Honda Vario 160 2022 Sudah Pakai Rem ABS, Begini Cara Merawatnya

Rem ABS kini hadir di Vario 160 2022
  • Rem ABS mudah dirawat.
  • Penggunaan rem ABS bikin lebih aman di jalan.

Sejak kehadirannya di tahun 2006 silam, baru digenerasi ke-6 yang dirilis 2 Februari 2022 ini skuter matic Honda Vario punya fitur rem ABS. Harga jual versi ABS Rp 28,5 juta lebih mahal dari CBS yang berbanderol Rp 25,9 juta.

Meski sebagian pengguna motor sudah paham penggunaannya, tapi masih banyak yang awam mengenai fitur bernama lengkap Antilock Braking System itu. Sehingga kemungkinan fitur tersebut salah dirawat.

Padahal sistem ABS yang ada di pengereman Honda Vario 160 2022 berkaitan erat dengan unsur safety saat berkendara. President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Keiichi Yasuda mengatakan jika berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur dikembangkan pada Honda Vario 160. Termasuk hadirnya rem ABS.

Versi ABS sudah dibekali tipe cakram di belakang

“Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih yang dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+ serta desain premium sporty pada All New Honda Vario 160, kami yakini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan,” ujar Yasuda.

Baca Juga: Honda Vario 160 2022 Akhirnya Meluncur, Cek Ubahan Sasis, Mesin Hingga Fiturnya!

Fungsi Rem ABS

Seperti namanya, rem ABS bersifat 'antilock' atau 'anti mengunci'. Sehingga meski tuas rem ditekan keras, ban tidak akan terkunci sehingga efek sliding atau 'ngesot' di motor bisa dihindari.

Hal ini sangat berguna saat mengerem mendadak. Di mana dengan kondisi ban yang tidak slip atau sliding, dengan begitu turut menjaga keseimbangan motor atau lebih mudah dikendalikan.

Baca Juga: Harga All New Honda Vario 160 2022 Mulai Rp25 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Cara Kerja Rem ABS

Sebelum mengetahui cara merawatnya, patut diketahui terlebih dulu jika sistem ABS akan bekerja dengan mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang.

Pilihan warna versi ABS

Jika sensor membaca ada pengurangan kecepatan secara tiba-tiba karena pengereman mendadak, sistem ABS akan mengurangi tekanan pada sistem rem. Hal inilah yang mencegah kemungkinan roda terkunci.

Efeknya, gejala sliding yang membuat motor tak terkendali bisa dihindari. Pengendara pun dapat menjaga kestabilan atau keseimbangan motor sehingga mudah dikendalikan.

Perawatan Rem ABS

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam merawat rem ABS. Diantaranya dengan rutin melakukan penggantian minyak rem yang dianjurkan oleh pabrikan. Penggantian minyak rem disarankan setiap 20.000 kilometer atau sekitar dua tahun sekali sesuai dengan pemakaian motor.

Jangan lupa cek ketinggian minyak rem, dan periksa apakah terdapat kebocoran atau tidak. Periksa kondisi selang rem, jika ada masalah seperti retak, bocor, hingga tertekuk. Kondisi tersebut juga akan berimbas kepada sistem pengereman yang tidak maksimal.

ABS bikin roda tak terkunci saat rem mendadak

Selanjutnya bisa mengecek lampu indikator ABS saat kunci kontak diputar pada posisi on, pastikan lampu menyala. Jika tidak, maka terdapat indikasi kerusakan.

Hal berbeda terjadi saat motor berjalan. Karena jika indikator ABS berkedip maka ada masalah pada sistem pengereman ABS. Ketika hal itu terjadi, sebaiknya lakukan pengecekan di bengkel resmi.

Jangan malas juga memeriksa kampas rem setiap kelipatan 3.000 km. Saat kondisi kampas rem sudah aus atau tipis segera lakukan penggantian.

Karena hal itu akan membuat kemampuan pengereman tidak optimal. Serta akan membuat piringan cakram menjadi aus karena gesekan berlebih.

Saat melakukan penggantian kampas rem, periksa juga kondisi kaliper dan cakram rem. Bersihkan komponen tersebut dari debu, tanah, minyak serta kotoran lain yang menempel.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat