Selisih Rp60 Juta, Segini Banyaknya Perbedaan Antara Honda CR-V 2.0 RS e:HEV dengan 1.5 Turbo
Enda · 28 Agu, 2023 10:00
0
0
Kemunculan All New Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) di pameran GIIAS 2023 kemarin membuat pasar Medium SUV semakin memanas. Bagaimana tidak, generasi keenam CR-V hadir di Indonesia bukan hanya terlihat lebih sporty dan juga futuristik. Mobil ini juga membawa fitur lebih lengkap serta teknologi hybrid.
Untuk harganya, varian flagship CR-V yakni 2.0 RS e:HEV dibandrol Rp799,9 juta. Sedangkan tipe dibawahnya, 1.5 Turbo diniagakan Rp739,9 juta OTR Jakarta. Jika
All New Honda CR-V untuk pasa Tanah Air ditawarkan dalam dua varian, yakni; 1.5 Turbo dengan harga Rp739,9 juta dan 2.0 RS e:HEV yang dibandrol Rp799,9 juta. Memiliki selisih harga mencapai Rp60 juta, secara tampilan eksterior tipe teratasnya terlihat lebih sporty sekaligus prestisius. Hal tersebut lantaran untuk body kit, side skirt dan juga wheel arch tipe ini dilabur sewarna body.
All New Honda CR-V 2.0 RS e:HEV Dilengkapi Adaptive Driving Beam dan Auto High Beam
Perbedaan pertama All New CR-V 2.0 RS e:HEV dengan 1.5 Turbo ada pada sistem pencahayaannya. Dimana pada varian teratas dilengkapi Adaptive Driving Beam, Auto High Beam dan Active Cornering Light.
Pada tipe 1.5 Turbo, pabrikan hanya melengkapinya dengan Auto High Beam. Selanjutnya untuk LED Tailighhts yang ada di belakang tipe 2.0 RS e:HEV sudah mendapatkan foglamp dan roof rail di atap.
Fitur All New CR-V 1.5 Turbo Tak Selengkap 2.0 RS e:HEV
Interior CR-V 1.5 Turbo
Selanjutnya perbedaan lain ada pada fitur di bagian dalam. Seperti yang bisa dilihat tipe 2.0 RS e:HEV berhasil mendapatkan head up display yang sanggup menampilkan beragam informasi seputar kendaraan melalui layar mengambang di atas dashboard.
Bicara sistem hiburan, kedua varian disematkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung wirless smartphone connection dan terintegrasi dengan Honda LaneWatch. Namun untuk tipe teratas mendapat tambahan fitur Power Flow Mode.
Bukan cuma itu, untuk mendapatkan kualitas suara tingkat atas, 2.0 RS e:HEV dipadukan 12 speaker garapan BOSE, sedangkan 1.5 Turbo menggunakan speaker biasa berjumlahkan 8 buah. Meski begitu tipe paling bawah sanggup memuat 7 orang sekaligus dengan AC hingga baris ketiga, berbeda dengan varian paling atas yang hanya sanggup dimuati 5 orang.
Interior CR-V 2.0 RS e:HEV
Lainnya, pembukus jok, stir dan juga tuas pepindah gigi tipe teratasnya dibungkus menggunakan bahan kulit dengan sentuhan aksen merah. Untuk tipe dibawahnya dibuat polosan.
Mengenai nuansa interior, varian atas menggunakan warna full hitam, sedangkan tipe dibawahnya dipadukan aksen wood panel.
Fitur Keselamatan di Honda CR-V 2.0 RS e:HEV Lebih Komplit
Kedua varian All New Honda CR-V yang dipasarkan di Indonesia disematkan LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock, Driver Attention Monitor, 8 Airbags, Hill Descent Control, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, dan Rear Seat Reminder.
Menariknya, untuk kedua varian turut dibekali teknologi Honda SENSING. Fitur ADAS pada mobil ini mencakup; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).
Khusus tipe teratas, fitur Honda SENSING-nya dilengkapi Adaptive Driving Beam. Namun begitu untuk keamanan berkendara kedua tipe memperoleh Honda Smart Key Card with Keyless Entry, Immobilizer dan alarm system.
Spesifikasi Mesin Berbeda
Mesin 1.5 Turbo
CR-V 2.0 RS e:HEV disematkan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-silinder segaris Atkinson cycle DOHC yang dipadukan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) serta baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi antara mesin dengan motor listrik sanggup meletupkan tenaga sebesar 207 PS dan torsi 335 Nm, yang dikawinkan transmisi E-CVT.
Untuk varian bawah, CRV disematkan jantung pacu 1.5-liter direct-injected 4-silinder segaris DOHC VTEC Turbo dengan menorehkan tenaga 190 PS di angka 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran 1.700-5.000 rpm. Berbeda dengan 2.0 RS e:HEV, tipe ini mesinnya dipadukan transmisi CVT.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.