window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah?

Review Pemilik · 26 Sep, 2022 09:32

Selepas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina jenis Pertalite pada 3 September 2022 lalu, banyak pengguna bensin bersubsidi tersebut yang mengeluh. Bukan hanya pengeluaran BBM yang lebih besar, tapi banyak yang mengeluhkan soal makin borosnya konsumsi kendaraan bermotor mereka.

Banyak yang meragukan kualitas bensin Pertalite yang tak lagi sama seperti sebelumnya. Ini membuat memakai Pertalite makin boros dibandingkan sebelum harga naik. Selain itu takaran volume dari SPBU juga banyak yang curiga dikurangi. 

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 01

Banyak Orang Mengeluhkan Masalah Serupa

@Atok Susanto

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Betul...kemarin saya dorong motor Honda Vario 1 km karena kehabisan BBM. Padahal baru isi Rp 20 ribu jalan 40km kok cepat habis."

@Mulyadi

"Perasaan psikologis kita saja, biasanya harian kita isi Rp 15.000 cukup PP kerja, sekarang malah Rp 20.000?"

@Caesar

"Biasanya isi Rp 30 ribu udah full untuk 4 kali jalan, ini ngisi Rp 40 ribu full hanya 3x jalan rute yang sama, pemakaian normal"

@Aventador Roadster

"Saya beli bensin (pertamax) biasanya Rp 10 ribu dapat setengah, sekarang dapet Rp10 ribu belum setengah² aja malah masi kurang, sekarang bensin emang sudah naik full tank aja sekarang udah Rp 30 ribu"

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 01

@Diyastia Fidianto

"Benar sekali...dulu isi Pertalite Rp 150 ribu jarum BBM di mobil sudah setengah, lha sekarang beli Rp 150 ribu juga kok gak sampai setengah ya jarum BBMnya"

@Aris Priyono

"Kalau saya gak ngitung berapa trip perjalanan, yang jelas biasa full Rp 26-27 ribu, ini sekarang sekitar Rp 36-37 ribu"

@Yaya Sunarya

"Terasa benar sekarang cepat habisnya, biasa 2 liter bisa menempuh 100 km ini cm sampai 80 km"

@Elina Elina

"Bener sih, saya PCX isi biasanya full tank Rp 48 ribu, sekarang Rp 70 ribu baru penuh pas jalan ga jauh bensin langsung turun baloknya, kaya semakin boros"

@Jajang Jajang

"Wah ternyata bener ya, jadi bingung kok tiap hari ngantri hampir di semua pom bensin isi full"

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 02

Pertamax Juga Punya Masalah Serupa?

@Rany Siringoringo  

"Pertamax juga gitu, isi full tank biasanya masih bisa 6 hari ini malah 5 hari. Boros banget. Udah harga naik, bbm nya boros banget."

@Joni Pranata

"Tarikan berat dan tiba-tiba mati, pertamax juga sama tidak seperti dulu. Akhirnya saya pindah ke SPBU SHELL"

@Agus Triana

"Betul. Saya rasakan itu. Pertalite sama pertamax sama saja"

@Nonok Koni

"Semenjak naik pakai pertamax. PP 2 jam doang abis 2,5 liter, biasanya 1 liter doang"

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 03

@Istohri

"Betul, bukan hanya pertalite tapi pertamax juga gitu. Kirain cuma diriku doank yang ngeluh kayak gini"

@Kade Saputra

"Iya, aku juga isi full tank pertamax jarang dipake jarak jauh cepat habis"

@Risa Hananti

"Pantesan, saya beli pertamax perjalanan ke Ciledug-Pamulang PP cuma 2 hari full tank.

Kemarin beli Vivo full tank, udah 2 hari masih ada setengah. Parah bener ini sih"

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 04

Pertalite Jadi Boros Karena Nilai RON Diturunkan?

@Mad Sepoh

"Hal itu kemungkinan karena nilai RON diturunkan, jadi perlu bahan bakar lebih banyak yang masuk di ruang bakar untuk mendapatkan tenaga yg cukup. Cirinya tarikan motor berat dan perlu gas dalam untuk bisa lari, makanya bensin jadi boros"

"Seandainya nilai RON itu diturunkan, masyarakat juga tidak akan tahu, karena mustahil rakyat punya alat ukurnya untuk mendeteksi nilai RON."

"Belum lagi, ada oknum di pom yang nakal dengan memainkan takaran."

"Jadi konsumen punya 3 beban : harga sudah mahal, kualitas BBM kurang bagus dan takaran dipermainkan."

"Tapi yang jelas sekarang jika produk masih dengan kualitas yang sama, Anda beli dengan rupiah yang sama akan mendapat barang yang lebih sedikit dengan jarak tempuh yang lebih pendek, jadi itu terasa boros."

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 05

@Juventini Kristyan

"Ini yg bisa jawab sesungguhnya kenapa menurunkan RON? Tujuan apa? Kenapa harga naik, ron di turunkan?"

@Arief Zaffarallah

"RON itu kualitas bahan bakar bang. Jika kadar RON tinggi BBM akan lebih irit dan mesin lebih bertenaga. Kalau kadar RON diturunkan kemungkinan pemerintah bisa beli lebih murah. Untuk mengurangi kadar subsidi di negara kita. Kemungkinannya begitu"

BBM Cepat Habis Mungkin Masalahnya di Injektor

@Ariel Jalaludin

"Bersihkan injector sama ruang bakar mesin kendaraannya, karena boros itu faktor pemakaian yang bikin injector jadi kotor. jadi semburan bensinnya malah moncor (boros) bukan ngabut (irit), bukan salah BBMnya. Kamu mau isi pertamax turbo sekalipun kalo injector mesin kamu kotor penuh kerak karbon ya tetap saja boros"

Komentar Netizen +62: Harga Bensin Naik Bikin Banyak Orang Curiga. Benarkah? 06

@Rendy Rahma

"Boros bensin banyak faktor, contoh main rpm tinggi tapi gear masih rendah"

@Irfan Syaifuddin

"Boros atau tidak itu tergantung pemakaian dan tergantung ngegasnya juga. Saya isi full pertamax bisa buat 1 minggu"

Pertamina Klaim Tak Ubah Formulasi Pertalite

Menanggapi viralnya konsumsi Pertalite yang dirasa semakin boros, pihak Pertamina diwakili Manager Media & Stakeholder Management Sub Holding Commercial & Trading, Murti Dewi Hani angkat bicara. Dirinya menjelaskan tak ada perubahan spesifikasi pada Pertalite.

"Adapun standar dan mutu BBM Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 yang dipasarkan di dalam negeri," jelasnya saat Autofun hubungi Senin (19/9/2022).

Review Pemilik

UGC

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi cerita Anda?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil