Honda Hidupkan Kembali Grafis CBR900RR Fireblade 1992, Cocok Buat Inspirasi Modifikasi

Memanfaatkan pameran EICMA di Milan, Italia, Honda membawa sejumlah motor andalannya, salah satu yang menarik adalah Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary Edition. Superbike ini tampil keren dengan livery legendaris mereka.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022 keren dengan grafis 1990-an.

Ya ini adalah livery yang pertama kali diterapkan untuk model CBR Fireblade mereka yakni Honda CBR900RR Fireblade. Perpaduan warna dasar putih dengan corak merah juga biru sangat ikonik dan disukai kala itu.

Permainan grafis bodi seperti ini memang sering terlihat pada motor-motor keluaran era 1990-an. Tak hanya big bike, untuk motor kecil yang beredar di Indonesia kala itu pun mengusung grafis serupa yang atraktif.

Honda CBR900RR sendiri merupakan kreasi Tadao Baba yang menjabat sebagai Large Project Leader. Dirinya sukses membuat terobosan desain, lantaran saat itu sportbike 1.000 cc disukai karena kencang, namun berbodi besar dan gemuk.

Honda CBR900RR 1992 (kiri).

Dan melihat tampilan superbike Honda dengan livery ikonik itu, rasanya pengguna motor sport Honda seperti Honda CBR150R atau Honda CBR250RR bisa ikut menerapkan gaya serupa. Bisa dengan airbrush atau cutting sticker. Tapi jangan lupa sesuaikan dengan data warna di STNK ya.

Spesifikasi Honda CBR1000RR-R Fireblade SP

Sejak dikenalkan tahun 2020 lalu, secara bentuk nyaris tak ada update yang diberikan oleh Honda pada sosok superbike-nya itu. Model 2022 masih serupa, memiliki desain agresif, sporty dan diciptakan dengan fokus untuk penggunaan sirkuit.

Edisi spesial ada identitas tersendiri yang disiapkan Honda.

Beragam teknologi yang diturunkan dari ajang balap MotoGP dipasangkan pada sosok motor 1.000 c tersebut. Beragam fitur kontrol elektronik tertanam, mulai dari Riding Mode, Quick Shifter, HSTC (Honda Selectable Torque Control), Throttle by Wire sampai Engine Brake Control.

Baca juga : Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021, Superbike Canggih Harga Rp 1 Milyar Lebih

Sensor IMU juga terhubung dengan Wheelie Control yang bisa diatur dengan 3 level berbeda. Engine Brake Control dengan 3 tingkatan dan Start Mode untuk melakukan start saat trackday dengan 4 batas putaran mesin 6.000 rpm, 7.000 rpm, 8.000 rpm dan 9.000 rpm.

Sistem ABS juga punya 2 mode yang bisa dipilih yakni Sport dan Track. Semua komponen elektronik dan keselamatan tadi bisa diatur lewat tombol navigasi di setang sisi kiri lewat layar panel instrumen.

Area dashboard dijejali banyak tombol.

Motor ini dibangun di atas rangka jenis Alumunium Composite Twin Spar. Dipadu suspensi depan upside down Ohlins NPX-Smart EC diameter 43 mm, dengan setelan preload, compression dan rebound.

Suspensi belakang dengan sistem prolink, menggunakan suspensi Ohlins TTX 36 Smart-EC yang juga punya pengaturan preload, compression dan rebound, dengan jarakmain 143 mm.

Untuk menjinakkan kecepatan, sepasang cakram ukuran 330 mm dengan kaliper 4 piston radial dari Brembo dipasang di roda depan. Sementara belakang cukup cakram 220 mm dengan kaliper Brembo 2 piston.

Hanya grafis warna yang membeda edisi spesial ini.

Perangkat keselamatan untuk motor ini cukup banyak, dengan kawalan sensor IMU (Inertial Measurement Unit) 6 axis. Perangkat tersebut diantaranya ada HSTC dengan 9 level, lalu 5 level Power Mode.

Dari segi ukuran, motor ini memiliki panjang 2.100 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.140 mm. Sumbu rodanya 1.455 mm, jarak terendah ke tanah yang cukup rendah yakni 115 mm dan tinggi jok 830 mm. Berat basahnya 201 kg, termasuk ringan diantara superbike sekelas.

Harga Rp 1 Milyar Lebih

Tampil di EICMA di Eropa sana bukan berarti kalian tak bisa memiliki Honda CBR1000RR-R Fireblade SP lho, karena PT Astra Honda Motor (AHM) juga menjualnya dengan harga Rp 1,118 milyar. Tinggal pesan saja untuk minta unit model 2022.

Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade SP tembus Rp 1 milyar di Indonesia.

Pada unit model 2022, selain warna putih tadi, Honda juga memiliki unit warna full hitam dipadu pelek emas. Tak ketinggalan opsi Honda Tricolor yang kini juga menggunakan pelek berwarna emas sehingga nampak lebih mencolok.

Spesifikasi Mesin Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022
Tipe Mesin Liquid-cooled 4-stroke 16-valve DOHC Inline-4
Kapasitas Mesin 999,9 cc
Diameter x Langkah 81 x 48,5 mm
Rasio Kompresi 13 : 1
Suplai Bahan Bakar PGM-DSFI
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 214,5 Hp @ 14.500 rpm
Torsi Maksimal 113 Nm @ 12.500 rpm
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR1000RR-R
Lihat