memberi banyak fitur mewah di kelasnya, hingga Mitsubishi Xpander yang menggebrak pasar dan mengganngu penjualan Avanza menjadikan kelas LMPV sangat berwarna.

Bahkan bisa dibilang cukup sulit memilih mobil di kelas low MPV tersebut. Hingga akhirnya mungkin Anda bertanya-tanya, apa alasan untuk tetap memilih Avanza? Apakah memang mobil ini layak untuk dibeli?

Untuk menjawabnya kami siapkan alasan untuk membeli Avanza sekaligus beberapa alasan untuk mempertimbangkan sekali lagi dalam memutuskan memilikinya.

Alasan Membeli Avanza

1. Biaya Servis Ekonomis

Untuk servis pada periode 10.000 km, sebuah Toyota Avanza bertransmisi matic hanya memakan biaya Rp 472.000. Angka ini jauh lebih murah dibanding sejumlah LMPV lainnya.

Contoh pembandingnya adalah Honda Mobilio CVT yang dalam periode servis serupa, memerlukan biaya hingga Rp 1.014.800. Sedangkan Suzuki Ertiga matic memakan Rp 336.000 namun belum termasuk pajak. Data biaya servis 10.000 km ini kami peroleh dari situs resmi Toyota, Honda dan Suzuki yang juga bisa Anda akses.

2. Jaringan Servis Terbanyak

Sebagai merek dengan penjualan terlaris, tidak heran jika Toyota memiliki dealer dengan jumlah dealer dan bengkel resmi terbanyak di Indonesia. Artinya, Anda tidak perlu khawatir kesulitan menemukan bengkel resmi untuk merawat Avanza. Dalam kelas Low MPV, jumlah jaringan aftersales merupakan salah satu unsur penting. Semakin banyak jaringan bengkel resminya, maka bisa dipastikan reputasi mobil tersebut cukup baik.

3. Rear Wheel Drive

Salah satu yang membuat Toyota Avanza banyak diminati adalah karena ia menganut sistem penggerak belakang alias rear wheel drive (RWD). Banyak konsumen yang percaya bahwa sebuah MPV selaknya harus berpenggerak belakang agar menghasilkan handling bagus. Secara teori, kelebihan yang dimiliki oleh mobil RWD sendiri adalah handling yang cukup baik apalagi saat melintasi tikungan. Soal daya tahan harusnya juga lebih unggul.

4. Mesin Terbukti Tangguh

Toyota menjejali Avanza dengan dua opsi mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc yang keduanya berbahan bakar bensin. Mesin ini sebelumnya berteknologi VVT-i dan pada saat Avanza masuk generasi kedua, Toyota mengembangkannya dengan teknologi Dual VVT-i.

Dapur pacu berkode 1 NR-VE (1.300 cc) dan 2 NR-VE (1.500 cc) disebut lebih efisien dalam menghasilkan tenaga namun tetap mampu menekan emisi. Avanza 1.500 cc mampu merilis daya 104 PS/6.000 rpm dan torsi 136 N.m/4.200 rpm. Sedangkan Avanza 1.300 cc mampu menggelontorkan tenaga 107 PS/6.000 rpm.

5. Varian dan Tipe Beragam

Salah satu keungulan mobil ini adalah beragamnya tipe dan varian pada keluarga Avanza. Mobil Toyota Avanza ini sendiri punya dua varian kasta, yakni Avanza dan Veloz. Avanza terdiri dari tujuh tipe secara total, sedangkan pada varian Veloz tersaji dalam empat tipe yang bisa Anda pilih. Dengan demikian, konsumen bisa dengan mudah melakukan penyesuaian budget dengan kebutuhan dalam memiliki Avanza.

Alasan Berpikir Dua Kali Untuk Beli Avanza

1. Pasaran

Sebagai mobil terlaris di Indonesia maka bukan jadi sesuatu yang mengejutkan jika populasi Toyota Avanza sangat banyak di jalanan. Anda sangat mudah untuk menemukan Avanza seliweran di jalanan baik pada kota-kota besar maupun pelosok.

Maka konsekuensi memiliki Avanza adalah eksklusifitasnya yang rendah. Memiliki Avanza bisa dikatakan tak ada istimewanya karena populasinya yang sudah sangat banyak. Itulah salah satu yang mendasari masyarakat menjulukinya sebagai "mobil sejuta umat".

2. Kembaran dengan Daihatsu Xenia

Toyota Avanza merupakan proyek sukses yang yang dilakukan Toyota dengan saudaranya, Daihatsu. Saat debut perdananya di tanah air, ia tak sendirian melenggang. Daihatsu Xenia sebagai kembaran Avanza juga hadir menyesaki kelas Low MPV dan tak kalah sukses. Baik mesin, sasis, fitur dan kelengkapan nyaris serupa dengan Xenia. Namun secara positioning market, memang Avanza berada di kasta lebih tinggi ketimbang Xenia.

3. Belum CVT

Penggunaan transmisi otomatik berteknologi continuously variable transmission (CVT) bukan jadi hal baru. Hal itu terjadi sejak Honda meluncurkan Mobilio dengan transmisi yang terkenal akan kehalusannya itu.

Sayangnya di generasi kedua Avanza, Toyota Indonesia belum memberikan teknologi transmisi berbasis sabuk karet itu untuk si mobil sejuta umat.

4. Kekedapan Kabin

Jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander atau Nissan Livina, kekedapan kabin Avanza tergolong tertinggal. Suara desingan ban dan teriakan mesin pada kecepatan tinggi masih sangat mudah membahana di kabin.

Namun, hal ini bukannya tak bisa diatasi. Anda hanya perlu memberikan tambahan peredam kabin untuk Avanza walau ada dana tambahan yang harus keluar.

5. Desain Belum Berubah Banyak

Sejak meluncur perdana pada 2004 silam, Toyota Avanza baru sekali ganti generasi. Pada generasi kedua, yang dijual saat ini, pun desainnya bisa dibilang tak berubah secara signifikan secara keseluruhan.

Untuk ukuran mobil Toyota Avanza yang sudah eksis dan sukses selama 16 tahun tentu dua generasi masih tergolong sedikit. Semoga saja segera ada perubahan signifikan dan membuat seluruh penggemarnya makin terpuaskan. Namun, entah kapan kemunculan generasi ketiga itu.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya a...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat