Selain CBR600RR, Livery Tricolor juga Hadir di Honda CBR150R dan CBR250RR 2021

Honda CBR600RR terbaru akhirnya mendarat di Indonesia. Sebagaimana diketahui, superbike anyar ini mendapatkan pembaruan terkait desain. Termasuk soal livery tricolor yang kini diusung. Menariknya, penyajian itu juga hadir pada Honda CBR150R 2021 dan Honda CBR250RR 2021. 

Honda CBR150R dan Honda CBR250RR melengkapi keluarga CBR-Series pengguna livery Tricolor.

Tentu menjadi sebuah pemandangan baru. Mengingat baru kali ini kedua produk buatan PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan livery nan legendaris. Pada CBR150R misalnya, opsi tertinggi sebelumnya hanya ditawarkan pada varian Racing Red dan MotoGP Edition. Sedang di CBR250RR, pilihan eksklusif ada di unit Racing Red dan edisi khusus CBR250RR Garuda x Samurai. 

Soal penyematan livery tricolor-nya sendiri pun benar-benar selaras dengan Honda CBR1000RR-R yang sudah lebih dulu mengaspal di Tanah Air. Warna merah pada CBR150R maupun CBR250RR paling dominan. Lantas dipadukan pula dengan kelir biru, putih dan hitam. Meski begitu, terdapat perbedaan ihwal pola decal yang diterapkan - mengikuti desain dan bentuk tubuh masing-masing. 

Sejarah Livery Tricolor

Paduan warna legendaris Tricolor telah menjadi ikon sejak puluhan tahun silam. Bermula pada keikutsertaan Honda di ajang balap legendaris Isle of Man TT (1959). Sekitar tahun 1970, pebalap Honda pun mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna utama tersebut pada baju balapnya.

Tema livery Tricolor dipakai tim balap WSBK Honda.

Namun, Honda CB750 lah yang pertama kali mengaplikasi livery Tricolor. Lantas digunakan untuk balapan Daytona 200 mile di Amerika Serikat pada 1973. Warisan itu terus mengalir ke ajang balap dunia lain. Sebut saja pada kejuaraan Grand Prix 1979 hingga Paris Dakar Rally 1982. Tak sampai di situ. Toh, livery serupa kembali dipakai Honda lewat kompetisi World Superbike (WSBK). 

Harga Honda CBR150R Tricolor 2021

Berkaca dari histori itu pula, PT AHM ingin membagikan rangkaian sejarah Tricolor Honda kepada calon pembeli Honda CBR150R. Hadirnya Honda CBR150R Tricolor bisa jadi pilihan menarik untuk Anda. Walau termasuk varian atas, unit ini nyatanya bukan lah yang paling mahal. Harga CBR150R Tricolor ABS dipatok Rp 40,6 juta. 

Honda CBR150R tampil agresif dengan jubah Tricolor.

Harga jualnya itu setara dengan CBR150R Racing Red. Artinya, Anda punya dua opsi dengan harga selevel di dalam katalog. Satu yang pasti, dia lebih murah Rp 200 ribu dari CBR150R MotoGP Edition berbanderol Rp 40,8 juta.

Spesifikasi Honda CBR150R 2021
Dimensi (P x L x T) 1.983 x 694 x 1.038 mm
Jarak Sumbu Roda 1.311 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 166 mm
Ketinggian Tempat Duduk 787 mm
Berat Kosong 135 kg
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi Depan Up-side down (USD)
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan 100/80-17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 62P (Tubeless)
Tipe Rem Depan Cakram hidrolik
Tipe Rem Belakang Cakram Hidrolik
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 liter
Tipe Mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Sistem Pendinginan Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan Bakar Programmed Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8 mm
Volume Langkah 149.16 cc
Perbandingan Kompresi 11.3 : 1
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1.1
Tipe Kopling Wet
Tipe Transmisi Manual, 6 kecepatan
Pola Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Starting System Elektric Starter
Daya Maksimum 17.1 PS @9.000 rpm)
Torsi Maksimum 14.4 Nm @7.000 rpm)

Harga Honda CBR250RR Tricolor 2021  

Penetapan harga Honda CBR250RR Tricolor, nyatanya setali tiga uang. Banderolnya ditaruh selevel dengan Honda CBR250RR Racing Red yakni Rp 77,3 juta. Dengan kata lain, banderol itu masih di bawah varian paling atas CBR250RR Garuda x Samurai yang dilego Rp 77,7 juta (on the road Jakarta).

Tampilan agresif Honda CBR250RR Tricolor.

Menurut kami, versi tricolor pada motor sport seperempat liter ini tetap layak dijadikan pilihan. Selain mendapatkan opsi selain tipe Racing Red, CBR250RR Tricolor jua sudah dilengkapi dengan perangkat baru berupa Quick Shifter (QS). Terdapat empat mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengendara. Mulai dari mengaktifkan naik-turun gigi, menaikkan gigi saja, menurunkan gigi dan mode Quick Shifter off. 

Selain itu, tersedia pula fitur Assist & Slipper Clutch. Berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim. Tak cuma itu. Pengaplikasian fitur ini juga membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan.

Spesifikasi Honda CBR250RR 2021
Dimensi (P x L x T) 2.060 x 724 x 1.098 mm
Jarak Sumbu Roda 1.389 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 145 mm
Ketinggian Tempat Duduk 790 mm
Berat Kosong 168 kg
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi Depan up-side down (USD)
Tipe Suspensi Belakang Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Ukuran Ban Depan 110/70 – 17 54S (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 140/70 – 17 66S (Tubeless)
Tipe Rem Depan Cakram hidrolik dual piston
Tipe Rem Belakang Cakram Hidrolik single piston
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 14,5 liter
Tipe Mesin 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
Sistem Pendinginan Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan Bakar Programmed Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter x Langkah 62,0 x 41,4 mm
Volume Langkah 249.7 cc
Perbandingan Kompresi 12,1:1
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1.9
Tipe Kopling Multiple Wet Clutch with Coil Spring
Tipe Transmisi Manual, 6 kecepatan
Pola Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Starting System Elektric Starter
Daya Maksimum 41 PS @13.000 rpm
Torsi Maksimum 25 Nm @11.000 rpm

 

  
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat