Salah satu motor yang menjadi incaran banyak orang lantaran cukup mencuri perhatian adalah Honda Vario 160 2022. Yup, matic tersebut yang sudah naik level menjadi matic premium dari Honda itu semakin banyak peminatnya.
Mulai dari mereka yang ingin naik kelas dari matic Honda di bawahnya, atau ada pula konsumen yang menjadikannya motor pertama. Tak salah memang, karena perubahan yang didapat pada motor ini sangat signifikan.
Dari sisi desain, kini menjadi lebih besar dengan menerapkan sudut bodi yang agresif. Tapi tak ketinggalan tetap mempertahankan dek rata yang jadi ciri khasnya, alasannya agar tetap akomodatif saat dipakai membawa barang.
Baca juga : Kepincut Honda Vario 160 2022? Fakta Menarik Ini Wajib Kalian Ketahui
Belum lagi mesinnya yang jadi lebih bertenaga, berkat penggunaan jantung pacu eSP+ (Enhanced Smart Power +). Perubahan di internal mesinnya sangat banyak, termasuk teknologi minim gesekan macam piston oil jet dan tensioner rantai keteng hidrolis.
Tersedia dua tipe, Honda Vario 160 2022 ditawarkan dengan tipe CBS (Combi Brake System) dan juga ABS (Anti-lock Braking System). Kini harganya dari Rp 25,989 juta (tipe CBS) dan Rp 28,714 juta (tipe ABS) untuk on the road Jakarta.
Nah untuk kalian yang baru pertama kalinya punya matic Honda tipe ABS seperti halnya Honda Vario 160 ABS, kemungkinan besar akan bertemu kejadian ini. Motor tiba-tiba tidak mau distarter sama sekali.
Baca juga : Pengguna Honda Vario 160 2022 Bisa Lega, Motornya Boleh Tenggak Pertalite Bahkan Premium
Padahal kondisi motor masih relatif baru, tentunya kondisi aki masih bagus dan bisa dipantau lewat voltmeter di panel meter. Semakin bingung karena motor yang dirilis Februari 2022 lalu ini tak dibekali kick starter.
Rusak? Tenang, jangan langsung panik begitu bro. Gak rusak kok, coba tarik handle rem kiri lebih dalam, terus tekan tombol starter lagi. Nah dijamin bisa nyalakan mesinnya?
Perkara ringan kok, itu karena pada Honda Vario 160 khususnya tipe ABS punya dua switch pada handle rem kiri, dan terdengar bunyi 'klik' saat ditarik. Bunyi klik pertama, itu untuk switch lampu rem belakang bro.
Baca juga : Beda Karakter Mesin Honda Vario 160 2022 dan Yamaha Aerox 155 2022, Pilih Kalem Atau 'Njengat'?
Nah bunyi klik kedua baru switch untuk menghidupkan mesin. Tentunya dengan menarik tuas rem belakang lebih dalam, maka rem akan lebih mengunci dan efek motor loncat ketika tuas gas tak sengaja diputar bisa diminimalkan.
Seperti yang kalian ketahui, motor matic harus menarik tuas rem dulu untuk menyalakan mesin. Namun karena menyatu dengan switch lampu rem, banyak kejadian anak-anak yang dibonceng tak sengaja menekan tombol starter dan menarik tuas rem dengan mudah.
Alhasil, motor akan meluncur dan berbahaya. Jadi langkah dua kali bunyi klik seperti yang terdapat pada Honda Vario 160 merupakan saah satu fitur keamanan yang bermanfaat.
Spesifikasi Honda Vario 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.929 x 679 x 1.088 mm | |
Sumbu Roda | 1.277 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 778 mm | |
Jarak Terendah | 140 mm | |
Berat Kosong | 115 kg (CBS) 117 KG (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 15,4 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 100/80-14 | |
Ban Belakang | 120/80-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol (CBS) Cakram (ABS) |