Segini Konsumsi Bensin Honda PCX 160 2022 Yang Pakai Mesin Baru, Irit Gak?

Setelah sebelumnya membahas uji performa Honda PCX 160 2022 yang mencakup topspeed dan akselerasi, kini giliran mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Tentunya banyak yang mengira motor matic satu ini bakal boros.

Dipakai harian dan cenderung agresif, ternyata bisa irit juga.

Tak salah juga, karena kapasitas mesin barunya lebih besar, jadi 157 cc. Kemudian karena masih banyak yang penasaran sama performa mesinnya, maka akan cenderung sering buka gas besar untuk merasakan jambakan akselerasinya.

Nah pertanyaannya, seberapa boros atau iritkah Honda PCX 160 ini kalau dipakai harian? Kami sudah membahasnya lengkap pada video di bawah ini jika kalian mau menonton mengetahuinya dalam format video.

Tapi jika kalian masih penasaran dengan artikel ini, silahkan baca terus ya bro.

Penggunaan Sehari-Hari

Seperti biasanya, pengetesan yang kami lakukan yakni motor ini digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Total jarak tempuhnya 175,8 km yang kami dapatkan setelah penggunaan selama 3 hari.

Baca juga : Telisik Mesin Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020, Ternyata Banyak Bedanya

Karakter berkendara pun normal dan cenderung agresif. Buka gas yang besar ketika bertemu jalanan kosong, dan mengikuti arus lalu lintas ketika kondisi jalan padat dan stop & go. Kecepatan tertinggi saat digunakan bisa 100 km/jam.

Kemudian, motor ini sempat dibiarkan dalam kondisi idle untuk mengisi daya smartphone rekan kami selama 30 menit, takut akinya drop jika dalam kondisi mesin mati. O iya, bobot rider yang mengendarai Honda PCX 160 yakni 76 kg dengan postur 172 cm.

Sempat dibiarkan idle untuk mengisi daya smartphone.

Hasilnya, konsumsi bahan bakarnya terhitung hemat menurut kami. Pada layar panel meter, menunjukkan angka 39,3 km/liter. Masih oke mengingat kapasitas mesin yang membengkak dari model sebelumnya.

Tapi kala diukur dengan menggunakan metode full to full, hasilnya ternyata lebih irit. Dari hasil penghitungan kami bisa mencapai 42 km/liter dan hanya butuh 4,18 liter bahan bakar oktan 92 untuk menempuh jarak 175,8 km.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 150 2021, Masih Menggoda Untuk Dimiliki?

Tentunya hasil pengetesan konsumsi bahan bakar ini bisa berbeda-beda tergantung cara berkendara kalian, medan yang dilalui, kondisi lalu lintas dan bobot pengendara. Jika lebih banyak jalanan lurus, tentu akan lebih irit lagi.

Total jarak dan konsumsi BBM.

Berikut hasil lengkap konsumsi bensin Honda PCX 160 2022 berikut data akselerasinya.

Data Akselerasi Honda PCX 160 2022
0-60 km/jam 5,92 detik
0-80 km/jam 10,58 detik
0-100 km/jam 19,46 detik
60-100 km/jam 13,54 detik
0-100 m 8,15 detik
0-201 m 12,71 detik
0-402 m 20,34 detik
Topspeed Spidometer 115 km/jam
Topspeed Racebox 110,2 km/jam
Konsumsi BBM (MID) 39,3 km/liter
Konsumsi BBM (full to full) 42 km/liter

Rasio Tenaga dan Bobot Lebih Baik

Kalau kalian pernah mencoba Honda PCX 150 dan kemudian merasakan Honda PCX 160, tentu kesan pertama adalah tarikannya lebih responsif. Salah satunya disebabkan karena rasio tenaga dan bobot motor yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai gambaran, Honda PCX 150 punya berat 131 kg untuk tipe CBS dan 132 kg  untuk tipe ABS. Dengan tenaga 14,7 PS maka hasilnya adalah 0,112 (PS/kg) dan 0,111 (PS/kg).

Mesin eSP+ lebih bertenaga.

Baca juga : Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?

Sementara Honda PCX 160 dengan output 16,2 PS serta bobot 129 kg untuk tipe CBS dan 131 kg untuk tipe ABS, maka hasilnya adalah 0,125 (PS/kg) dan 0,123 (PS/kg). Semakin besar angkanya, maka performanya akan lebih baik. Bobot lebih ringan ini juga berimbas pada efisiensi bahan bakar.

Pengurangan bobot ini tak terlepas dari penggunaan rangka model baru yang benar-benar dibuat lebih ringkas, tanpa ada banyak sambungan. Alhasil selain bobot motor lebih ringan, handling dan performanya juga jadi lebih baik.

Spesifikasi Honda PCX 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda PCX
Lihat