window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Varian yang Paling Murah, Ini 5 Kekurangan Daihatsu Sigra 1.0 yang Wajib Diketahui

Enda · 21 Sep, 2023 10:30

Kekurangan Daihatsu Sigra

Mobil keluarga terjangkau, Daihatsu Sigra (Spesifikasi | Berita) 1.0 cukup banyak diminai masyarakat Tanah Air lantaran memiliki beragam keunggulan, seperti mudah dalam perawatan, pajak murah, serta  konsumsi BBM yang irit.

Dapat memuat 7 orang sekaligus dalam sekali melakukan perjalanan, kini Sigra 1.0 ditawarkan mulai dari Rp136 juta sampai dengan Rp146,6 juta. Oh iya, Sigra 1.0 memiliki dua varian, yakni D sebagai tipe terendah dan M yang merupakan varian diatasnya.

Apabila kalian berminat meminang Sigra 1.0 dalam waktu dekat, ada baiknya ketahui lebih dulu 5 kekurangannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 5 Alasan Tepat Daihatsu Sigra 1.0 Lebih Layak Dipilih Ketimbang 1.2

1. Getaran Mesin Daihatsu Sigra 1.0 Terasa Hingga ke Dalam Kabin

Kekurangan Daihatsu Sigra

Mesin 1KR-VE Sigra 1.0

Untuk jantung pacunya Daihatsu Sigra 1.0 disematkan mesin berkapasitas 998 cc dengan kode 1KR-VE, 12-valve 3 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i dengan menghasilkan tenaga sebesar 67 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm pada 4.400 rpm.

Memiliki jumlah silinder ganjil, Sigra 1.0 mempunyai getaran lebih kuat hingga ke dalam kabin dibandingkan mesin bersilinder genap seperti yang ada pada Sigra 1.2. Karenanya jumlah silinder yang ganjil tidak memiliki pasangan untuk mengimbangi gerak naik turunnya dua piston.

Bukan hanya menghasilkan getaran lebih besar, untuk suara mesin yang dihasilkan juga lebih terdengar jelas di dalam kabin baik keadaan langsam RPM rendah maupun putaran mesin tinggi.

Untuk meredam getaran serta suara yang masuk di dalam kabin, hal yang bisa dilakukan yakni mengganti engine mounting dengan kulitas lebih baik serta melakukan penambahan peredam.

2. Daihatsu Sigra 1.0 Tidak Mendapatkan Opsi Transmisi Matic

Kekurangan Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.0 hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan 

Baik varian D maupun M, Daihatsu Sigra 1.0 hanya tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan. Untuk transmisi matic 4-percepatan tersedia di varian 1.2.

Apabila kalian belum lancar menggunakan mobil dengan transmisi manual, sebaiknya pilih Sigra 1.2 yang mana untuk harganya dibandrol mulai dari Rp168,6 juta OTR Jakarta.

3. Pengaturan Spion Manual dan Masih Menggunakan Lampu Halogen

Kekurangan Daihatsu Sigra

Sigra 1.0 D masih menggunakan bohlamp halogen

Kekurangan berikutnya yang ada pada Daihatsu Sigra 1.0 terletak pada kaca spion. Seperti yang diketahui, baik tipe D dan M untuk pengaturan kacanya hanya bisa dilakukan secara manual dari luar.

Bukan cuma itu, tipe D untuk lampunya masih menggunakan bohlamp halogen, sedangkan varian M sudah mengaplikasikan LED headlamp. Kekurangan lainnya terletak di bagian belakang.

Dimana untuk kacanya tipe D juga tidak dilengkapi rear wiper yang berfungsi untuk meningkatkan pandangan mengemudi ketika ingin melihat kendaraan lain di belakang secara jelas.

Baca juga: Sigra dan Gran Max PU Terus Dongkrak Penjualan Daihatsu Hingga Agustus 2023

4. Tidak Ada Tachometer dan Air Circulator

Kekurangan Daihatsu Sigra

Sigra 1.0 D tidak dilengkapi air circulator

Di bagian dalam, Daihatsu Sigra 1.0 tipe D tidak dilengkapi tachometer pada panel instrument guna mengetahui berapa angka putaran mesin.Dengan begitu varian terendah hanya mendapatkan odometer analog serta layar MID kecil yang dapat menampilkan volume kapasitas BBM dan jarak tempuh. Meski demikian, mobil ini sudah dilengkapi dengan indikator Eco di sebelah kirinya.

Selain itu, jok baris pertama Sigra 1.0 D juga dibuat teripisah dengan tuas handbrake berbeda. Disisi lain, varian ini untuk jumlah laci penyimpanan barangnya juga lebih sedikit dibanding tipe M. Dan di baris kedua,tipe D tidak dilengkapi air circulator yang berfungsi untuk meneruskan udara sejuk dari baris pertama hingga penumpang paling belakang.

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan Minim

Kekurangan Daihatsu Sigra

Bicara soal fitur keselamatan,Sigra 1.0 D dan M hanya mengandalkan seatbelt.Fitur seperti ABS, EBD dan airbags baru bisa dijumpai di model 1.2 X maupun R. Meski begitu minim fitur keselamatan, tipe M sudah mendapatkan rear parking sensor yang memudahkan pengguna ketika melakukan parkir mundur.

Untuk keamanan berkendara, tipe D masih serba manual. Yang mana untuk kuncinya belum menggunakan immobilizer dan alarm system.

Bukan cuma itu, pintunya juga tidak dilengkapi central lock sehingga untuk mengunci atau membuka pintu diharuskan mengunjungi pintu masing-masing. Berbeda dengan tipe dibawahnya, Sigra 1.0 M sudah dibekali immobilzer,central lock serta integrated key & remote.

Baca juga: Beda Harga New Daihatsu Sigra D dan M Selisih Rp10,5 Juta, Apa Aja Sih Perbedaannya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil