window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Elektrifikasi Makin Diminati, Suzuki XL7 Hybrid Raih Penjualan Tertinggi Selama Maret 2024

Enda · 29 Apr, 2024 10:01

Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid merupakan salah satu produk tulang punggung PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menutup kuartal pertama tahun 2024, pihaknya berhasil meraih penjualan positif, dengan mencatat kenaikan penjualan mencapai 14% dibanding dengan bulan sebelumnya.

Menurut data penjualan, kendaraan kategori penumpang mendominasi penjualan sebesar 60% dan komersial sebesar 40%.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berdasarkan catatan yang diperoleh, kendaraan hybrid Suzuki berhasil meraih penjualan tertinggi sebesar 51%.

"Pada bulan Maret 2024 lalu kami menerima catatan penjualan yang baik lewat kendaraan komersial maupun passenger hybrid Suzuki. Catatan positif ini turut mencerminkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan Suzuki," ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS dalam keterangan resminya, Senin (29/04/2024).

"Kami yakin ini merupakan hasil usaha bersama mulai dari jaringan dealer resmi hingga aftersales yaitu bengkel resmi yang berkomitmen untuk memberi pelayanan maksimal demi kepuasan dan kepercayaan para pelanggan setia kami," kata dia.

Lebih lanjut Randy mengatakan, kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang nyaman, efisien, dan memiliki jaminan berkualitas menjadi beberapa faktor utama dari meningkatnya penjualan pada Maret 2024.

Baca juga: Obat Ganteng Suzuki Jimny Biar Makin Bisa Dipakai Berpetualang

Penjualan Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Mobil hybrid Suzuki dengan teknologi SHVS Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang dijual di Indonesia saat ini adalah Grand Vitara, XL7 Hybrid, dan Ertiga Hybrid Cruise.

Dari tiga model yang ditawarkan, XL7 Hybrid menduduki peringkat penjualan tertinggi.

Secara wilayah, Jabodetabek menjadi daerah yang berkontribusi paling tinggi pada penjualannya, kemudian disusul pula oleh Jawa Timur, lalu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang memadai, pasar Indonesia perlahan mulai beralih pada pemilihan kendaraan ramah lingkungan dan tercermin dari hasil penjualan hybrid Suzuki.

Sebagai informasi, 91% dari total kendaraan hybrid yang dijual merupakan hasil produksi lokal.

Model mobil hybrid yang diproduksi lokal ini juga merupakan model yang sama yang diekspor ke beberapa negara lain yang terdapat di benua Amerika Selatan, Oceania, hingga Asia.

Baca juga: Ratusan Unit Suzuki XL7 Hybrid Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri, Teknologi SHVS Makin Mendunia

Kandungan Lokal Konten Suzuki XL7 Hybrid Capai 85%

Penjualan Suzuki

XL7 Hybrid memiliki kandungan lokal konten 85%

Seperti beberapa produk Suzuki lainnya, XL7 Hybrid dibuat di pabriknya yang berada di Cikarang, Jawa Barat dengan memuat kandungan lokal konten mencapai 85%.

Dibandrol mulai dari Rp287,2 juta sampai dengan Rp308,2 juta OTR Jakarta, XL7 Hybrid memiliki gas buang lebih rendah sekaligus irit bahan bakar karena adanya teknologi SHVS.  

Seperti diketahui, teknologi SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12v dengan kuat arus sebesar 10Ah.

Teknologi ISG difungsikan untuk menciptakan pemakaian bahan bakar yang lebih irit. ISG akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti di kemacetan atau lampu merah yang juga merupakan dari fitur Idling Stop.

Ketika berhenti dalam kondisi mesin mati, sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.

Selanjutnya SHVS akan berkeja melalui fitur acceleration assist membantu akselerasi mesin ketika kembali melanjutkan perjalan, sekaligus menyalakan mesin saat RPM berada di putaran angka 1.500.

Penjualan Suzuki

Teknologi SHVS

Disaat mesin bensin belum kembali bekerja namun mobil sudah mulai bergerak ketika pengemudi melakukan akselerasi awal, hal ini yang membuat kondisi akselerasi jadi terasa lebih halus dan senyap.

Selain halus karena mobil digerakkan oleh baterai untuk angkatan awal dalam beberapa detik, akselerasi pertama pun nyaris tanpa suara dan getaran mesin yang berdampak pada keiritan bahan bakar.

Sistem SHVS yang ada pada XL7 Hybrid dipadukan menggunakan mesin K15B.

Penjualan Suzuki

Mesin K15B

Jantung pacu berkapasitas 1.462 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris DOHC VVT multi-point injection ini menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Mesinnya dikawinkan menggunakan transmisi manual 5-percepatan, dan 4-percepatan torque converter.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid vs Hyundai Stargazer X, Irit yang Mana?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil