Punya Desain Sama, Baiknya Pilih Honda Vario 125 2021 Atau Honda Vario 150 2021?

Di antara jajaran skuter matik (skutik) Honda, Vario Series termasuk sebagai salah salah satu yang tertua. Pertama kali Honda Vario meluncur pada tahun 2006. Saat itu, kapasitas mesinnya masih 110 cc.

Honda Vario 110 terus bertahan sampai 2020. Seiring berjalannya waktu, varian 125 cc lahir pada tahun 2013. Lalu, pada tahun 2015 Honda juga menghadirkan Vario 150.

Pilih Honda Vario 125 atau Honda vario 150 ya?

Hingga awal Januari 2020, Honda akhirnya mengumumkan telah menyuntik mati Vario 110 karena ingin fokus pada Vario 125 dan Vario 150 yang memang  lebih digemari masyarakat.

Jadi apa beda Vario 125 dan 150 terbaru ini?

Desain Honda Vario 125-Honda Vario 150 Sama Persis

Honda Vario 125 2021 dan Vario 150 2021 memiliki tampilan yang mirip. Desain bodinya benar-benar sama, hanya pemilihan warna serta striping saja yang membedakan kedua skutik tersebut.

Baca juga : Dijual Rp 25 Jutaan, Honda Vario 150 2021 Jadi Skutik 150 Cc Termurah Saat ini, Berapa Cicilannya?

Skema yang digunakan juga sama. Untuk warna polos, Honda Vario 125 2021 dan Honda Vario 150 2021 disematkan emblem agar tampilannya terlihat mewah dan elegan.

Honda Vario 150 sporty.

Sementara untuk yang kombinasi dua warna, Honda Vario 125 2021 dan Honda Vario 150 2021 tidak menggunakan emblem. Kedua skutik ini lebih memilih menggunakan striping agar tampilannya terlihat agresif dan sporty.

Desain lampunya juga sama, Honda Vario 125 2021 dan Honda Vario 150 2021 tetap mempertahankan model Dual Keen Eyes, serta sudah sama-sama menggunakan teknologi LED juga. Selain itu, sudah disematkan juga Daytime Running Light (DRL) di bagian atas lampu utama.

Baca juga : Tawaran Menarik Sampai Akhir Maret 2021, Honda Vario 125 2021 Kena Diskon Rp 600 Ribu

Perbedaan lainnya ada pada desain palang dari peleknya. Pada Honda Vario 125, desain palang peleknya merupakan sepuluh palang dengan model dua palang sejajar menjadi lima bagian. Sementara pada Honda Vario 150 2021 , sama-sama menggunakan sepuluh palang tapi berbentuk huruf Y yang terbagi menjadi 5 bagian.

Pelek jadi pembeda antara varian 125 cc dan 150 cc.

Fitur Honda Vario 125-Honda Vario 150 Mirip

Panel meter yang digunakan sudah full digital. Tampilan panel meternya juga sama persis. Informasi yang diberikan lengkap seperti spidometer, fuel meter, trip meter, pergantian oli, tegangan aki, dan jam digital. Di bagian atasnya, terdapat indikator lampu sein, lampu jauh, temperatur mesin, Idling Stop System (ISS), indikator baterai, dan engine check.

Perbedaan lainnya antara Honda Vario 125 dan Honda Vario 150 terbaru 2021 ada pada kunci kontaknya. Pada Honda Vario 125, masih mengandalkan pengaman kunci kontak otomatis. Kunci kontaknya sudah terintegrasi dengan pembuka jok.

Lampu belakang dan kunci kontak Honda Vario 125.

Baca juga : Harga Honda Vario 150 Baru Kemahalan, Tilik dulu Pasaran Bekasnya

Tapi, Honda Vario 125 dilengkapi dengan remote yang terintegrasi dengan fitur anti theft alarm dan answer back system. Sementara di Honda Vario 150 terbaru 2021, sudah mengadopsi teknologi keyless yang disebut dengan Smart Key System. Teknologi ini tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk mengoperasikan kunci setang atau menghidupkan mesin.

Smart Key System juga dilengkapi dengan sistem pendukung pengaman canggih, seperti anti theft alarm dan answer back system untuk memudahkan mencari posisi motor di lokasi parkiran.

Beda Honda Vario 125 CBS & CBS-ISS

Sebagai gambaran, Honda Vario 125 ditawarkan dengan 2 tipe, yakni CBS dan CBS-ISS. Perbedaan keduanya hanya pada fitur ISS (Idling Stop System). Fitur ini berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar dengan mematikan mesin motor saat berhenti di lampu merah.

Panel meter dan lampu full LED.

Beda Spesifikasi Mesin Honda Vario 125-Honda Vario 150

Perbedaan terakhir ada pada mesinnya. Spesifikasi yang digunakan sama, yakni mesin 4 langkah, SOHC, dengan sistem pendinginan cairan. Tapi, pada Honda Vario 125 memiliki diameter piston 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm. Sementara pada Honda Vario 150, diameter pistonnya 57,3 mm dan langkahnya 57,9 mm.

Honda Vario 125 memiliki tenaga maksimum mencapai 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Sementara pada Honda Vario 150, tenaga maksimumnya hingga 13,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

Baca juga : Cicilan Mulai Rp 800 Ribuan, Beli Honda Vario 125 2021 Dapat Potongan Harga Rp 300 Ribu

Spesifikasi mesin sama, hanya beda kapasitas mesin saja.

Dari konsumsi bahan bakarnya, dengan menggunakan metode ECE R40 dan Euro 3 serta Idling Stop System diaktifkan, Honda Vario 125 jauh lebih irit dibandingkan dengan Honda Vario 150. Konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 diklaim tembus 51,7 km/liter. Sementara Honda Vario 150, konsumsi bahan bakarnya hanya 46,9 km/liter.

Harga Honda Vario 125-Honda Vario 150 Beda Rp 2 Jutaan

Dengan fitur dan kapasitas mesinnya yang berbeda, tentunya ada selisih harga yang cukup signifikan diantara keduanya. Honda Vario 125 dijual dengan dua varian, tipe CBS dengan harga Rp 20,6 juta dan tipe CBS-ISS dengan harga Rp 21, 505 juta.

Honda Vario jadi skutik yang digemari masyarakat.

Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Lalu, untuk Honda Vario 150, ditawarkan dengan tiga tipe yang ketiganya merupakan varian CBS-ISS, yakni tipe Exclusive yang dibanderol Rp 24,150 juta dan tipe Exclusive Matte Black dan Sporty Series yang dibanderol Rp 24,3 juta (on the road Jakarta).

Terdapat selisih Rp 2 jutaan antara Honda Vario 125 CBS-ISS dengan Honda Vario 150 Exclusive. Namun selisih menjadi lebih besar jika membandingkan Honda Vario 125 CBS dengan Honda Vario 150 Sporty, karena bisa sampai Rp 3 jutaan bedanya.

Dimensi Honda Vario nyaman digunakan siapa saja.

Kesimpulan

Jika dibanding-bandingkan antara Honda Vario 125 dan Honda Vario 150, masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Honda Vario 125 memang tidak dilengkapi dengan teknologi keyless seperti halnya Honda Vario 150, namun selisih harganya cukup besar bisa hingga Rp 3 jutaan.

Sementara Honda Vario 150, tak hanya lebih aman dari risiko kemalingan karena sudah mengaplikasikan Smart Key System, performa mesin yang dihasilkan juga jauh lebih baik, meskipun harganya lebih tinggi dan konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Semuanya kembali pada kebutuhan Anda.

Baca juga : Punya Budget Rp 17 Jutaan, Ini Alasan Kenapa Baiknya Pilih Honda Vario 125 Bekas Dibanding Honda BeAT 2021

Perbandingan Spesifikasi
  Honda Vario 125 Honda Vario 150
Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm 57,3 x 57,9 mm
Tipe Transmisi Otomatis , V - Matic
Daya Maksimum 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
Torsi Maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm 13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rangka dan Kaki-kaki
Tipe Rangka Underbone
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 - 14M/C 40P Tubeless 90/80 - 14M/C 43P Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 - 14M/C 46P Tubeless 100/80 - 14M/C 48P Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol
Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi 1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk 769 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 132 mm
Curb Weight 111 kg 112 kg
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 liter pada Penggantian Periodik
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki MF 12V-5 Ah
Sistem Pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 125
Lihat