Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Performa Honda PCX e:HEV dan Honda PCX 160 2021

Honda PCX e:HEV 2021 dan Honda PCX 160 2021, benar-benar bak pinang dibelah dua. Selain punya penampilan identik, keduanya juga sudah mengusung mesin baru bertajuk eSP+. Meski serupa, nyatanya kedua Honda PCX memiliki perbedaan dalam hal performa.

Berbeda dari sebelumnya, generasi terbaru Honda PCX kini sudah mengandalkan pasokan mesin berkapasitas total 156,9 cc. Dengan jantung mekanis tersebut Honda PCX 160 2021 mampu menghasilkan daya 16 PS @8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Honda PCX Hybrid sudah menggunakan mesin eSP+.

Baca juga: Lebih Mahal dari Honda PCX 160, Ternyata Ada Lima Alasan Honda PCX Hybrid 2021 Layak Dibeli

Output Tambahan Berkat Adanya Baterai dan Motor Assist 

Bekalan itu pula yang kemudian digendong oleh Honda PCX Hybrid 2021. Bedanya, model ini kedapatan dua buah baterai lihium-ion 50.4 v-4 Ah dan motor assist sebagai sumber pemasok daya tambahan. Baterai tersebut akan menggerakkan ACG (alternator current generator) Starter yang tak lain bertugas sebagai motor assist.  

Kinerja motor assist bisa dirasakan saat buka gas mendadak (snapping). Ketika snapping dilakukan, akan ada sinyal yang terkirim ke PDU (power drive unit). Dari situlah PDU mengirimkan listrik untuk motor assist.

Proses snapping yang dilakukan pengendara, akan memberikan sinyal ke PDU (power drive unit). PDU ini kemudian memberikan listrik untuk ACG Starter sebagai motor assist. Berkat itu pula output Honda PCX Hybrid 2021 mendapatkan tambahan output masing-masing sebesar 1,9 PS di 3.000 rpm dan 4,3 Nm @3.000 rpm.

Seperti ini skema kerja Honda PCX Hybrid 2021.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Honda PCX e:HEV 2021, Skutik Hybrid Pertama di Indonesia

Snapping bisa Dilakukan hingga 25 Kali

Pengendara Honda Hybrid 2021 bisa melakukan snapping berkali-kali, tergantung daya baterai. Jika baterai lithiium-ion penuh, snapping bisa dilakukan sebanyak 20 sampai 25 kali. Dengan adanya 'doping' tersebut, sensasi yang ditawarkan Honda PCX Hybrid pastilah lebih menyenangkan ketimbang Honda PCX 160 2021. 

Terlebih lagi, kelebihannya ini bisa dieksplorasi melalui tiga mode berkendara yakni drive, sport dan idle.Untuk drive, motor assist akan bekerja dengan tetap menjaga efisiensi bahan bakar.

Honda PCX Hybrid lebih Irit daripada Honda PCX 160

Lalu mode sport, output power assist akan lebih besar dan akselerasi lebih cepat. Sementara mode idle, memiliki impresi serupa mode drive, namun fitur idling stop system dalam kondisi mati. 

Honda PCX Hybrid disemati mode berkendara.

Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik Honda PCX di Indonesia, Berawal Dari Produk CBU Hingga Dirakit Lokal

Tak cuma unggul dalam hal performa, bonus konsumsi bahan bakar jua diberikan Honda PCX Hybrid. Dari data tes internal, konsumsi bensin Honda PCX e:HEV tercatat 55,4 km/liter, sementara Honda PCX 160 diangka 53,5 km/liter.

Dengan teknologi yang terbilang canggih, ada harga yang harus dibayarkan pastinya. Banderol Honda PCX e:HEV 2021 menyentuh Rp 43,650 juta on the road Jakarta. Banderol tersebut jauh di atas Honda PCX 160 dengan panetapan Rp 34,445 juta pada Honda PCX 160 ABS 2021.

Serupa dengan varian atas PCX bermesin konvensional, Honda PCX Hybrid jua sudah ketambahan sistem pengereman ABS (anti-lock braking system) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Pembeli juga tak perlu khawatir soal baterai karena usia pakainya cukup panjang. Sekalipun harus diganti, harga baterai Honda PCX Hybrid dilego sekitar Rp7 jutaan.

Honda PCX Hybrid memiliki emblem e:HEV sebagai salah satu pembeda dengan Honda PCX 160 2021.

Kesimpulan

Honda PCX Hybrid 2021 memang dijual lebih mahal ketimbang Honda PCX 160 2021. Tapi, pembeli varian berpelengkap baterai dan motor assist, mendapatkan sensasi berbeda ihwal performa. Lonjakan output yang didapat dari hasil snapping juga dapat dilakukan berulang kali. Dengan membelinya pun, Anda turut pula mendapatkan pendukung keselamatan berupa ABS dan HSTC.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat