Ketika Anda memiliki dana Rp 80 jutaan, mengincar motor bermesin 250 cc, nyaman dikendarai dan canggih, baiknya Honda Forza 250 2021 jangan lupa untuk dimasukkan dalam daftar incaran.
Apalagi skutik ini juga baru awal tahun ini mendapatkan update yang terhitung signifikan, mulai dari desain, mesin dan teknologi yang diusungnya. Menarik?
Nah, mari ketahui lebih dulu fakta-fakta menarik dan pertanyaan yang sering ditanyakan terkait skutik satu ini. Supaya yakin kalau rekomendasi kami ini layak diperhitungkan.
Baca juga : Channel Youtube MotoFun Punya Video Baru, Bahas Detail Ubahan Honda Forza 250 2021
Yes, Honda Forza 250 2021 menggunakan mesin baru berteknologi eSP+ sama seperti Honda PCX 160 2021. Mesin ini menggunakan tensioner rantai keteng hidrolis, ada piston oil jet, terdapat balancer juga untuk membuat kinerjanya halus.
Karakter mesinnya juga berubah, dibuat over stroke dengan konfigurasi piston 67 mm dan langkah piston 70,7 mm. Beda jauh dari mesin model sebelumnya yang andalkan piston 68 mm dan langkah 68,5 mm.
Baca juga : Banderol Honda Forza 250 2021 Naik Rp 800 Ribuan, Fitur Ditingkatkan Demi Sikat Yamaha Xmax 250 2021!
Pendinginan mesin juga diklaim lebih baik karena posisi radiator yang tadinya berada tepat di depan mesin, kini dipindah di belakang roda depan. Pastinya supaya lebih mudah menangkap udara.
Ini termasuk fitur yang banyak disukai orang-orang, naik-turun windshield cukup pencet tombol saja. Berasa punya Honda Goldwing yang harganya Rp 1 milyar lebih!
Pada update terakhir pergerakan windshield dibuat lebih tinggi 40 mm, supaya bisa menghalau angin lebih baik, saat melaju kencang. Pinion gear yang digunakan sebagai penggerak dibuat lebih panjang.
Baca juga : Intip Ubahan Mesin Honda Forza 250 2021, Ampuh Ungguli Yamaha Xmax 250 2021?
Iya, sebenarnya ini imbas dari pindahnya radiator tadi. Karena posisi radiator pindah, ada celah kosong yang dimanfaatkan oleh Honda untuk menambah kapasitas tangki bahan bakarnya.
Kapasitas tangki hanya bertambah 0,2 liter saja, sehingga kapasitas total tangki bahan bakarnya kini menjadi 11,7 liter. Cukup besar, terlebih untuk penyuka touring, jadi tak sering-sering mampir SPBU.
Ini termasuk fitur keselamatan baru dari Honda Forza 250 2021. Emergency Stop Signal (ESS) berupa kedipan lampu sein dengan cepat, jika pengendara melakukan pengereman mendadak.
Baca juga : Tangki Bensin Tambah Besar, Honda Forza 250 2021 makin Irit?
Fitur ESS ini akan aktif ketika mendeteksi deselerasi lebih dari 6 meter / detik dan laju motor lebih dari 50 km/jam. Cara kerjanya terhubung dengan sensor ABS dan kecepatan.
Skutik 250 cc di Indonesia termasuk banyak pemainnya, dan persaingannya cukup ketat. Ada Yamaha Xmax 250 2021, Kymco X-Town 250i 2021, Kymco Downtown 250i 2021.
Baca juga : Honda Forza 250 2021 Kena Update, Teknologi Makin Canggih Harga Masih Rp 80 Jutaan
Jangan lupakan juga SYM GTS 250i 2021 dan Benelli Zafferano 2021. Rata-rata kompetitornya dirakit lokal dan ada pula yang CKD, namun Honda Forza 250 sendiri full CBU dari Thailand.
Ya memang faktanya seperti itu. Pertama karena motor ini berstatus CBU dari Thailand, tentu pajak yang dikenakan untuk skutik ini lebih mahal daripada motor yang dirakit lokal atau bahkan CKD.
Kemudian teknologinya terhitung lebih canggih dari para kompetitornya. Ingat, hanya Honda Forza 250 yang dibekali ESS dan windshield adjustable otomatis loh. Jadi harga Rp 84,645 juta on the road Jakarta rasanya wajar saja.
Spesifikasi Honda Forza 250 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.142 x 750 x 1.360 mm | |
Sumbu Roda | 1.510 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 780 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Berat Isi | 186 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 67 x 70,7 mm | |
Rasio Kompresi | 10,2 : 1 | |
Starter | Elektrik | |
Tenaga Maksimal | 23,1 PS @ 7.750 rpm | |
Torsi Maksimal | 24 Nm @ 6.250 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Harga | Rp 84,645 juta | |
*harga on the road Jakarta |