Review Pemilik: Selama 3 tahun, Honda CBR250RR memang bermanuver dengan mudah, BBM Irit, biaya perawatan hemat?

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda CBR250RR dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Baim


Sebagai mahasiswa yang akan wisuda, Baim telah bersama Honda CBR250RR selama 3 tahun. Ini adalah sepeda motor pertama Baim dan setelah lebih dari tiga tahun pemakaian, tentunya selama masa tersebut, Baim telah merasakan kelebihan dan kekurangannya.

Baim mengatakan bahwa dirinya memiliki Honda CBR250RR secara tidak disengaja. Di saat ayahnya melewati showroom sepeda motor besar, keluarganya berjanji untuk memberikan sepeda motor di tahun kedua kuliahnya, Baim langsung lihat Honda CBR250RR dan mencobanya.

Meski dia belum belajar apa-apa tentang motor ini, namun dengan harga yang Rp 61- 70 jutaan membuat dia sangat tertarik.

Anehnya, meski langsung menyukai motor tersebut, Baim belum memutuskan untuk membelinya. Sampai dua tahun lalu, dirinya merasa harganya sudah lebih bersahabat, Baim memutuskan untuk membeli motor ini dan merasa puas dengan keunggulan yang melekat pada Honda CBR250RR.

“Dibandingkan pesain lain di segmen yang sama, harga Honda CBR250RR memang mahal (lebih mahal dari Kawasaki), tapi desain motor ini lebih bersudut," kata Baim. Apalagi di tahun 2018, fitur yang dibawanya termasuk langka di segmennya.

Dilengkapi dengan lampu full LED diseluruh bagian, electronic throttle, dan tiga mode mengemudi. Suspensi depan juga belakang mengandalkan Showa. Selain itu, sistem rem cakram ABS dual channel serta panelmeter full digital sudah jadi standarnya.

Bagi Baim, memilih Honda CBR250RR saat itu sangat murah melihat kelengkapan yang dimilikinya.

Mahasiswa ini pun menyukai mesin Honda CBR250RR yang memiliki spesifikasi mesin silinder ganda berkapasitas 249,7 cc, dengan daya maksimal 40 hp pada 11.000 rpm dan torsi 25 Nm. Gearbox manual 6-percepatan, sistem throttle elektronik throttle by wire, tersedia dalam 3 mode mengemudi termasuk Comfort, Sport dan Sport +.

Baim menilai CBR250RR sangat mudah dikendalikan untuk pertama kalinya. Secara khusus, mode berkendara yang halus, menghadirkan kenyamanan saat berkendara di jalanan yang padat. Namun ketika berbicara tentang tenaga, mode Sport + membuat perbedaan performa mesin pada kisaran 7.000 rpm.

Menurut Baim, respon throttle motor ini sangat menyenangkan, tidak seperti gas yang lembut dan lambat seperti model 300 cc yang pernah dia uji. Selain itu, saat mengendarai motor sport ini, Baim kerap mendapat perhatian para pejalan kaki. Terkadang ada pertanyaan dari mereka tentang motor ini setiap berhenti di lampu merah.

Bicara soal perawatan motor ini, Baim cukup puas karena sesuai dengan kriteria merek Jepang: "Sehat dan awet". Untuk pelajar seperti Baim, Rp 2-3 juta sudah lebih dari cukup untuk mendukung perawatan motornya.

Sejak pertama menggunaan Honda CBR250RR, Baim hanya mengeluarkan biaya untuk perawatan berkala seperti penggantian oli, penggantian filter oli. Setiap penggantian oli setelah 3.000km membutuhkan biaya sekitar Rp 600 ribuan, tetapi untuk Baim, untuk menempuh jarak 3.000km, Baim biasanya membutuhkan 3 sampai 4 bulan.

Sejak pertama membeli motor ini, Baim belum mengalami penggantian komponen yang vital. Kecuali Baim telah mengganti satu set ban Michelin Pilot Street untuk lebih memuaskan pengalamannya berkendaranya.

Bicara soal konsumsi bahan bakar, Honda CBR250RR butuh sekitar 3-4L / 100km saat di dalam kota, tapi saat di jalan bebas hambatan hanya butuh sekitar 2.5L / 100km - setara dengan Honda SH 150i!

Setelah dua tahun digunakan dan menjadi kendaraan utamanya, Baim tetap puas dengan keunggulan yang melekat pada Honda CBR250RR. Namun, sisi negatifnya juga dirasakan olehnya.

Seperti suspensi Showa dimotor ini ternyata sangat empuk dan tidak bisa diatur. Karenanya, setiap kali melibas tikungan dengan kecepatan tinggi, Honda CBR250RR tidak terlalu membuat Baim merasa aman.

Berbicara tentang komentar: "Honda CBR250RR tidak layak menyandang nama RR", Baim menambahkan: "Bagi saya, tanda RR Honda berarti membawa semua keunggulan utama dari pabrikan merek Jepang ini.

Sama seperti Kawasaki yang memiliki seri ZX, dan baru-baru ini mereka juga telah merilis ZX25R. Bermesin 250 cc tetapi menggunakan mesin 4 silinder, memberikan suara knalpot yang hangat dan menggoda, sedangkan Honda CBR250RR masih hanya menggunakan mesin 2 silinder ".

Mengakhiri sharing, Baim mengatakan bahwa setelah dua tahun pemakaian, dirinya cukup lelah dengan bentuk sporty murni dari Honda CBR250RR. Walaupun saya sangat menyukai sensasi mengendarai motor sport saat touring dan sering melihat orang-orang di sekitar saya saat berlari di jalan, namun sakit punggung, bahu atau lengan mati rasa setelah berkendara tidak bisa dihindari.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat