window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya

Herdi · 14 Mei, 2024 18:05

Shin Tae-yong

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase kepada Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong.

Ceremony penyerahan mobil listrik mewah jenama Korea Selatan tersebut dilakukan langsung oleh sejumlah pejabat tinggi Hyundai Indonesia dan Asia Pacific Headquarter di Hyundai Driving Experience, SCBD, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Menurut President Director PT HMID Woojune Cha, pemberian Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase kepada Shin Tae-yong tak lepas dari kontribusinya membawa Garuda Muda ke berbagai event internasional, termasuk ke posisi 4 besar di ajang AFC U-23 Asian Cup 2024. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Shin Tae-yong

Seremoni serah terima Genesis G80 Electrified

"Penyerahan Ini merupakan bentuk apresiasi Hyundai kepada Shin Tae-yong, serta memperkuat komitmen Hyundai dalam mendukung sepak bola Tanah Air, dimana sepak bola menjadi salah satu olahraga pemersatu bangsa,” ungkap Woojune kepada wartawan.

Baca juga: Sedan Listrik Genesis Electrified G80 Jadi Mobil Resmi KTT G20 2022, Spesifikasinya Lebih Mewah dari S-Class

Woojune Cha menanyakan dengan kehadiran Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase dari Hyundai hal ini diharapkan dapat mendukung aktivitas Shin Tae-yong dalam melatih timnas Indonesia.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mencoba langsung sedan listrik Genesis G80

"Sekaligus mendukung generasi muda dalam menggapai mimpinya untuk menorehkan prestasi emas di kejuaraan sepak bola dunia,” jelasnya

Sementara itu, pelatih yang disebut STY tersebut mengaku senang karena mendapatkan mobil untuk kesekian kalinya yang kali ini adalah mobil listrik Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase.

"Tentunya, kualitas dari mobil Hyundai ini tidak diragukan lagi," jelas STY dilokasi yang sama. 

STY berharap, Hyundai dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dalam mendukung industri sepak bola di Indonesia, sehingga Timnas bisa ikut dalam event olahraga di tingkat lebih tinggi seperti Piala Dunia. 

Baca juga: Promo Beli Mobil Hyundai Model Apa Saja Bisa Dapat Ioniq 6 Gratis, Begini Caranya

Jadi Mobil Listrik Pertama Shin Tae-yong 

Shin Tae-yong

Genesis G80 Electrified

Seperti disebutkan di atas, bahwa STY kembali mendapatkan mobil dari Hyundai berupa Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase.

Namun sebelumnya, STY juga pernah mendapatkan mobil Hyundai Staria dan Palisade, dimana kedua mobil ini juga digunakan untuk mobilitas ke berbagai tempat, termasuk saat melatih. 

Bagi STY, mobil-mobil Hyundai dan Genesis merupakan mobil yang banyak digemari di Korea Selatan, bahkan sejumlah cabang olahraga profesional di negaranya juga memakai produk lokal, Hyundai. 

Baca jugaHyundai Siapkan World Premier Mobil Baru di GIIAS 2024, Creta Facelift atau Kona EV Terbaru?

Shin Tae-yong

Sedan listrik pertama STY

Khusus Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase, STY mengaku sangat menyukainya, karena mobil ini jadi mobil listrik pertama yang akan digunakan. 

"Jadi ya sebelumnya memang ada mobil hybrid tetapi ini listrik yang pertama. Karena Genesis sendiri sudah diakui mobil terbaik jadi nggak perlu ditambahkan," jelasnya. 

STY mengaku sejatinya dirinya sangat menyukai mengemudi mobil sendiri. Akan tetapi, untuk di Indonesia, dia memilih menggunakan sopir pribadi untuk bepergian. 

Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase Mobil Bersejarah

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 05

Iring-iringan mobil listrik yang ditumpangi Jokowi di Batang

Sekadar informasi, Genesis Electrified G80 Mobil yang diserahkan STY, sejatinya bukanlah model baru, melainkan berstatus sudah pernah dipakai. 

Ya, mobil listrik ini memang sempat digunakan di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022, sebagai official car di perhelatan tersebut.  

Diketahui, dalam acara KTT G20 Bali 2022, sejumlah tamu VIP, seperti pejabat tinggi dari berbagai petinggi negara di dunia menumpangi Genesis Electrified G80. 

Kala itu, Electrified G80 merupakan kendaraan listrik premium yang sengaja digunakan sebagai transportasi para wakil dari berbagai negara. 

Pemerintah sendiri sengaja menunjuk Genesis Electrified G80 sebagai official car, sekaligus komitmen pemerintah dalam memacu populasi kendaraan berbasis baterai listrik atau BEV. 

Keunggulan Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase

Shin Tae-yong

Kerap dipakai untuk penjamuan tamu-tamu negara

Ketika Hyundai menawarkan Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase untuk para tamu undangan di G20 Bali, kemudian satu diantaranya diserahkan kepada STY, mungkin bagi sebagian orang akan merasa iri. 

Pasalnya, Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase merupakan mobil listrik yang sangat istimewa, apalagi ini versi Long Wheelbase sehingga menambah kesan premium.

Eksterior

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 07

Spesifikasinya lebih mewah ketimbang Mercedes-Benz S-Class

Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase diketahui memiliki panjang 5.222 mm dengan jarak antar sumbu roda 3.227 mm. 

Artinya, mobil ini punya wheelbase 217 mm lebih panjang dibandingkan dengan versi G80 Regular Model Standard-Wheelbase.

Mobil listrik ini mengusung filosofi desain Genesis, "Athletic Elegance", sehingga tampilan eksteriornya dilengkapi dengan Grille Two-Line Crest di bagian depan.

Selain itu, pada bagian lampu depan mengusung Two-Line ikonis yang dilengkapi dengan teknologi Micro Lens Array (MLA) yang menegaskan komitmen Genesis untuk menyelaraskan teknologi mutakhir dengan desain yang elegan. 

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 08

Unitnya menggunakan versi LWB

Tampilan menarik dari sisi luar juga tak lepas dari penggunakan velg berukuran 20 inc, ditambah desainnya sangat menarik yaitu five double-spoke wheel design. 

Alhasil, desain velg ini diklaim mampu memberikan kesan dinamis, mengingatkan pada baling-baling pesawat, dan menciptakan keseimbangan yang sempurna dengan parabolic line pada bagian samping mobil. 

Dalam varian Long Wheelbase, Genesis Electrified G80 memiliki eksterior dengan body wheelbase 20 cm lebih panjang dibanding versi standar.

Interior 

Interior-Genesis-G80-Electrified-Long-Wheelbase Carmudi

Interior Genesis Electrified G80 Long Wheelbase

Sementara pada bagian interior, mobil listrik ini tergolong lapang dan memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang belakang. 

Di setiap model, Genesis menghadirkan interior dengan mengusung konsep ‘Beauty of White Space’ dan disebut telah dilengkapi material ramah lingkungan di seluruh bagian interior. 

Genesis Electrified G80 Long Wheelbase hadir dengan interior yang menggunakan jahitan berkualitas tinggi, serta menggunakan bahan dari kulit, aluminium hingga kayu asli yang memberikan kesan mewah saat berada di dalam mobil.

Mobil ini juga dilengkapi dengan head unit 12,5 inci layar sentuh yang bisa terkoneksi berbagai pengaturan smartphone.

Ada juga ambient mood lighting, front seat LED foot lamp, metal door scuff, two tone steering wheel, kontrol AC layar sentuh, frameless ECM room mirror, aksen alumunium pada interior, dan hi-pass system.

Fitur yang dibenamkan juga ada juga pada bagian jok berupa memory seat, ventilasi jok untuk pemanas dan hawa dingin AC, serta walk-in device atau jok akan mundur secara otomatis ketika penumpang hendak turun dari mobil. 

Tak sampai disitu ada juga konektivitas seperti valet mode, music streaming, over the air update, hingga 17 speaker Lexicon.

Menariknya mobil ini akan senyap, bahkan suara ban dan kerikil tak bisa masuk kabin berkat fitur active road noise control.

Fitur Lengkap

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 10

Karena masuk segmen mobil premium, Electrified G80 Long Wheelbase sudah pasti dijejali berbagai fitur lengkap. 

Nah, beberapa fitur canggih tersebut antara lain Wireless Phone Charger, Genesis Digital Key, Handle pintu dengan sentuahan, Electronic Power Child Lock, Sensor Wiper, Auto AC, Auto Defogger, Auto Wind Direction, Air Cleaning System, Highway Driving Assist, Smart Cruise Control with Stop and Go, Navigation Based Smart Cruise Control, dan Lane Following Assist.

Ada juga Rear view Monitor with Parking Guide, Electronic Parking Brake (with automatic vehicle bold), Power Windows with Pinch Protection, Parking Distance Warning Forward/ Reverse, Smart Power Trunk, dan Outdoor Vehicle to Load Connector. 

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 11

Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase telah mendapatkan lima bintang uji tabrak

Perangkat keselamatan di mobil ini juga sangat lengkap, hal ini terlihat dari 10 titik airbag yang tersebar di depan, samping, dan belakang.

Pada kaki-kaki sudah menggunakan rem cakram yang dilengkapi perangkat ABS, Safety Assist, Rear Occupant Alert, Multi-Collision Brake System, hingga Back up Guide Light.

Tidak sampai disitu, mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur lainnya, mulai dari Emergency Stop Signal, Intelligent Speed Limit Assist, Lane Keeping Assist, Vibration Warning Steering Wheel, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Forward Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, dan Safety Exit Assist. 

Spesifikasi dan Performa Genesis Electrified G80 Long Wheelbase 

Shin Tae-yong Dapat Mobil Listrik Genesis Electrified G80, Ini Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya 12

Pernah dipakai sebagai kendaraan resmi KTT G80 di Bali

Diketahui Genesis Electrified G80 Long Wheelbase dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 87.2 kWh dan dua motor listrik. 

Alhasil, jika awalnya tenaga yang dihasilkan hanya 185 Ps, namun karena ada dua motor listrik yang masing-masing menghasilkan daya 182 Hp dan torsi 350 Nm.

Namun jika digabungkan, maka tenaganya bertambah menjadi 364 HP dan torsi 700 Nm.

Daya yang dimiliki Genesis G80 Long Wheelbase disalurkan ke motor penggerak depan dan belakang.

Alhasil, saat berakselerasi dari 0-100 km per jam, hanya membutuhkan Waktu 4,9 detik, dan kecepatan maksimalnya tembus di angka 225 km per jam. 

Jika baterai terisi maka jarak tempuh mobil ini bisa menyentuh 500 km. 

Daya tersebut didapat dari baterai yang bisa diisi 10-80 persen dalam waktu 22 menit menggunakan 800V rapid charging.

Sementara ketika menggunakan pengisian rumah normal (11kW), waktu pengecasannya berkisar 9 jam dari posisi baterai 10-100 persen.

@autofun.indonesia Sama-sama IONIQ tapi rasanya beda total, mau pilih mana? #reviewmobillistrik #reviewmobil #hyundaiioniq5 #hyundaiioniq6 #ioniq5 #ioniq6 ♬ 80's style background music(1405364) - Green Woodpecker

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Ioniq 6 Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia