Sejarah Honda Scoopy Dari Generasi ke Generasi, Sukses Jadi Matic Idola Anak Muda

Ragam generasi Honda Scoopy
  • Honda Scoopy hadir sejak tahun 2010.
  • Honda Scoopy versi Thailand sempat dijual oleh importir umum.

Yamaha Nouvo, Yamaha Mio dan Kymco Jetmatic memang punya peran besar dalam memperluas penetrasi segmen skuter matic di Indonesia pada dekade 2000-an. Hal ini membuat motor dari segmen tersebut kedatangan banyak tipe dan desain baru.

Salah satunya coba ditawarkan PT Astra Honda Motor (AHM) yang merilis skuter matic berpenampilan retro modern, Honda Scoopy di bulan Mei 2010 silam. Jenama tersebut bertahan dan sukses jadi idola di segmen matic retro hingga saat ini.

Kesuksesan Honda Scoopy sejak awal hingga sekarang ada pada desainnya yang unik. Di mana berbeda dari motor-motor sejenisnya yang berdesain sporty dan agresif, maka Scoopy justru punya desain retro yang serba membulat. Tampilan semok ini mengingatkan kita akan sosok skuter Eropa seperti Vespa atau Lambretta.

Nuansa klasik tersebut dipertahankan Honda Scoopy hingga generasi ke-5 mereka di Indonesia yang dirilis pada 2020 lalu. Seperti apa perjalanannya? Yuk kita kulik.

Baca Juga: Catatan Manis Yamaha Fazzio 2022, Laris Dipesan Secara Online

Honda Scoopy Generasi Pertama 2010

Sebelum hadir di Indonesia, Scoopy sudah dijual terlebih dahulu di Thailand dengan emblem Scoopy-i. Saat itu Honda Scoopy-i di Negeri Gajah Putih itu disiapkan untuk menghadang Yamaha Fino. Versi awal ini sempat masuk ke Indonesia melalui importir umum.

Generasi pertama Honda Scoopy

Kemudian, pada bulan Mei 2010 skuter matic ini dirilis di Indonesia. Pada versi awal, Honda Scoopy masih berbagi basis mesin dengan Beat generasi pertama yang masih bertipe karburator.

Motor ini mengusung mesin mesin 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem karburator. Tenaganya 8,22 PS per 8.000 rpm dan torsi 8,32 Nm di 5.500 rpm. Berbeda dari versi di Thailand yang sudah mengandalkan sistem bahan bakar injeksi PGM-FI.

Honda Scoopy Generasi-2 2013

Generasi ke-2 Honda Scoopy lahir di tahun 2013 dan kini sudah dibekali dengan sistem injeksi. Selain itu, dari segi fungsi juga bertambah. Ini karena bagasi di kolong joknya kini bisa menyimpan helm karena volumenya yang mencapai 15,4 liter.

Masih memakai velg 14 inci

Perbesaran volume bagasi tersebut berkat pemindahan posisi boks filter udara. Dari yang sebelumnya ada di bagian depan ban belakang, berpindah keatas CVT.

Generasi Ke-3 Tanpa Ubahan Body

Tak perlu bingung, dengan subtitle di atas. Karena hal ini memang terjadi. Setelah dua tahun kehadiran Honda Scoopy generasi ke-2, maka pada di 2 November 2015, edisi ke-3 hadir.

Baca Juga: Tengok Lagi Detail Honda Scoopy 2022, Masih Bikin Penasaran!

Dari luar, mungkin ubahannya tak kasat mata. Karena desain bodi masih sama dengan model sebelumnya. Pembaruan signifikan justru hadir pada mesinnya yang sudah disematkan teknologi eSP. Sehingga kini sudah ada fitur ACG Starter yang bisa mengoperasikan mesin dengan suara halus.

Honda Scoopy Generasi Ke-4

Dua tahun berselang, Honda Scoopy generasi keempat dirilis tahun 2017. Dengan seremonial di Mall Gandaria City, Jakarta.  Motor tersebut punya tampilan yang jauh berbeda dari sebelumnya.

Honda Scoopy 2017 sudah memakai velg 12 inci

Ubahannya cukup frontal. Karena tidak hanya bodi saja yang berubah, namun pelek dan lingkar roda juga berganti. Honda Scoopy yang sebelumnya pakai ukuran 14 inci, kini menjadi 12 inci.

Perbedaan diameter roda tersebut membuat AHM mengatur ulang komposisi sokbrekernya. Sehingga ketinggian ground clearance Honda Scoopy tersebut sama seperti versi sebelumnya yang mengusung pelek 14 inci.

Generasi Ke-5 Lahir Tahun 2020

Di akhir tahun 2020, AHM merilis edisi terbaru dari Honda Scoopy. Di generasi ke-5 Kali ini punya pembaruan yang terbilang total. Diantaranya perubahan sektor mesin, tampilan bahkan sasisnya.

Honda Scoopy saat ini

Baik mesin dan sasis di Honda Scoopy generasi kelima ini mengandalkan basis yang sama seperti Genio. Mesinnya kini bervolume bersih 109,5 cc dengan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm per 5.500 rpm.

Sedangkan rangkanya memakai tipe plat baja enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang ringan. Peleknya memang tetap berdiameter 12 inci, tapi punya desain palang berbeda yang lebih segar.

Hingga tahun 2022 ini, Honda Scoopy generasi ke-5 masih tetap bertahan. Hanya saja diberi pembaruan berupa penyegaran grafis dan warna.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat