Honda CBR250RR makin Mahal, PWR-nya Paling Baik?

Performa acap kali menjadi acuan khalayak dalam memilih motor sport 250 cc. Terlebih lagi di pasar Indonesia yang nyatanya menyediakan beragam pilihan. Salah satu opsinya pun ada pada Honda CBR250RR 2021. Dan, bagi sebagian besar penyuka motor fairing, dialah pilihan yang ideal.

Honda CBR250RR pilihan ideal di segmen motor sport 250 cc dua silinder.

Selain Honda CBR250RR, khalayak sebenarnya bisa memilih kuda besi lain. Sebut saja Yamaha YZF-R25, Kawasaki Ninja 250 SL, Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Ninja ZX-25R atau KTM RC250. Lantas, apa yang membuat motor buatan PT Astra Honda Motor (AHM) layak dibeli ketimbang pilihan tersebut?

Harga Honda CBR250RR Naik per Juni 2021

Toh, dari sisi harga Honda CBR250RR tergolong mahal. Pada April 2021 lalu, banderolnya Rp61,6 juta untuk tipe terendah. Sementara pada varian tertinggi, mencapai Rp77,7 juta (on the road Jakarta). Penyesuaian lantas dilakukan kembali oleh pemegang merek pada Juni 2021 ini. Sekarang harga Honda CBR250RR 2021 menjadi Rp61,7 juta hingga Rp77,8 juta.

Memang hanya naik Rp100 ribu saja dibanding penetapan sebelumnya. Akan tetapi, tetap saja nominal tersebut memberikan selisih dengan para rival. Utamanya sesama pengguna mesin dua silinder seperti Yamaha R25 2021 dan Kawasaki Ninja 250 2021.

Honda CBR250RR Tricolor menjadi varian terbaru yang diluncurkan tahun ini.

Baca juga: Pesaing Honda CBR250RR Siap Meluncur, Jual Tampang ala Ducati Panigale V2

Kendati begitu, lagi-lagi kenaikan itu tak seberapa dengan bekalan yang dimilikinya. Sebut saja pada sektor mesin. Berbekal mesin DOHC dua silinder dengan kapasitas 249,7 cc, Honda CBR250RR 2021 mampu mengail daya 41 PS @13.000 rpm dan torsi maksimal 25 Nm @11.000 rpm.

Di atas kertas capaian Honda CBR250RR di atas rival selevelnya tadi. Misalnya saja Yamaha R25 dengan kemampuan masing-masing 36 PS @12.000 rpm dan 23,6 Nm @10.000 rpm. Lalu Kawasaki Ninja 250 lewat torehan 39 PS @12.500 rpm dan 23,5 Nm pada putaran mesin 10.000 rpm.

Bagaimana dengan Power to Weight Ratio (PWR) Honda CBR250RR 2021?

Besarnya output Honda CBR250RR 2021 jua tak lepas dari bobot. Pasalnya, dialah pemilik timbangan paling berat diantara para lawannya tadi. Lalu, bagaimana dengan power to weight ratio alias PWR Honda CBR250RR?

Meski paling berat, Honda CBR250RR 2021 terbukti punya power to weight ratio lebih baik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR250RR 2021, Motor Sport 250 2 Silinder Paling Kuat Saat Ini

Menurut persepsi kami, penghitungan PWR didapat dari hasil bagi antara bobot dan tenaga (Kg/PS). Jika pun disimulasikan terhadap unit paling berat (Honda CBR250RR ABS), berarti rumus hitungnya adalah 168 kg : 41 PS = 4,097 kg/PS. Artinya, Honda CBR250RR menanggung beban sebanyak 4,097 kg setiap keluaran 1 PS-nya.

Catatan PWR Lawan Honda CBR250RR

Mari kita bandingkan dengan PWR kompetitor sesama ABS. Yamaha R25 ABS punya catatan PWR 4,61 kg/PS dari hasil bagi 166 kg : 36 PS. Sementara power to weight ratio Kawasaki Ninja 250 ABS sebesar 164 kg : 49 PS = 4,2 kg/PS. Dari sini terlihat bahwa PWR Honda CBR250RR masih paling baik dari pesaing utamanya.

Yamaha R25 memiliki PWR paling buncit. 

Baca juga: Review Pemilik: Selama 3 tahun, Honda CBR250RR memang bermanuver dengan mudah, BBM Irit, biaya perawatan hemat?

Fitur Honda CBR250RR Komplet

Bukan semata PWR, keunggulan Honda CBR250RR jua tak lepas dari ketersediaan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja ihwal sistem bukaan gas berteknologi throttle by Wire.

Saat tuas gas dipuntir, Accellerator Position Sensor (APS) akan mengirimkan sinyal ke Electronic Control Unit (ECU). Selanjutnya, ECU akan mengatur terbukanya katup pada Throttle Body (TB) sesuai data yang diterima ECU. Dengan kata lain, sensor elektronik tersebut memberikan output sesuai bukaan gas.

Honda CBR250RR adalah satu-satunya motor sport 250 cc 2 silinder yang dilengkapi dengan mode berkendara atau Riding Mode. Terdapat 3 mode berkendara yang dapat dipilih sesuai dengan karakter pengendaranya.

Pada varian teratas Honda CBR250RR 2021, sudah dilengkapi quick shifter.

Baca juga: Asyik Ada Pemutihan Denda Pajak Lagi, Catat Lokasi dan Waktunya!

Tiga mode berkendara tersebut, antara lain Comfort, Sport, dan Sport +. Mode Comfort bisa digunakan untuk berkendara santai atau berkendara harian. Sedangkan mode Sport atau Sport +, bisa digunakan untuk mengejar performa maksimal.

Perangkat girboks Honda CBR250RR juga sudah disusupi Assist and Slipper Clutch. Bahkan Anda pembeli varian tertinggi yakni Honda CBR250RR SP QS, mendapatkan fitur tambahan berupa quick shifter. Fitur ini dapat mengoptimalkan perpindahan gigi, sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling.

Dengan begitu, pengedara dapat lebih fokus dalam bermanuver. Berkat fitur yang identik pada motor balap ini pula pemilik Honda CBR250RR dapat berakselerasi secara lebih responsif. Pasalnya, quick shifter ini juga meminimalisir jeda waktu saat terjadinya perpindahan gigi.

Inikah pilihan ideal Anda di segmen 250 cc?

Baca juga: Keren! Skutik Listrik Cina, Felo FW06 Punya Jarak Tempuh di Atas Honda PCX Listrik

Kesimpulan

Seperti penyampaian di atas, Honda CBR250RR hadir sebagai pilihan khususnya di kategori sport 250 cc dua silinder. Namun tak dipungkiri bahwa motor seperempat liter Honda ini dikego paling mahal ketimbang Yamaha R25 bahkan Kawasaki Ninja 250.

Meski begitu, selisih harga darinya itu cukup layak lantaran secara fitur dia lebih banyak. Paling signikan ialah penyematan serupa mode berkendara dan quick shifter, di mana kedua hal ini absen pada sang lawan. Lalu dari sisi teknis. Honda CBR250RR mencatatkan PWR terbaik di kategori motor sport 250 cc dua silinder.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat