Jadi Motor Bebek Termahal, Ini Lima Hal Menarik dari Honda CT125 2021

Dilihat dari harganya, Honda CT125 2021 tidak bisa dibilang murah. Oleh PT Astra Honda Motor (AHM), motor ini dijual dengan harga Rp76,8 juta (on the road Jakarta). Penetapan demikian lah yang membuat Honda CT125 menjadi motor bebek termahal di Indonesia. 
 
Bukan tanpa alasan banderol Honda CT125 2021 dibuat sedemikian mahal. Selain merupakan produk CBU (completely bulid up), desainnya juga berbeda dengan motor bebek kebanyakan. Pun halnya dari Honda Super Cub C125 2021, selaku pemilik basis rancang bangun. Lantas apa yang membuatnya layak dibeli? Berikut hal menarik dari Honda CT125. 

Honda CT125 2021 menawarkan sejarah sekaligus desain bak motor tualang.

Latar Belakang Sejarah 

Usai pamer tampang di arena Tokyo Motor Show 2019, Motor ini kemudian mengaspal di Indonesia pada Agustus 2020. Serupa pula dengan Honda Super Cub C125, penawaran terhadap Honda CT125 jua tak lepas dari sejarah yang melatarbelakangi perjalanannya. Seperti disampaikan pihak PT AHM, motor ini merupakan pengembangan dari Honda Super Cub. 

Meski begitu, sosoknya sangat jauh dari kesan bebek kota. Jika pun ditarik mundur, sajian ala motor tualang itu sudah lebih dulu terlihat pada Honda CA100T Trail 50 kala itu (1961). Konsep ini disebut-sebut menjadi jawaban terhadap pasar domestik Jepang saat itu - butuh kendaraan roda dua untuk menemani giat luar ruang. 

Akan tetapi, nama CT sendiri pertama kali diusung Honda pada 1964 lewat Honda CT200. Suguhannya sangat lah unik lantaran meyajikan setang tinggi dan minim sekali penggunaan panel bodi. Tampilannya pun semakin nyetrik lantaran mengaplikasikan knalpot menjulang ala motor scrambler.

Baca juga: Honda CT125 Resmi Mengaspal di Indonesia, Jadi Motor 125 cc Termahal di Indonesia?

Knalpot menjulang dan skid plate menjadi ciri khas bebek bernuansa trail ini.

Setelah kurang lebih 60 tahun, bahasa desain tersebut dihadirkan kembali pada Honda CT125. Hanya saja, pabrikan sayap kepak menerjemahkannya dengan perspektif yang lebih modern. Penyajian itupun dapat Anda lihat pada Honda CT125 2021 sekarang ini. 

Cocok Melahap Medan Off Road

Sebagaimana desainnya tadi, Honda CT125 2021 cocok diajak melahap medan off road. Memang bukan untuk rute yang kepalang berat, mengingat ground clearance Honda CT125 ini hanya 165 mm. Jelas punya selisih jauh dengan motor trail sejati seperti Honda CRF150L 2021 dengan jarak kolong mencapai 285 mm. Artinya, bakal lebih tinggi pula setelan tempat duduknya.  

Walau begitu, Honda CT125 jelas tak seintimidatif itu. Ketinggian jok Honda CT125 2021 hanya 800 mm. Pengendalian terhadapnya pun jauh lebih bersahabat dengan padu padan dimensi 1.960 x 805 x 1.085 mm (P x L x T) dan bobot 120 kg. Kapabilitasnya menaklukkan medan non-aspal jua ditunjang oleh keberadaan skid plate untuk melindungi mesin.  

Impresi berkendara ala motor trail ditawarkan Honda CT125 2021 melalui setang tinggi. 

Baca juga: Selain Murah, Ini Lima Hal Paling Menarik dari Honda Beat

Mesin Injeksi

Honda CT125 dibekali dengan mesin 125cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara ini mampu memberikan respon yang menyenangkan di perkotaan maupun pengalaman berkendara motor yang nyaman untuk trekking dan turing. 

Motor ini memiliki bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9,3:1. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah sekitar 8,8 PS dicapai pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 11 Nm di rpm 4.500. 

Fitur Modern

Senada dengan perancangan yang modern tadi, Honda CT125 2021 pun mengaplikasikan hal tersebut via sematan penerangan LED. Item ini bisa dilihat langsung pada lampu depan, belakang hingga lampu sein. Begitu pula dengan panel meter. Walau simple, penyajian informasi kendaraan pada Honda CT125 sudah sepenuhnya digital. 

Honda CT125 menyajikan panel meter digital.

Dilengkapi Sistem ABS

Pada bagian kaki-kaki, Honda CT125 2021 memakai suspensi teleskopik dan sepasang shock absrober. Kedua bagian peredam kejut kemudian dipasangkan dengan ban ukuran 17 inci seragam (sama-sama berukuran 80/90-17 inci). Sementara untuk siste pengeremannya, mengandalkan cakram dengan lingkar 220 mm di depan dan 190 mm di belakang. Khusus pengereman dengan sudah dilengkapi sistem ABS (antilock braking system). 

Tangki Bensin Besar

Sudah disebutkan di awal, perancangan Honda CT125 2021 tak lepas dari adanya Honda Super Cub. Akan tetapi, secara dimensi motor ini lebih besar dari Honda Super Cub C125 yang ada saat ini. Hal tersebut pun berdampak pada kapasitas tangki bahan bakarnya. 

Baca juga: Penggarapan Kawasaki Ninja ZX-4R 2022 Nyata, Ini Buktinya!

Tangki bensin Honda CT125 besar untuk ukuran motor bebek.

Honda CT125 2021 punya tampungan bensin sebanyak 5,3 liter. Terpaut lumayan banyak dengan Honda Super Cub C125 dengan kemampuan menenggak bensin hanya 3,7 liter. Hal ini tentu bakal menenangkan pembeli Honda CT125 2021. Yang berarti, tak mesti khawatir kehabisan bensin meski sedang berada di jalur offroad. Apalagi tipikal mesin Honda yang terkenal irit bahan bakar. 

Kesimpulan

Dengan label harga Rp76,8 juta, peruntukkan Honda CT125 memang tak sekadar menjadi transportasi semata. Dengan uang tersebut, tentu saja sang motor ditujukan bagi pehobi berkantong tebal. 

Belum lagi sejarah yang mengikuti penetapannya sebagai motor bebek termahal. Kendati begitu, beberapa perbekalan pun terbilang layak seandainya Anda tertarik untuk membelinya. Sebut saja kelengkapan yang tak ubahnya petarung alam terbuka. Belum lagi perlengkapan semacam lampu LED, panel meter digital hingga rem bersensor.  

Baca juga: Selain Harga, Ini Empat Alasan Honda Beat 2021 Sejawat Dipilih Masyarakat

Spesifikasi Honda CT125 2021
Tipe Mesin Air-Cooled, 4-Stroke, SOHC Single Cylinder
Kapasitas Mesin 124,89cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,3 : 1
Tipe Transmisi Manual 4-percepatan
Tenaga Maksimum 8,8 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 11 Nm @ 6.500 rpm
Panjang x Lebar x Tinggi 1.960 x 805 x 1.085 mm 
Tinggi Tempat Duduk 800 mm
Jarak Sumbu Roda 1.255 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Berat Kosong 120 kg
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Dua shock
Ban Depan 80/90-17
Ban Belakang 90/90-17
Rem Depan Disc brake, ABS
Rem Belakang Disc brake
Tangki Bensin 5,3 liter

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CT125
Lihat