window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bosan dengan Morris Mini, Mr Bean Pilih Kendarai Toyota GR Yaris Hidrogen

Enda · 18 Jul, 2023 12:03

Toyota GR Yaris H2 Concept

Kalau melihat sosok Rowan Atkinson pasti kita aakn langsung teringat pada perannya sebagai Mr Bean.

Tapi jika aktor asal Inggris itu saat peran sebagai Mr Bean mengendarai Morris Mini berkelir hijau, baru-baru ini ia diketahui mengemudikan Toyota GR Yaris hidrogen.

Melalui event Goodwood Festival of Speed (FOS) tahun ini, Rowan mencoba secara langsung impresi berkendara menggunakan GR Yaris H2 Concept.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kehadiran Rowan dalam event yang digelar 13-16 Juli 2023 tersebut merupakan partisipasi dalam mendukung pertumbuhan mobil ramah lingkungan.

Atkinson sendiri bukan hanya sekedar aktor dan komedian, namun juga pecinta otomotif atau yang kerap disebut petrolhead.

Dirinya memiliki banyak sekali koleksi mobil mulai dari yang klasik hingga supercar, termasuk juga GR Yaris.

Baca juga: Bos Audio Rode Oprek Performa Toyota GR Yaris, Setara McLaren 750S

Toyota GR Yaris H2 Concept

Toyota GR Yaris H2 Concept (foto: Toyota)

Kembali ke GR Yaris H2 Concept, mobil ini menggunakan mesin 3-silinder 1.600 cc DOHC turbocharged yang dapat memeras tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm dengan transmisi manual 6-percepatan 4WD, sama seperti versi bensinnya yang dijual dalam jumlah terbatas.

Hanya saja hot-hatch yang digunakan Rowan di dalam lintasan tersebut mendapatkan beberapa ubahan supaya dapat berjalan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya.

“Mobil ini luar biasa dengan menggabungkan performa dan efisiensi ramah lingkungan yang bisa berjalan bersama. Saya harus berterima kasih dengan Toyota dan Formula One yang tetap bertahan dengan mesin pembakaran internal, tapi juga mulai beradaptasi dengan iklim otomotif global yang menginginkan dampak lingkungan hidup yang luar biasa” ujar Rowan seperti yang dikutip dari Motor1.

Rowan memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap Toyota karena berani melakukan inovasi besar terhadap mesin berbahan bakar hidrogen yang menghasilkan emisi nol.

Menurutnya hal tersebut salah satu cara mempertahankan mobil dengan mesin konvensional tetap ada.

Sekedar informasi, sebagai hot-hatch Toyota GR Yaris membawa DNA Rally dunia dengan disematkannya beragam teknologi dari ajang balap World Rally Campionship (WRC).

Ini membuat GR Yaris sebagai mobil 'balap' yang dilegalkan untuk dikendarai di jalan raya.

Baca juga: Masih Pakai Mesin Standar, Penampilan Perdana Toyota GR Yaris AP4 Langsung Juara Reli

Sebelum Toyota GR Yaris, Ada juga GR Corolla Hidrogen

Toyota GR Corolla H2

Toyota GR Corolla H2

Sebelum GR Yaris memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar utama, Toyota sudah lebih dulu menggunakannya pada GR Corolla.

Mobil konsep ORC Rookie GR Corolla H2 tersebut digunakan dalam ajang balap Idemitsu 1500 Super Endurance 2022 atau Thailand 25H Endurance Race yang diselenggarakan di Buriram, Thailand, 17 -18 Desember 2022.

Sebelumnya Toyota juga pernah melakukan pengujian GR Corolla H2 dalam perlombaan ketahanan 24 jam yang dilakukan di trek balap Fuji Speedway, di Jepang.

Uji coba bahan bakar hidrogen ini menggunakan jantung pacu dari mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged milik GR Yaris yang dimodifikasi.

Mobil balap tersebut menghabiskan kurang dari setengah balapan di trek dengan waktu 12 jam, yang selanjutnya mengharuskan mobil melakukan perbaikan dan pengisian hidrogen.

Baca juga: Intip Beda GR Corolla vs GR Yaris, Duet Hot Hatch Toyota Beda Racikan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia