Kecil bukan Berarti Tak Kuat, Begini Trik Honda Monkey 2021 Libas Tanjakan Curam

Honda Monkey memiliki dimensi yang cukup mungil dan cukup digandrungi oleh para pencinta roda dua. Motor ini juga termasuk sebagai motor hobi. Meskipun, tak menutup kemungkinan ada juga yang menggunakannya untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dengan mesin berkapasitas 125 cc, Honda Monkey 2021 dibekali transmisi kopling manual.

Untuk sebagian pencinta roda dua, motor kopling masih menjadi pilihan. Jika dibandingkan dengan motor bertransmisi otomatis alias skuter matik (skutik), motor yang pakai kopling manual memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah perawatannya yang lebih mudah. Selain itu, lebih terjangkau juga jika dilihat dari biaya service-nya.

Honda Monkey yang menggunakan kopling manual juga menawarkan kemudahan saat akan melakukan engine brake. Engine brake merupakan sistem pengereman dengan menurunkan tenaga mesin. Tentunya, teknik engine brake ini akan sangat berguna saat harus melewati tanjakan maupun turunan.

Untuk melintasi tanjakan, ada teknik khusus yang bisa digunakan oleh para pengendara Honda Monkey. Jika tidak menguasai teknik yang benar, bukan tak mungkin motor malah mengalami mogok saat digunakan berkendara di jalanan yang menanjak.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempertahankan kestabilan laju motor. Untuk dapat melibas tanjakan yang ada di depan dengan mudah, hindari menggunakan persneling lebih dari gigi 3.

Sebab, semakin tinggi gigi yang digunakan untuk melaju, maka akan semakin berat juga bagi Honda Monkey untuk menanjak jalan tersebut. Gigi yang direkomendasikan adalah gigi 2 dan gigi 3. Tapi, jika masih terasa berat, bisa diturunkan lagi ke gigi 1.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah posisi gigi. Jangan menaikkan gigi saat motor sudah menanjak. Saat kecepatan Honda Monkey bertambah, sebagian orang mungkin berpikir untuk menaikkan gigi.

Padahal, langkah tersebut justru salah dilakukan. Dengan menaikkan gigi saat Honda Monkey berada di tengah tanjakan, dapat membuat laju terasa berat. Alih-alih motor bergerak maju, yang ada justru motor bisa tergelincir mundur.

Selanjutnya, perhatikan teknik pengereman yang digunakan. Jangan menggunakan rem tangan yang fungsinya untuk menghentikan laju ban depan. Sebaiknya, gunakan rem belakang untuk menghentikan motor saat berada di tengah-tengah tanjakan. Rem belakang akan lebih efektif untuk menahan Honda Monkey saat berada di tengah tanjakan.

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Monkey
Lihat