Bedah Teknologi Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary 2022, Makin Mirip Tunggangan MotoGP!

  • Ada beberapa komponen yang diambil dari Honda RC213V-S.
  • Tenaganya meningkat tapi torsinya lebih kecil.

Pada bulan Maret 2022 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary. Superbike yang dijual dengan harga Rp 1,058 miliar ini pun diklaim memiliki sederet teknologi yang jauh berbeda ketimbang pendahulunya.
 
Termasuk menghadirkan sederet fitur yang diambil dari motor balap kelas MotoGP, Honda RC213V juga versi jalanannya RC213V-S. Seperti dijelaskan oleh Endro Sutarno, Senior Instruktur Astra Honda Training Center pada sesi bedah teknologi Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022 pada Selasa (5/4/2022).

Dari penjelasan secara virtual tersebut diketahui jika Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022 memiliki perbedaan signifikan dari versi sebelumnya yang lahir di 2017.

Bukan cuma sekadar tampilan eksterior, tapi bagian mesin, sasis hingga ke kaki-kaki semua berbeda. Penasaran seperti apa detailnya? Yuk simak.

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R SP 30th Anniversary Menyapa Indonesia, Harganya Rp 1,058 Miliar!

Volume Bertambah Tenaga Makin Besar

Dibandingkan versi sebelumnya yang bermesin 999 cc, di edisi terbaru ini volume mesinnya genap menjadi 1.000 cc. Konfigurasinya masih 4-silinder segaris, tapi ukuran bore x stroke pistonnya berubah.

Sudah dilengkapi knalpot Akrapovic

Angkanya kini menjadi 81 x 48,5 mm dari 76 x 55,1 mm. Bukan tanpa sebab, karena ukuran tersebut diadopsi dari Honda RC213V-S dan menggunakan almunium forged piston ringan.

Konsekuensinya tenaga dan putaran mesinnya terdongkrak dari 191 PS per 13.000 rpm menjadi 217 PS di 14.500 rpm. Sayangnya torsinya justru menjadi 113 Nm per 12.500 rpm saja setelah sebelumnya meraih 116 Nm di 11.000 rpm.

"Versi baru ini memiliki tenaga yang lebih besar, tapi torsinya lebih rendah. Karena memang dirancang untuk memaksimalkan tenaga," papar Endro.

Bagian Mesin Kena Rombak Demi Euro 5

Lebih lanjut, Endro mengatakan jika ubahan tersebut juga untuk meningkatkan standar emisinya menjadi Euro 5. "Karena Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022 dijual di banyak negara, sehingga perlu melakukan penyesuaian emisi," katanya.

Mesinnya memiliki perbedaan signifikan dari model sebelumnya

Di versi terbaru ini, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2022 menggunakan finger follower rocker arm untuk mengurangi berat inersia dari sistem katup. Serta menggunakan teknologi Diamond Like Carbon coating camshaft untuk mengurangi gesekan permukaan cam dan rocker arm.

Satu lagi komponen Honda RC213V-S yang hadir di mesinnya ada di komponen connecting rod. Peranti ini sudah memakai bahan titanium untuk mengurangi bobot dan meningkatkan kekakuannya.

Selain itu, ada teknologi baut vanadium steel nut-less yang turut memberi kontribusi mengurangi bobotnya. Lalu ada small end bushing yang terbuat dari tembaga beryllium dengan karakteristik gesekan rendah.

Sistem Pendingin Disempurnakan

Bagian pendinginannya juga disempurnakan, baik pada peranti pendingin cair di mesin, serta komponen oil cooler sebagai pendingin oli untuk menjaga suhu mesin.

Sistem pendinginan ikut disempurnakan

Pada sektor pendingin cair, bagian silinder bloknya kini dilengkapi dengan built-in bottom by pass passage. Dengan menggabungkan jalur air baru ini, selang air di luar mesin tidak terlalu banyak dibutuhkan. Sehingga bobotnya berkurang dan penampilan mesin lebih kompak.

Sedangkan efek putaran mesin yang makin tinggi, membuat kinerja oli perlu lebih optimal. Untuk itu sistem pendinginannya pun diganti.

Dari sebelumnya model water cooled dengan bantuan tabung, kini diubah menjadi tipe radiator dengan bantuan pendinginan embusan udara. Sistem pendinginan oli ini juga diadopsi dari motor balap mereka.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR1000RR-R
Lihat