Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa?

Honda PCX 160 2021 dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada awal tahun 2021 dengan berubahan total. Salah satu bagian yang paling banyak dibicarakan adalah jantung mekanisnya yang mengandalkan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus).

Dibandingkan mesin eSP biasa yang telah digunakan sebelumnya, ada banyak sekali perubahan pada komponen internal mesin. Disebutkan ada dua tujuan utama yakni mendapatkan performa lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.

Honda PCX 160 2021 andalkan mesin baru eSP+.

Ade Muhajir, Technical Division AHM menjelaskan jika teknologi eSP+ merupakan pengembangan dari teknologi eSP. Teknologi khas mesin eSP masih dipertahankan pada penggerak terbaru dari Honda PCX 160 ini.

"Konsep eSP+ ini sesuai dengan keinginan konsumen yang ingin mesin bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar," katanya disela bedah teknologi Honda PCX 160 secara virtual beberapa hari lalu.

Jika ditelisik, beda antara mesin eSP+ dan eSP bukan semata-mata penggunaan empat buah katup mesin kapasitas yang ditingkatkan loh, karena ada banyak sekali beda keduanya. Apa saja?

Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?

Teknologi Mesin eSP

Pada mesin skutik Honda berteknologi eSP, seperti yang digunakan Honda PCX 150, telah menerapkan teknologi mesin unggulan dari Honda. Misalnya ACG (Alternating Current Generator) starter, lalu roller rocker arm, piston yang ringan, kemudian rumah transmisi yang ringkas.

Mesin eSP+ Honda PCX 160 2021.

Tak hanya itu, ruang pembakaran juga dibuat ringkas, kemudian offset cylinder dan spiny sleeve, pendingin cairan, hingga transmisi otomatis yang disebut V-Matic.

Mesin eSP ini dikenal punya kinerja yang cukup halus, namun irit bahan bakar. Sayangnya secara performa, pada Honda PCX 150 terdahulu, kerap dibully oleh kompetitor terdekat karena kurang responsif.

Teknologi Mesin eSP+

Kemudian pada teknologi eSP+, juga mengadopsi teknologi mesin eSP. Hanya saja ketambahan beberapa ubahan lain untuk bisa menggapai konsep mesin yang lebih bertenaga dan juga minim gesekan.

"Makanya mesin eSP+ pakai empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan alur udara, penggunaan hyraulic tensioner, piston pil jet hingga crankshaft yang lebih rigid," sambung Ade.

Baca juga : Yamaha Nmax 155 2021 dan Honda PCX 160 2021 Kompak Naik Harga, Mana Yang Baiknya Dipilih?

Ruang bakar lebih ringkas di eSP+.

Tak hanya itu, kapasitas mesin juga ditingkatkan menjadi 157 cc. Dengan kapasitas mesin besar dan gesekan yang semakin minim, performa dari Honda PCX 160 berbeda jauh dari Honda PCX 150.

Spesifikasi Mesin Honda PCX 160 2021

Spesifikasi mesin berubah, kapasitasnya menjadi 157 cc berkat piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm, karakter mesinnya dibuat over bore. Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain knalpot baru. Penyakit gredek yang menjadi masalah pada mesin sebelumnya, diantisipasi dengan merombak komponen CVT.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

Harga Honda PCX 160 2021

Meski berubah total , harga yang ditawarkan untuk Honda PCX 160 ini masih masuk akal. Perbedaannya tak naik terlalu jauh. Saat dikenalkan, bedanya hanya Rp 507 ribu untuk tipe CBS dan Rp 1,108 juta untuk tipe ABS.

Ragam warna dan tipe Honda PCX 160 2021.

Kini harga Honda PCX 160 2021 tipe CBS diangka Rp 30,745 juta. Dan untuk Honda PCX 160 tipe ABS dilepas Rp 34,345 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.

Kesimpulan

Penyempurnaan mesin yang dilakukan Honda untuk PCX 160 benar-benar totalitas. Semuanya dilakukan untuk bisa menggapai performa mesin yang lebih baik tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Perubahan besar juga terjadi pada komponen CVT, yang diklaim minim gejala getar atau gredek saat akselerasi awal. Salah satunya dengan penggunaan mangkok kopling rapat, dengan hanya dua buah lubang saja.

Baca juga : Meski Diskon Honda PCX 150 2020 Menggiurkan, Ini Alasan Kenapa Honda PCX 160 2021 Lebih Pantas Untuk Dimiliki

Desain elegan masih jadi ciri khas Honda PCX.

Tentu jika dibandingkan antara Honda PCX 160 dan Honda PCX 150, performa keduanya berbeda sangat jauh. Dengan bobot yang relatif sama, Honda PCX 160 tentu memiliki power to weight ratio lebih baik.

Spesifikasi Honda PCX 160 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat