Kepincut Honda CBR250RR 2023? Simak Dulu Fakta Menariknya

Fakta-fakta mengenai Honda New CBR250RR 2023
  • Perakitan mesin dilakukan dalam ruangan khusus seperti perakitan big bike
  • Sudah hadir di Indonesia sejak 2016 dalam 3 generasi

Tanpa diduga sebelumnya kalau ternyata PT Astra Honda Motor (AHM) justru memperkenalkan varian teranyar dari Honda CBR250RR. Padahal ada beragam rumor yang beredar.

Seperti rumor akan diperkenalkannya Honda Vario 125 eSP+ hingga rumor kalau Honda Forza 250 versi lokal. Honda CBR250RR diperkenalkan dalam 3 varian berbeda, selain warna juga ada perbedaan fitur.

Untuk Honda CBR250RR terbaru ini varian standar dijual dengan harga Rp 62,850 juta dan Rp 67,650 juta. Lalu ada varian SP seharga Rp 75,150 juta, lanjut varian SP-Quick Shifter seharga Rp 79,200 juta dan Rp 79,800 juta. Berikut beberapa fakta menarik dari sport fairing 250 cc satu ini.

Baca juga: Kemunculannya Mengejutkan, Apa yang Baru di Honda CBR250RR 2023?

Tampilan Lebih Big Bike

Honda CBR250RR mendapatkan penyegaran dengan beberapa ubahan pada sektor bodi. Tujuan dari perubahan ini agar konsep serta tampilan lebih terasa seperti motor besar.

Tampil dengan desain yang lebih gambot seperti motor besar

Ini bisa langsung dilihat dari tameng depan yang awalnya flat tanpa banyak lekukan, kini terlihat lebih tebal dengan V shape. Terlihat juga ada leveling bodi di atas DRL-nya.

Tampilan big bike lebih terlihat juga dengan fairing kanan dan kiri yang sedikit lebih kembung, dan kali ini terlihat menggunakan model dual layer. Ini membuat air vent di sisi belakang fairing lebih besar, mesin pun terlihat ada jarak dengan fairing, tidak ramping dan rapat seperti generasi sebelumnya.

Fairing barunya menyambung dengan undercowl baru. Di sini justru terlihat lebih ramping dengan beberapa lubang ventilasi dan punya dimensi lebih memanjang, sehingga pipa knalpot tertutup hingga belakang.

Baca juga: Honda Forza 250 2022, Matic 250 yang Seharusnya Lebih Laris dari Yamaha Xmax 250!

Cover samping pada tangki bensin juga mengalami sedikit perubahan untuk mengakomodir desain fairing yang lebih besar. Dengan begitu komposisi desainnya tetap proporsional.

Bodi depan yang serba berubah, ternyata bodi belakang justru menjadi lebih tipis. Ini membuatnya terlihat kian lancip pada sisi samping dan membuat lubang ventilasi menjadi lebih pipih dari sebelumnya.

Mesin Akurasi Tinggi

Motor satu ini bisa dikatakan memiliki perlakukan khusus hampir di setiap bagian, wajar saja karena masuknya sudah dalam kategori premium. Salah satu perlakuan khususnya ada pada perakitan mesin.

Mesin Honda CBR250RR dirakit dalam ruangan khusus dengan tingkat kepresisian tinggi

Bahkan di pabrik AHM yang berada di Karawang, Jawa Barat ada sebuah ruangan khusus yang dibuat hanya untuk mengerjakan sektor mesin. Tujuannya untuk menjaga ruangan tetap steril selama perakitan mesin.

Salah satunya karena motor ini bukan lagi menggunakan ball bearing pada kruk as, tapi sudah menggunakan metal duduk yang mana memiliki celah sangat tipis dalam hitungan mikron.

Baca juga: Varian Honda CBR250RR 2023 Makin Komplet, Di Mana Perbedaannya?

Maka dari itu saat proses perakitan mesin harus dalam keadaan steril juga bersih dari berbagai hal. Contohnya yang dikhawatirkan adalah seperti sehelai rambut dan juga benang pada baju.

Terdapat 2 Varian Mesin

Basicnya Honda CBR250RR masih menggunakan spesifikasi mesin yang sama. Spesifikasinya 250 cc 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan, dan dibekali 6 percepatan.

Mesin varian SP dan SP-Quick Shifter kian bertenaga

Dibekali diameter piston 62 mm dengan panjang langkah 41,4 mm. Yang jadi pembeda justru ada pada perbandingan kompresinya, tipe standar 11,5:1 dan tipe SP dan SP-Quick shifter pakai perbandingan kompresi 12,5:1.

Lantas varian SP dan SP-Quick Shifter mendapat update lain. Seperti lift serta durasi camshaft ini yang berbeda, lubang port intake yang sedikit lebih besar, ring piston baru, dan diameter serta bobot magnet yang berbeda.

Baca juga: Galeri Foto Honda CBR250RR 2023, Jadi Lebih Berkesan Big Bike!

Dengan begitu klaim tenaga yang dihasilkan kedua mesin ini ada perbedaan. Untuk Honda CBR250RR 2023 standar hanya 38,7 PS di 12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm pada 11.000 rpm.

Sementara Honda CBR250RR tipe SP dan SP-Quick Shifter tembus 42 PS di 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm pada 11.000 rpm. 

Sudah Masuk Generasi 3

Dengan diluncurkannya Honda CBR250RR 2023 ini, berarti kiprahnya di Indonesia sudah masuk generasi ketiga sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016.

New CBR250RR SP-Quick Shifter warna Bravery Red Black jadi generasi paling terbaru

Lanjut di tahun 2020 AHM meluncurkan varian SP-Quick Shifter melalui press release yang disebar kepada rekan-rekan media. SP sendiri kepanjangan dari Sport Production, sehingga varian SP memiliki mesin yang lebih bertenaga dibanding varian standar.

Kala itu varian SP diklaim punya tenaga maksimal 41 ps di 13.000 rpm serta torsi 25 Nm di 11.000 rpm. Hingga akhirnya AHM memperkenalkan generasi baru dari Honda CBR250RR dengan perubahan bodi dan lagi-lagi perubahan pada mesin dan peningkatan tenaga di varian SP juga SP-Quick Shifter.

Honda CBR250RR 2023
Dimensi
P x L x T 2.061 x 724 x 1.114 mm
Tinggi Jok  790 mm
Sumbu Roda 1.385 mm
Jarak Terendah 148 mm
Berat 166 kg (STD) 168 kg (SP/SP-QS)
Tangki 14,5 liter
Mesin
Tipe  4-tak, DOHC 8 katup, 2 silinder inline
Diameter x Langkah 62 x 41,4 mm
Kapasitas 249,7 cc
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 38,7 PS @ 12.500 rpm (STD)
  42 PS @ 13.000 rpm (SP/SP-QS)
Torsi Maksimal 23,3 Nm @ 11.000 rpm (STD)
  25 Nm @ 11.000 rpm (SP/SP-QS)
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Diamond truss frame 
Sok Depan Upside down
Sok Belakang Monosok
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 140/70-17
Harga Rp 62,850 juta - Rp 79,8 juta (otr Jakarta)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat