Telisik Mesin Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020, Ternyata Banyak Bedanya

Tak lama lagi PT Astra Honda Motor (AHM) disebut-sebut akan segera menghadirkan All New Honda PCX 160 (Honda PCX 2021). Kehadirannya menggantikan model sebelumnya yang telah dkenalkan sejak tahun 2018 silam.

Honda PCX 160 mendapatkan perubahan besar-besaran, termasuk bagian jantung mekanis. Honda menanamkan mesin generasi baru yang disebut dengan eSP+ (enhanched smart power plus).

 

Mesin ini menjanjikan output tenaga dan torsi yang lebih baik, konsumsi bahan bakar yang hemat dan juga minim vibrasi. Tapi seberapa banyak perubahan dibandingkan mesin eSP yang digunakan Honda PCX 150 2020?

Melihat spesifikasi mesin Honda PCX 160 yang telah beredar di Thailand, ternyata banyak sekali perbedaannya keduanya. Mau tahu seperti apa?

Honda PCX 150 2020.

Kapasitas Mesin Honda PCX 160 2021 Lebih Besar

Honda PCX 160 menggunakan kapasitas mesin lebih besar dengan kubikasi 156,9 cc. Kapasitas mesin ini dicapai berkat penggunaan piston berukuran 60 mm, dengan langkah piston 55,5 mm.

Sedangkan mesin Honda PCX 150, memiliki kapasitas 149,3 cc dengan menggunakan piston ukuran 57,3 mm dan memiliki langkah piston 57,9 mm. Maka karakter mesin Honda PCX 160 over bore dan Honda PCX 150 square.

Mesin eSP+ Honda PCX 160 2021.

Mesin dengan karakter over bore, biasanya akan lebih kuat pada putaran menengah sampai atas. Sementara mesin berkarakter square, penyaluran tenaga justru akan lebih merata dari bawah sampai atas.

SOHC 2 Katup VS SOHC 4 Katup

Jalur masuk gas pembakaran dan jalur keluar gas buang juga berubah total. Pada Honda PCX 150 dengan mesin eSP, hanya mengandalkan dua buah katup saja, satu untuk katup masuk dan satu untuk katup keluar.

Namun pada generasi mesin eSP+ Honda PCX 160, sudah dilengkapi dengan empat buah katup mesin, dua untuk katup masuk dan dua untuk katup keluar.

Mesin eSP+ Honda PCX 160 pakai empaty katup.

Empat buah katup tadi secara langsung juga memperbaiki flow campuran bahan bakar dan udara menuju ruang bakar, juga membuat sisa gas pembakaran bisa keluar lebih cepat.

Dalam keterangannya, Honda juga menyebutkan penggunaan empat buah katup tersebut juga ikut mempengaruhi langkah piston, sehingga mesin Honda PCX 160 berkarakter over bore.

Penyempurnaan Intake dan Exhaust

Pada generasi terbaru Honda PCX 160, saluran intake lebih disempurnakan lagi dengan air cleaner (filter udara) dengan penampang lebih lebar. Kemudian saluran udara dibuat minim lekukan sehingga udara mengalir tanpa hambatan.

Intake mesin eSP+ Honda PCX 160 lebih besar.

Begitu juga pada komponen pelepas gas buang alias knalpot (exhaust). Susunan pipa di dalam perut knalpot dirancang ulang, untuk membuat performa lebih baik tapi juga emisi yang lebih ramah lingkungan.

Pelumasan Mesin Lebih Canggih

Jika Honda PCX 150 2020 sistem pelumasan mesin masih konvensional, dengan pompa oli, maka Honda PCX 160 2021 jauh lebih advance. Pelumasan part internal mesin dibuat lebih efisien dan juga minim friksi.

Pada mesin barunya, Honda menerapkan piston oil jet yang menyemprotkan pelumas langsung mengasah pada piston. Teknologi ini sendiri diadopsi dari motor special engine mereka, yakni Honda CRF450R.

Tensioner rantai keteng Honda PCX 160 sudah hidrolis.

Selain itu, pada mesin eSP+ tak lagi menggunakan tensioner rantai keteng dengan per seperti halnya Honda PCX 150, karena sudah berganti menjadi hidrolis. Tensioner rantai keteng memanfaatkan tekanan oli untuk menekan lidah rantai keteng.

Honda PCX 160 Anti Gredek?

Salah satu penyakit khas dari mesin eSP Honda PCX 150 2020 adalah gejala getar atau biasa disebut gredek. Gejala ini berasal dari area CVT, terutama pada saat putaran rendah.

Meski jika sudah berjalan konstan, gejala tersebut tak akan muncul. Suara mesin yang dikeluarkan pun cenderung halus. Gejala gredek ini pun tak dialami semua pengguna Honda PCX 150, namun kasusnya cukup banyak ditemui.

Double cog belt (kanan) untuk CVT mesin eSP+ Honda PCX 160.

Dan nampaknya Honda telah mengantisipasi hal tersebut, dengan meng-update komponen CVT pada mesin eSP+. Salah satunya adalah penggunaan double cog belt, dengan gerigi disetiap sisinya.

Double cog belt memiliki keunggulan lebih elastis namun juga lebih tahan gesekan. Efeknya mesin akan lebih halus dan konsumsi bahan bakar juga bisa lebih efisien.

Membaca dibeberapa forum Thailand, sudah ada yang membandingkan komponen CVT Honda PCX 160 dengan milik Honda PCX 150. Hasilnya semuanya berbeda, seperti rumah roller, kampas kopling ganda, rumah kopling dan per CVT.

Exhaust baru Honda PCX 160 2021.

Output Tenaga dan Torsi Mesin eSP+ Lebih Kuat

Dengan peningkatan kapasitas mesin, perubahan saluran masuk dan keluar udara, output tenaga Honda PCX 160 ikut melonjak. Kini keluaran tenaganya sampai 16,2 PS diputaran 8.500 rpm, dengan torsi mencapai 15 Nm diputaran 6.500 rpm.

Bandingkan dengan mesin eSP Honda PCX 150 yang punya tenaga 14,7 PS diputaran 8.500 rpm serta torsi mencapai 13,2 Nm pada 6.500 rpm. Ada selisih tenaga 1,5 PS dan torsi 1,8 Nm, lumayan bukan?

Ssttt...Malah kalau dibandingkan dengan Yamaha Nmax 155 2021, output mesin eSP+ ini juga lebih kuat loh. Tentu saja penggemar skutik premium Honda ini akan tersenyum senang.

Honda PCX 160 lebih bertenaga dengan mesin eSP+.

Kesimpulan

Rasanya mesin eSP+ ini memang jawaban dari seluruh keluh kesan pengguna Honda PCX 150 2020, yang kerap mengalami gejala mesin bergetar dan tarikan mesin yang tak se-powerful kompetitornya.

Tak hanya ubahan minimalis, tapi mesin yang benar-benar baru diterapkan untuk Honda PCX 160 2021. Yang menarik, peningkatan performanya juga diikuti efisiensi bahan bakar yang tetap irit.

Bagaimana, Anda sudah siap untuk merasakan performa Honda PCX 160 bermesin eSP+ ini?

Spesifikasi Mesin eSP+ Honda PCX 160 2021
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Kapasitas Mesin 156,93 cc
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 16,2 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 15 Nm @ 6.500 rpm
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat