Intip Ubahan Mesin Honda Forza 250 2021, Ampuh Ungguli Yamaha Xmax 250 2021?

Dikenalkan di Indonesia bulan Februari 2021 lalu, Honda Forza 250 2021 resmi menyapa konsumen. PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan versi update dari skutik seperempat liternya itu.

Secara sekilas update yang dilakukan oleh Honda untuk skutik model globalnya itu memang tak terlalu terlihat. Ini lantaran ubahannya justru banyak pada bagian yang tak terlihat secara langsung.

Honda Forza 250 2021 andalkan mesin eSP+.

Salah satunya adalah ubahan besar pada mesinnya yang kini sudah mengusung teknologi eSP (Enhanced Smart Power+). Teknologi yang sama yang digunakan pada Honda PCX 160 2021 yang juga mengaspal awal tahun ini.

Lalu seperti apa ubahan mesin eSP+ pada Honda Forza 250 2021 dibandingkan Honda Forza 250 yang dikenalkan pertama kali tahun 2018 silam?

Baca juga : Honda Forza 250 2021 Kena Update, Teknologi Makin Canggih Harga Masih Rp 80 Jutaan

Teknologi eSP+

Sebelumnya Honda Forza 250 mengandalkan teknologi mesin eSP biasa, dengan spesifikasi 4-tak SOHC 4 katup pendingin cairan. Suplai bahan bakar sudah injeksi khas Honda yakni PGM-FI.

Mesin Honda Forza 250 2021.

Namun pada generasi kedua ini, ditingkatkan lagi menjadi eSP+. Sejumlah perubahan pada komponen internal mesin dilakukan Honda. Seperti penggunaan hydraulic cam chain tensioner, sehingga tensioner rantai keteng tak lagi menggunakan per.

Salah satu fungsi tensioner tanpa per itu untuk menjaga ketegangan rantai keteng selalu stabil. Kinerjanya pun menjadi lebih halus dan ikut mempengaruhi efisiensi bahan bakar jadi lebih baik lagi.

Kemudian ada piston oil jet yang bertugas menyemprotkan pelumas langsung menuju piston. Untuk mendukung kinerja keduanya, pompa oli juga di-upgrade untuk bisa mensirkulasikan oli lebih baik.

Baca juga : Diskon Honda Forza di 2021 Tembus Rp 12 Juta, Berminat?

Tensioner rantai keteng anadlkan hidrolis.

Lalu ada tambahan balancer untuk mereduksi getaran mesin supaya lebih halus. Namun efeknya bobot mesin juga jadi bertambah, lebih berat dari mesin generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, desain sekat perut knalpot juga ditata ulang, untuk mendapatkan karakter suara yang lebih merdu. Hal ini juga untuk mereduksi gas buang berbahaya hasil dari sisa pembakaran.

Konfigurasi Mesin Berubah

Karakter mesin yang hampir square (diameter piston dan langkah piston hampir sama), berganti menjadi over stroke (langkah piston lebih besar dari diameter piston). Dari sebelumnya andalkan paduan piston 68 mm dan langkah piston 68,5 mm, kini berganti menjadi 67 mm dan 70,7 mm.

Secara output mesin relatif sama, meski pada generasi eSP+ ini ada sedikit penurunan tenaga dari sebelumnya 23,5 PS menjadi 23,1 PS. Untungnya momen puntir yang dihasilkan masih sama kuat 24 Nm.

Baca juga : Dibanderol Lebih Mahal Dari Yamaha Xmax 2021, Apa Keunggulan Honda Forza 2021 Sehingga Lebih Layak Dipilih?

Balancer pada mesin Honda Forza 250 2021.

Dengan konfigurasi mesin yang over stroke, otomatis karakter mesin pun berubah. Umumnya mesin over stroke memiliki respon mesin yang kuat pada putaran rendah sampai menengah.

Dengan demikian, Honda nampak ingin membuat skutik ini lebih nyaman dan responsif kala digunakan pada jalanan perkotaan. Efek lainnya, konsumsi bahan bakar seharusnya akan lebih efisien karena pengendara tak perlu membuka gas terlalu besar.

Ungguli Yamaha Xmax 250 2021

Meski sama-sama bermesin 250 cc, soal performa Yamaha Xmax 250 2021 sedikit di bawah Honda Forza 250. Tenaganya mencapai 22,8 PS pada 7.000 rpm dengan torsi hingga 24,3 Nm pada 5.500 rpm.

Ya walau pada generasi terbarunya Honda Forza 250 2021 ada sedikit penurunan output tenaga, namun masih tetap unggul dengan torehan 23,5 PS. Namun torsinya kalah kuat dari gacoan Yamaha itu dengan 0,3 Nm lebih rendah.

Baca juga : Modal Rp 60 Jutaan, Pilih Yamaha Xmax 250 2021 Atau Honda Forza 250 Bekas?

Yamaha Xmax 250 2021, musuh berat Honda Forza 250 2021.

Spesifikasi mesin Yamaha Xmax 250 SOHC 4 katup pendingin cairan, Blue Core. Pakai paduan piston 70 mm dengan langkah piston 64,9 mm. Mesinnya berkarakter over bore, yang kuat pada putaran atas.

Sedangkan Honda Forza 250 andalkan  mesin eSP+, pakai piston 68 mm dengan langkah piston 68,5 mm. Karakter mesin keduanya berbanding terbalik. Tentunya hal ini sudah diperhitungkan oleh tiap pabrikan.

Kesimpulan

Ubahan pada Honda Forza 250 2021 memang tak langsung terlihat, namun bisa dirasakan. Seperti kinerja mesin lebih halus berkat teknologi eSP+ serta karakter mesin yang berubah, berkat konfigurasi mesin yang over stroke.

Baca juga : Tergoda Kredit Honda Forza 2021, Simak Dulu Cicilannya

Honda Forza 250 2021 termahal di segmennya.

Dengan mesin barunya itu pula, skutik ini menjadi lebih tepat digunakan untuk dalam kota yang banyak stop & go. Efisiensi mesin pun diklaim tetap terjaga berkat penerapan teknologi terkini yang dibuat minim friksi.

Namun yang patut diingat, harga jual Honda Forza 250 2021 ini jadi yang paling mahal. Disaat kompetitor lainnya masih berkutat diangka Rp 60 jutaan, Honda Forza 250 2021 melenggang sendiri dengan banderol Rp 84,645 juta on the road Jakarta.

Spesifikasi Honda Forza 250 2021
Dimensi
P x L x T 2.142 x 750 x 1.360 mm
Sumbu Roda 1.510 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 186 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 67 x 70,7 mm
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Starter Elektrik
Tenaga Maksimal 23,1 PS @ 7.750 rpm
Torsi Maksimal 24 Nm @ 6.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
   
Harga Rp 84,645 juta
*harga on the road Jakarta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Forza 250
Lihat