window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Irit, All New Honda CR-V RS e:HEV Nyaman dan Aman untuk Perjalanan Mudik Lebaran

Dito · 9 Apr, 2024 16:00

Honda CR-V RS e:HEV

Dalam tajuk besar Niat Mudik kali ini, Carmudi dan Mobil123 yang tergabung dalam iCar Asia bersama Autofun menjelajah jalur Trans Jawa menggunakan All New Honda CR-V RS e:HEV alias CR-V hybrid yang mempunyai performa berlimpah namun dengan efisiensi bahan bakar mumpuni.

Sepanjang jalur Trans Jawa ini, ada tiga kota yang kami kunjungi, yaitu Tegal, Salatiga dan berakhir di Madiun.

Sebelum memulai perjalanan tim Carmudi, Autofun dan Mobil123 membawa Honda CR-V Hybrid ke dealer Honda Trimegah, BSD untuk dilakukan pengecekan general terlebih dahulu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ini menjadi hal penting mengingat akan menempuh perjalanan jauh. Mulai dari ban, oli, filter, kaki-kaki, rem, lampu, aki hingga cairan mobil.

Honda CR-V RS e:HEV

Pengecekan menyeluruh penting dilakukan sebelum memulai perjalanan jauh

Selesai diperiksa oleh mekanik, kami langsung tancap gas menuju Madiun, Jawa Timur sebagai persinggahan terakhir. Namun ada 2 kota yang kami singgahi terlebih dahulu yakni Tegal dan Salatiga di Jawa Tengah.

Lantas seberapa efisien All New Honda CR-V RS e:HEV dalam perjalanan survei Mudik Lebaran kali ini?

Konsumsi BBM All New Honda CR-V RS e:HEV Terbukti Irit

Mobil sudah dalam kondisi optimal dan kami langsung memulai perjalanan melalui rute tol Trans Jawa. Pengumpulan data konsumsi BBM dimulai sejak kami tiba di Tegal, yang berjarak 311,1 km dari titik awal perjalanan.

Pada tahap ini, rata-rata konsumsi BBM yang kami catat adalah 21,2 km/l berdasarkan MID, dan 18,77 km/l berdasarkan perhitungan full to full.

Baca juga : Test Drive All New Honda CR-V e:HEV 2023: Sesuai Harga dan Ekspektasi?

Honda CR-V RS e:HEV

Konsumsi BBM dari Jakarta ke Tegal, Jawa Tengah

Perjalanan dari Jakarta menuju Tegal berlangsung lancar melalui jalan tol, meskipun kami sempat mengalami beberapa titik perbaikan jalan yang menyebabkan mobil harus melambat. 

Kami kemudian mengumpulkan data kembali setelah tiba di Salatiga, yang berjarak 581,6 km dari titik awal perjalanan. Rata-rata konsumsi BBM pada tahap ini adalah 18,8 km/l menurut MID, dan 17,7 km/l berdasarkan perhitungan full to full.

Honda CR-V RS e:HEV

Medan jalan tol yang naik turun

Perjalanan dari Tegal menuju Salatiga menantang karena medannya naik turun, yang kadang mengharuskan mesin bekerja ekstra dengan rpm tinggi. Ditambah lagi dengan perbaikan jalan yang masih berlangsung, menyebabkan kecepatan kendaraan harus berkurang.

Data terakhir dikumpulkan saat kami tiba di Madiun, yang berjarak 771,9 km dari titik awal perjalanan. MID menunjukkan rata-rata konsumsi BBM Honda CR-V RS e:HEV 19,2 km/l, sedangkan perhitungan full to full mencapai 17,1 km/l.

Baca juga: Harga Hampir Rp800 Juta, Begini Kecanggihan Sistem Hybrid di Honda CR-V e:HEV

Honda CR-V RS e:HEV

Konsumsi BBM saat tiba di Madiun bisa mencapai 19,2 km/liter

Perjalanan dari Salatiga menuju Madiun relatif singkat dan tanpa tantangan yang signifikan yang dapat memengaruhi konsumsi BBM. Oleh karena itu, wajar jika angka konsumsi BBM membaik, terutama menurut MID.

Berdasarkan data konsumsi BBM tersebut, dapat disimpulkan bahwa Honda CR-V RS e:HEV adalah mobil yang hemat bahan bakar, cocok untuk digunakan baik di dalam kota maupun untuk perjalanan jarak jauh. Hal ini tidak terlepas dari sistem elektrifikasi hybrid e:HEV yang dimiliki oleh Honda.

Performa Mesin Hybrid Mumpuni

Honda CR-V RS e:HEV

Tiba di Gerbang Tol Banyumanik

Adapun performa mobil ini didukung oleh mesin berkapasitas 1.993 cc, dilengkapi dengan motor elektrik dan baterai lithium. Sistem e:HEV memiliki beberapa mode, seperti EV Drive, Engine Drive, Hybrid Drive, dan Regenerative, yang bekerja secara otomatis sesuai kondisi & gaya berkendara.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara manual, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Aspek efisiensi bahan bakar menjadi perhatian utama dalam perjalanan ini, memberikan gambaran tentang iritnya konsumsi BBM Honda CR-V RS e:HEV saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Tidak hanya menjanjikan efisiensi yang luar biasa melalui penggunaan Atkinson Cycle, tetapi teknologi Direct-Injected juga memungkinkan mesin ini untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah meskipun tetap mempertahankan tingkat kompresi yang tinggi. 

Honda CR-V RS e:HEV

Konsumsi BBM yang efisien berpadu kenikmatan dan kenyamanan berkendara

Dari sudut pandang pengisian tangki, Honda CR-V hybrid ini hanya memerlukan bahan bakar dengan oktan 90, meskipun disarankan untuk memilih bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dengan karakteristik yang berbeda dari CVT pada umumnya. Honda CR-V RS e:HEV dilengkapi dengan dua motor listrik (satu motor penggerak dan satu motor generator) serta baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh.

Secara numerik, kombinasi mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 204 hp dan torsi maksimum sebesar 335 Nm. Teknologi e:HEV yang digunakan dalam CR-V Hybrid merupakan sistem pintar yang beroperasi secara otomatis. 

Honda Connect Memberi Kepraktisan

Honda CR-V RS e:HEV

Dibekali headunit cerdas

Selain Honda Sensing yang hadir sebagai fitur canggih yang memberi rasa aman sepanjang perjalanan, CR-V Hybrid juga disematkan Honda Connect yang memberi kemudahan untuk pemilik mobil. Apa saja yang ada dalam fitur ini?

Honda Connect sendiri menghubungkan antara mobil dengan smartphone pemilik mobil. Akses ke layanan Honda Connect bisa diperoleh melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Play, Apple App Store, dan Huawei AppGallery.

Aplikasi mobile khusus untuk pengguna Honda ini menonjolkan tiga nilai utama: kemudahan, keselamatan, dan keamanan, bertujuan untuk membantu pengguna mendapatkan informasi lebih cepat melalui smartphone.

Baca juga: Selisih Rp60 Juta, Segini Banyaknya Perbedaan Antara Honda CR-V 2.0 RS e:HEV dengan 1.5 Turbo

Bukan Cuma Irit, All New Honda CR-V RS e:HEV Nyaman dan Aman untuk Perjalanan Mudik Lebaran 08

Fitur pertama adalah Vehicle Status yang memberikan akses langsung ke informasi aktual tentang kondisi kendaraan, seperti tingkat bahan bakar, status baterai, dan status airbag.

Fitur Remote Vehicle Control memungkinkan pengguna mengontrol fungsi kendaraan melalui smartphone, termasuk mengunci/membuka pintu, menyalakan mesin dan AC, serta memberikan respons lampu yang berkedip saat mencari posisi mobil.

Fitur keselamatan termasuk Automatic Collision Detection yang secara otomatis mengirimkan notifikasi ke layanan darurat dan smartphone pengguna saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan pengembangan airbag.

Honda CR-V RS e:HEV

Fitur keselamatan aktifnya membantu pengemudi

Security Alarm akan aktif jika kendaraan mengalami gangguan, memicu alarm kendaraan saat pintu mobil dibuka secara paksa. Speed Alert memberi notifikasi ke smartphone saat kendaraan melewati batas kecepatan yang ditentukan.

Fitur Security mencakup Find My Car yang mempermudah pengguna menemukan posisi kendaraan terkini atau terparkir. Geofence memberi notifikasi saat kendaraan masuk atau keluar dari radius dan lokasi yang telah ditentukan.

Emergency Call memungkinkan pengguna menghubungi Honda Customer Care dan Experience Honda dalam situasi darurat, sehingga Call Center Honda dapat memberikan bantuan secepatnya.

Honda CR-V RS e:HEV

Wireless charging, USB slot dan soket pengisian daya listrik lainnya lengkap

Setelah menempuh perjalanan selama 4 hari dengan Honda CR-V Hybrid, boleh dibilang ini adalah SUV komplit dengan banyak keunggulan dari berbagai sisi. Mesin dengan performa tinggi tapi tetap irit bahan bakar, fitur Honda Sensing yang memberi keamanan untuk pengemudi, hingga Honda Connect yang memudahkan sang pemilik mobil.

Bila umumnya SUV hanya nyaman dan cocok pemakaian luar kota, Honda CR-V RS e:HEV juga bisa diandalkan untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota. Mode EV yang secara otomatis menyala saat jalanan padat membantu mobil lebih irit.

Baca juga : Honda CR-V Hidrogen Mulai Tes Jalan, Bisa Mengeluarkan Air dari Knalpot!

@autofun.indonesia Kita jajal All-New Honda CR-V RS e:HEV sembari cek jalur mudik, Cing! Dari Jakarta, gas jalan-jalan di Tegal, kulineran di Salatiga, sampai akhirnya jajan pecel di Madiun. #reviewmobil #mobilbaru #tipsmobil #hondaCRV #hybrid #hev #reviewmobilbaru #mudik ♬ Jazz(262270) - And More Music

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil