window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil China BAIC Siap Masuk Indonesia

Herdi · 22 Mar, 2024 09:01

baic indonesia

Pasar otomotif Indonesia masih sangat menggiurkan bagi brand-brand China, tak terkecuali Beijing Automotive Group Co., Ltd atau BAIC.

Ya, beberapa waktu lalu AutoFun telah membahas soal persiapan pabrikan otomotif dari Tirai Bambu yaitu Geely dan Jetour yang akan masuk ranah otomotif nasional. 

Tapi kini, merek mobil China lainnya yang dicurigai bakal mengikuti jejak, Wuling, DFSK, BYD, GWM, Neta yang telah masuk Indonesia adalah BAIC. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Merek Mobil China Geely dan Jetour Siap Panaskan Persaingan Otomotif di Indonesia

Model mobil BAIC

Model mobil BAIC

Hal ini diketahui lantaran perusahaan otomotif yang satu ini sudah memiliki akun Instagram official BAIC Indonesia, yaitu @baicindonesia

Dalam unggahan terakhirnya, pihak BAIC Indonesia tidak hanya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim, tetapi juga memberikan klu jelang kehadirannya di Indonesia. 

"Saat kami menghitung mundur keseruan petualangan dan merek kendaraan baru kami, kami siap menemani Anda di semua momen petualangan Anda," tulis @baicindonesia.

Baca juga: Mobil China Rp40 Jutaan, Geely Panda Punya Fitur Lengkap dengan Perawatan Ala Toyota

Memang tidak disebutkan secara detail kapan BAIC Indonesia akan secara resmi memperkenalkan diri ke khalayak di Tanah Air. 

Namun bukan tak mungkin, kehadirannya tak lama lagi, atau bisa juga memanfaatkan ajang pameran otomotif di Indonesia, seperti gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) atau Indonesia International Motor Show (IIMS) seperti brand lainnya. 

Baca juga: Pabrikan Eropa Mulai Galau Hadapi Serangan Mobil-mobil China

Siapa Itu BIAC?

Headquarter BAIC

Headquarter BAIC di China

Seperti disebutkan di atas, BAIC merupakan singkatan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd, dimana perusahaan ini sejatinya salah satu milik pemerintah Tiongkok. 

Ya, mungkin kalau di Indonesia BAIC sama seperti Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

BAIC sendiri memiliki sejumlah anak perusahaan mulai dari Arcfox, Beijing, Changhe, Foton Motor, Ruili Doda, serta perusahaan patungan merek asing seperti Beijing-Benz dan Beijing-Hyundai.

Selain itu, BAIC juga bekerja sama dengan sejumlah merek otomotif lainnya, seperti Jeep dan juga Volkswagen.  

Mobil China BAIC Siap Masuk Indonesia 03

Sejumlah anak perusahaan dari BAIC

Perlu dicatat, BAIC dikenal sebagai kendaraan otomotif yang saat ini memiliki banyak jenis mesin termasuk kendaraan listrik. 

Adapun untuk merek mobil listrik, merek mobil yang dimiliki adalah Arcfox. 

Selain dikenal sebagai pabrikan otomotif kendaran passenger dan komersial, BAIC ternyata mampu menggarap kendaraan militer, sampai peralatan pertanian.

Menurut sejumlah sumber, BAIC bukan perusahaan kaleng-kaleng, karena mereka tidak hanya jago kandang dalam hal penjualan, melainkan turut di ekspor ke sejumlah negara termasuk Eropa dan Amerika.

Jadi, seperti apakah kiprah BAIC Indonesia nantinya? Kita tunggu saja!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil