Tangki Bensin Tambah Besar, Honda Forza 250 2021 makin Irit?

Sekilas, tak ada ada perubahan besar pada diri Honda Forza 250 2021. dari segi tampilan, pembeda utama terlihat pada desain baru lampu sein saja. Namun, fakta berkata lain setelah menilik rancang bangun utama. Pasalnya, dari situ pula diketahui jika tangki bensin Honda Forza turut membesar. Pertanyaannya, apakah hal ini membuatnya makin irit? 

Perubahan tampilan Honda Forza 250 2021 minor.

Untuk diketahui, dimensi Honda Forza 250 2021 sendiri mengalami sedikit revisi dibanding model pendahulu. Kini, Forza generasi terbaru memiliki total ukuran 2.145x 750 x 1.360 mm (P x L x T). Bandingkan dengan Honda Forza 250 2020 dengan ukuran 2.142 x 754 x 1.472 mm. Walau ringkas lantaran lebih kecil dan pendek, Honda Forza 2021 dirancang sedikit lebih panjang bukan?

Konsumsi BBM Honda Forza 250 2021

Hal ini rupanya dilakukan pabrikan untuk menambah kapasitas tangki bahan bakar Honda Forza 250 terbaru. Jika sebelumnya berkapasitas 11,5 liter. Maka, Forza edisi 2021 sudah punya tampungan bensin sebanyak 11,7 liter. Alhasil, tercatatlah konsumsi BBM Honda Forza 250 2021 sebesar 33 km/liter. Memang tidak terlalu istimewa karena pencapaian dengan metode WMTC (World Motorcycle Test Cycle) itu jua dicatat oleh Forza terdahulu.

Baca juga: Honda Forza 250 2021 Kena Update, Teknologi Makin Canggih Harga Masih Rp 80 Jutaan

Selain penambahan volume tangki bensin, posisi radiator Honda Forza 2021 juga diubah.

Akan tetapi, Honda turut mengoptimalkan distribusi bobot dengan cara mengubah beberapa hal. Misalnya saja tangki bensin. Selain penambahan kapasitas, desain dari wadah bahan bakarnya pun ikut berubah. Bukan cuma itu. Posisi radiator yang sebelumnya di belakang, kini berpindah ke bagian depan tangki bensin. Itu kenapa, perbedaan jua menyasar kepada detail dari sasis itu sendiri.

Konfigurasi Berubah, Output tetap Sama

Menurut hemat kami, penambahan volume tangki bensin tadi juga menjadi solusi atas ubahan di sektor mesin. Seperti disampaikan pihak PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu, Perancangan mesin Honda Forza 250 2021 berbeda dengan Forza lama. Desain cyclinder head berubah, ditunjukkan pada penetapan bore x stroke: 67 x 70,7 mm. Tentu ada perbedaan karakter dibanding Forza lama dengan racikan diameter dan langkah piston 68 x 68,6 mm.

Karakter mesin Honda Forza 250 2021 berubah menjadi overstroke.

Walau begitu, output yang dihasilkan Honda Forza 2021 tetap 23,1 PS @ 7.750 rpm dan 24 Nm @6.250 rpm. Mungkin sebagian dari Anda berharap lebih akan sektor ini. Terlebih lagi, pihak Honda sudah menyematkan mesin eSP+ terhadap Forza 250 2021 ini. 

Mesin Baru Honda Forza 250 2021 lebih Berat

Seperti halnya Honda PCX 160 2021, Honda Forza 2021 mengalami pengembangan pada perangkat yang berkaitan dengan kinerja mesin. Sebagai contoh pengaplikasian hydraulic cam chain tensioner. Dikarenakan tensionernya tak lagi menggunakan per, maka ketegangan rantai keteng tetap stabil. Hal ini berdampak positif di mana membuat suara menjadi lebih halus. 

Baca juga: Kapasitas Mesin Bertambah Honda PCX 160 tetap Irit, Kok Bisa?

Seperti Honda PCX 160, Honda Forza 250 2021 juga menggunakan hydraulic cam chain tensioner.

Ada pula piston oil jet. Tugasnya menyemprotkan pelumas langsung menuju piston. Penyemprotan oli ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya knocking dan pembakaran yang terlalu cepat. Dengan begitu, output dapat tersalur dengan baik. 

Lalu, ada tambahan balancer untuk mereduksi getaran mesin supaya lebih halus. Namun, penambahan ini justru membuat bobot mesin Honda Forza 250 2021 bertambah berat. Disampaikan PT AHM, bobot mesin versi teranyar mencapai 43,2 kg. Sementara berat mesin Honda Forza lama adalah 41,3 kg. Faktanya, timbangan keseluruhannya pun terkerek naik. Jika model sebelumnya berbobot total 182 kg, maka Forza baru adalah 186 kg. 

Walau sama gambot, Yamaha XMax punya bobot lebih ringan daripada Honda Forza 250.

Baca juga: Intip Ubahan Mesin Honda Forza 250 2021, Ampuh Ungguli Yamaha Xmax 250 2021?

Yamaha XMax lebih Ringan

Berkaitan itu pula, selisih bobot Honda Forza 250 dengan Yamaha XMax semakin jauh. Skutik gambot buatan Yamaha Indonesia tercatat punya berat 179 kg saja. Tidak hanya itu. XMax lebih unggul dalam berakselerasi. Ini didapat karena mesinnya dirancang overbore (70 x 64,9 mm). Meski tenaganya 22,8 PS @7.000 rpm (kalah dari Forza 250), Yamaha XMax mampu menorehkan momen puntir 24,3 Nm @5.500 rpm (di atas Honda Forza).

Kesimpulan

Secara teknis, cukup banyak perubahan pada Honda Forza 250 2021. Sebagai contoh rangka nyatanya ikut berkaitan pula dengan penambahan volume tampungan bensinnya. Meski begitu, hal tersebut tidaklah berpengaruh terhadap efisiensi. Toh, konsumsi BBM Honda Forza 250 baru masih sama seperti Forza lama. 

Justru penambahan itu menurut kami merupakan bagian dari penyesuaian dari mesin baru Honda Forza 250 itu sendiri. Telah dipaparkan di atas, mesin eSP+ yang dipikulnya itu punya rancangan berbeda. Buka cuma soal racikan bore x stroke, melainkan juga penambahan item-item untuk meningkatkan efektivitas kerja mesin. Namun, tak dipungkiri pula bahwa bobot mesin itu lebih berat. Alhasil, berpengaruh pula terhadap bobot skutik Rp84,645 juta ini (semakin berat).

Spesifikasi Honda Forza 250 2021
Dimensi
P x L x T 2.142 x 750 x 1.360 mm
Sumbu Roda 1.510 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 186 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 67 x 70,7 mm
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Starter Elektrik
Tenaga Maksimal 23,1 PS @ 7.750 rpm
Torsi Maksimal 24 Nm @ 6.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

     

 

Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Forza 250
Lihat