Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?

Akhirnya kami bisa merasakan langsung Honda PCX 160 2022, dan langsung mengeksekusi dengan beragam pengujian seperti yang bisa kami lakukan. Salah satunya adalah pengetesan akselerasi menggunakan alat khusus, yakni Racebox.

Tentunya hal ini membuat penasaran, lantaran motor matic ini mengandalkan mesin baru dengan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus). Ekspektasi orang pada mesin ini sangat tinggi, terlebih ada banyak sekali perubahan pada komponen internal mesin.

Ade Muhajir, Technical Division AHM menjelaskan jika teknologi eSP+ merupakan pengembangan dari teknologi eSP. Teknologi khas mesin eSP masih dipertahankan pada penggerak terbaru dari Honda PCX 160 ini.

Ragam pilihan warna Honda PCX 160.

"Konsep eSP+ ini sesuai dengan keinginan konsumen yang ingin mesin bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar," katanya disela bedah teknologi Honda PCX 160 secara virtual beberapa waktu lalu.

Kalian juga bisa tonton review kami terkait Honda PCX 160 2022 di bawah ini. Jangan lupa subscribe ya!

Pengetesan Akselerasi Mesin eSP+

Tak berlama-lama lagi, kami langsung mengambil data dengan rider berbobot 76 kg dan tinggi 172 cm. Bahan bakar yang digunakan adalah oktan 92 yakni Pertamax, dan tekanan angin standar sesuai rekomendasi pabrikan.

Setelah melakukan beberapa kali percobaan, hasilnya terbaik untuk berakselerasi dari diam menuju 60 km/jam, Honda PCX 160 ini membutuhkan waktu 5,92 detik. Kemudian untuk menuju 80 km/jam perlu 10,58 detik.

Pengukuran topspeed dan akselerasi pakai Racebox.

Lantas untuk 0-100 km/jam perlu waktu 19,46 detik. Akselerasi menengah dari 60-100 km/jam tercatat 13,54 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa diraih cuma 115 km/jam berdasarkan spidometer. Angka ini sedikit mirip dengan topspeed Honda PCX 150.

Baca juga : Honda PCX 160 2021 Andalkan Mesin eSP+, Apa Bedanya Dengan Mesin eSP Biasa?

Karakter mesinnya yang kami rasakan cukup kuat untuk putaran bawah sampai menengah, sebelum bergerak linear menuju puncak. Nafasnya terasa panjang, asyik kala harus melibas jalanan lurus nan panjang saat touring.

Asyiknya, meski saat mesin idle suara mesin terdengar ada serti suara gesekan, namun ketika sudah melaju, kinerja mesin terasa halus dan minim vibrasi, kami pun tak merasakan gejala gredek pada motor ini. Data Selengkapnya ada di bawah ya.

Data Akselerasi Honda PCX 160 2022
0-60 km/jam 5,92 detik
0-80 km/jam 10,58 detik
0-100 km/jam 19,46 detik
60-100 km/jam 13,54 detik
0-100 m 8,15 detik
0-201 m 12,71 detik
0-402 m 20,34 detik
Topspeed Spidometer 115 km/jam
Topspeed Racebox 110,2 km/jam

Teknologi Mesin eSP+

Mesin eSP+ minim gesekan.

Rasanya hanya tinggal menunggu waktu saja, teknologi eSP+ digunakan pula oleh motor matic Honda lainnya. Pada dasarnya, teknologi ini juga menerapkan teknologi yang sama dengan eSP, namun dengan sejumlah ubahan.

Tujuan utamanya untuk menggapai mesin yang lebih bertenaga, salah satunya dengan peningkatan kapasitas mesin. Dan yang tak ketinggalan minim gesekan, agar performa mesin stabil dan merata.

Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?

"Makanya mesin eSP+ pakai empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan alur udara, penggunaan hyraulic tensioner, oil jet piston hingga crankshaft yang lebih rigid," sambung Ade.

Andalkan 4 katup SOHC.

Spesifikasi mesin berubah, kapasitasnya menjadi 157 cc berkat piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm, karakter mesinnya dibuat over bore. Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Nafas mesin panjang, cocok buat touring.

Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain knalpot baru. Penyakit gredek yang menjadi masalah pada mesin sebelumnya, diantisipasi dengan merombak komponen CVT.

Baca juga : Yamaha Nmax 155 2021 dan Honda PCX 160 2021 Kompak Naik Harga, Mana Yang Baiknya Dipilih?

Peningkatan Signifikan

Meski ada yang menganggap kok topspeed-nya cuma segitu? Tentu ini tergantung ekspektasi masing-masing personal, namun dari data yang kami dapatkan, akselerasi awalnya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Honda PCX 160 2022 tampil serba baru.

Dengan kondisi stop & go tentu akan lebih asyik mengendarai motor dengan tarikan mesin kuat sejak awal. Nafas mesin yang panjang meski tarikannya linear juga diyakini mampu mengakomodir selera para pencinta touring.

Semua peningkatan ini, berdasarkan apa yang kami rasakan, sudah lebih baik dari Honda PCX 150 sebelumnya. Apalagi konsumsi bahan bakarnya masih terhitung irit loh, untuk ulasan bahan bakar, kami bahas pada artikel selanjutnya.

Spesifikasi Honda PCX 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat