Rp 16,45 - 17,15TBC Juta

Harga Honda Beat 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda Beat
ModelScooter
Tenaga Maksimal8.89hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas110 cc
Opsi startKick & Electric
ABSN

Honda Beat 2021 - 2022 ditawarkan dalam 2 varian - mulai Rp 16,45Juta hingga Rp 17,15Juta , varian entry levelnya yaitu Honda Beat CBS Rp 16,45Juta dan varian tertingi Honda Beat yaitu Honda Beat CBS-ISS ditawarkan dengan harga Rp 17,15Juta.

Kelebihan&Kekurangan Honda Beat

Kelebihan

  • Tampilan desainnya tampak sangat stylish

  • Harga Honda Beat masih terjangkau

  • Memiliki bobot yang cukup ringan, sehingga mudah diajak bermanuver

  • Dilengkapi fitur ISS yang akan meningkatna efisiensi bahan bakar dengan cara mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik.

  • Honda Beat memiliki teknologi eSP (enhanced smart power) yang berpadu dengan PGM-FI. Perpaduan tersebut membuat performa mesin semakin bertenaga dan lebih irit bahan bakar

  • Speedometernya sudah dilengkapi fitur ECO Indicator

  • Adanya sistem penguncian secure key shutter dengan pengamana bermagenet juga dimilikinya, sehingga melindungi pemilik Honda Beat dari pencurian sepeda motor.

  • Tersedia pula fitur Side Stand Switch yang mebuat motor tidak bisa menyala ketika standar samping di turunkan.

  • Suspensinya sangat empuk, sehingga semakin nyaman dikendarai.

Kekurangan

  • Mesin Honda Beat sedikit kurang bertenaga, karena kapasitas mesinnya cuma 110cc

  • Rem bekalang masih tromol

  • Masih belum dilengkapi fitur ABS

  • Kurang nyaman dikendarai di jalanan bergeronjal

  • Sektor penerangan yang masih mengandalkan bohlam biasa

  • Tarikan kurang responsif, yang mana akan terasa jika digunakan saat putaran di bawah. Motor jenis ini memiliki tarika responsif jika putaran berada di atas saja.

Review Honda Beat

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin dan BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Terhitung sudah 12 tahun sejak Honda BeAT pertama kali diluncurkan. Ada alasan mengapa Honda memertahankan skuter matik (skutik) entry level ini untuk dipasarkan. Motor ini merupakan skutik entry level terlaris Honda untuk saat ini. Berbagai perubahan sudah terjadi dan sekarang Honda BeAT 2021 sudah memiliki spesifikasi yang meningkat dan unggul di kelasnya.

    Waktu awal meluncur di 2008, BeAT masih mengandalkan karburator. Sekarang sudah semakin irit berkat teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Hingga pada 2015, Honda akhirnya melakukan ekspor BeAT ke negara-negara tetangga.

    Honda BeAT 2021 sudah tidak memiliki pesaing dari Yamaha. Sebab, Yamaha sudah tidak lagi mengeluarkan skutik berkapasitas 110 cc. Honda BeAT lebih tepat jika disandingkan dengan Suzuki Nex II. Nex II mungkin tidak seunggul BeAT 2021 dari segi fitur dan teknologi. Tapi, jika mengincar harga yang terjangkau, maka Nex II lebih unggul. Sebab, skutik ini dibanderol sedikit lebih murah dari Honda BeAT 2021.

    Generasi Pertama Honda BeAT Street (2016 - 2020)

    Saat pertama kali diluncurkan, Honda BeAT Street hadir hanya dengan satu tipe, yakni CBS (Combi Brake System). Tidak ada fitur ISS (Idling Stop System), pengaman kunci kontak magnetis belum terintegrasi dengan jok, dan sistem pencahayaannya masih mengandalkan bohlam biasa.  Kapasitas tangki bahan bakarnya masih 4 liter dan kapasitas bagasi di bawah jok juga masih 11 liter. Konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim mencapai 55 km/liter.

    Generasi Kedua Honda BeAT Street (2020 - Sekarang)

    Tampilannya berubah cukup signifikan untuk generasi kedua Honda BeAT Street. Desain lampu depan sudah berubah dan sistem pencahayaannya juga semuanya sudah menggunakan LED. Tapi, Honda masih belum menyematkan fitur ISS. Panel meter tetap full digital. Jika yang sebelumnya menggunakan warna oranye, sekarang sudah berwarna biru. 

    Kapasitas tangki bahan bakar meningkat menjadi 4,2 liter. Sedangkan kapasitas bagasi, bertambah menjadi 12 liter. Kunci kontak masih menggunakan pengaman magnetis, tapi sudah terintegrasi untuk membuka jok. Perubahan lainnya ada pada desain peleknya, palangnya sudah berubah. 

    Fitur Honda BeAT Street 2021

    Soal fitur, Honda BeAT Street 2021 semakin canggih. Semua sistem pencahayaan khususnya lampu depan, kini sudah dilengkapi dengan LED. Panel meternya sudah full digital dengan background berwarna biru. Sehingga, pengendara dapat melihatnya lebih baik saat di kegelapan. 

    Luas bagasi dengan kapasitas 12 liter juga cukup bermanfaat, meskipun belum bisa untuk menampung helm jenis full face ataupun half face. Fitur-fitur standar tetap disematkan, seperti Smart Stand Switch, Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, dan lainnya.

    Harga Honda BeAT Street 2021 : Rp 17,15 Juta

    Honda BeAT Street 2021 hadir hanya dengan satu varian saja. Skutik entry level yang masuk dalam keluarga BeAT series ini dibanderol Rp 17,15 juta (on the road Jakarta).

    Spesifikasi Honda Beat

    Dimensi Honda Beat

     Panjang X Lebar X Tinggi 1.877 x 669 x 1.074 mm
     Tinggi Tempat Duduk 740 mm
     Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
     Jarak Terendah Ke Tanah 147 mm
     Tipe Suspensi Depan Teleskopik
     Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
     Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C – Tubeless
     Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C – Tubeless
     Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
     Rem Belakang Tromol
     Sistem Pengereman Combi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS
    Mesin Honda Beat
     Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP
     Volume Langkah 109.5cc
     Diameter X Langkah 47.0 x 63.1 mm
     Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI)
     Tipe Tranmisi Otomatis, V-Matic
     Rasio Kompresi 10.0 : 1
     Daya Maksimum 9.0 PS @ 7.500 rpm
     Torsi Maksimum Torsi Maksimum 9.3 Nm @ 5.500 rpm
  • Desain

    Penampilan Honda BeAT Street

    Jika dilihat sekilas, tidak terlalu terlihat ubahannya. Tapi sebenarnya, desainnya tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Ubahan paling signifikan ada pada lampu depan dan belakangnya. Sedangkan untuk bagian lain, Honda masih memertahankan DNA dari skutik injeksi tersebut.

    Honda BeAT 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 1.074 mm, dan tinggi 740 mm. Tinggi tempat duduknya cukup bersahabat dengan postur orang Indonesia pada umumnya, yakni 740 mm. Skutik ini memiliki jarak sumbu roda 1.256 mm dan jarak terendah ke tanah 147 mm.

    Sasisnya sudah menggunakan teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dengan tipe backbone. Honda mengklaim bahwa rangka terbaru ini lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai alias lebih kuat dari sasis sebelumnya. Di bagian kaki-kaki, Honda BeAT 2021 dibekali suspensi konvensional. Suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakangnya menggunakan sokbeker tunggal.

    Sedangkan pada rodanya, Honda BeAT 2021 menggunakan ban depan berukuran 80/90-14 dan ban belakang berukuran 90/90-14. Ukurannya tidak lebar, tapi masih cukup proporsional, karena bodinya juga ramping. Bannya juga sudah pakai tipe tubeless, meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

    Sementara di sistem pengeremannya, Honda BeAT 2021 hanya menggunakan rem cakram pada bagian depan saja. Rem belakangnya masih mengandalkan model tromol. Honda BeAT 2021 ditawarkan dengan tiga tipe, antara lain CBS, CBS-ISS, dan Deluxe. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black.

    Lalu untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna Garage Black, Electro Blue, dan Fusion Magenta Black. Sedangkan tipe Deluxe, terdiri dari 2 pilihan warna, yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver, yang dipadukan dengan 3D Emblem



     

  • Pengendaraan dan Handling

    Pengendaraan dan Handling Honda BeAT

    Suspensi konvensional dengan depan teleskopik dan satu sisi dipasang peredam kejut di belakang. Skuter ini nyaman karena kualitasnya yang sangat baik dan sedikit getaran dari mesin. Posisi duduk nyaman dengan ruang yang cukup di area footboard depan untuk bergerak. Handlingnya lincah karena BeAT kecil dan ringan. Ini juga paling cocok untuk jalan di perkotaan maupun jalan di sekitar kota.

    Honda BeAT Street 2021 menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan kendali yang penuh. Sebab, skutik 110 cc ini dibekali dengan setang telanjang yang lebar layaknya motor supermoto. Posisinya juga cukup ergonomis antara posisi tangan, badan, dan kaki. Dengan tinggi tempat duduk 740 mm, skutik entry level yang banyak peminatnya ini juga bersahabat dengan pengendara yang memiliki postur tubuh di bawah 170 cm. Apalagi, bobotnya juga terbilang ringan, hanya 95 kg.   


      

  • Mesin dan BBM



    Mesin Honda BeAT Street 2021

    Performa Honda BeAT Street dihasilkan dari mesin 4 langkah, satu silinder, SOHC, eSP, dengan kapasitas silinder 109,5 cc. Dengan diameter piston 47 mm dan langkah 63,1 mm, rasio kompresi yang dihasilkan 10:1.

    Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin tersebut tercatat mencapai 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimumnya hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Mesinnya juga dikawinkan dengan transmisi otomatis V-matic.

    Untuk mengurangi laju roda yang dihasilkan dari performa mesin, Honda BeAT Street 2021 masih menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Sistem pengeremannya masih mengandalkan Combi Brake System (CBS), tidak ada fitur Anti-lock Braking System (ABS).



     

  • Pengereman dan Keamanan

    Tidak ada yang memungkiri fakta bahwa skuter ini hadir dengan mempertimbangkan harga. Ini sering dikatakan karena adanya kekurangan seperti dalam hal keselamatan. Bagaimanapun, Honda menghadirkan BeAT dengan rem hidrolik tunggal di bagian depan dan sistem pengereman combi. Sistem pengereman combi menyebarkan cakram depan dan rem drum belakang pada saat yang sama ketika tuas rem ditarik. Sistem ini kemudian memperpendek jarak pengereman dan memberikan kepercayaan diri lebih. Ini juga memiliki smart locking system yang menjaga rem terkunci pada saat diparkir dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dudukan samping sendiri juga bisa mematikan mesin jika sudah digunakan.


      

  • Kesimpulan

    Tak heran jika Honda BeAT 2021 menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tapi fitur dan teknologi yang diusung juga cukup andal. Untuk penggunaan harian, BeAT 2021 juga sangat bisa diandalkan. Performanya cocok untuk digunakan di perkotaan dan konsumsi bahan bakarnya juga irit. Ya konsumen pada segmen ini memang sangat sensitif dengan harga jual dan konsumsi bahan bakar.

Eksterior

Warna

FAQ Honda Beat

    • Vladislav M

      Vladislav M

      Inilah Tripmeter yang dilengkapi di Honda Beat. varian yang memiliki adalan:

      VarianHonda Beat CBSHonda Beat CBS-ISS
      TripmeterYY
    • louisepott

      louisepott

      Inilah Panjang yang dilengkapi di Honda Beat. varian yang memiliki adalan:

      VarianHonda Beat CBSHonda Beat CBS-ISS
      Panjang1877 mm1877 mm
    • Putri M

      Putri M

      Ya, Honda Beat dilengkapi Jenis Ban, varian yang dilengkapi adalah Honda Beat CBS, Honda Beat CBS-ISS.

Model Populer

VS