Performa Honda CBR250RR 2023 Varian SP QS Semakin Melesat, Ternyata Ini Rahasia

Honda CBR250RR SP QS.
  • Tenaga naik 1 PS dari model sebelumnya.
  • Kukuhkan sport 250 cc 2 silinder paling kuat.
  • Banyak ubahan pada mesin.

Persaingan motor sport 250 cc 2 silinder segaris rasanya semakin ketat saja, terutama dalam hal performa mesin. Apalagi setelah Kawasaki Ninja 250 2023 generasi terakhir yang mampu jadi yang terbesar di kelasnya dengan tenaga 39 PS.

Tapi hal itu kembali dipatahkan Honda CBR250RR yang tahun 2020 dengan kehadiran versi SP dan SP QS. Kala itu model ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 41 PS.

Tapi tak puas, Honda kembali menggebrak dengan Honda CBR250RR 2023 yang sektor dapur pacunya kembali kena oprek. Tenaga maksimalnya kini menjadi 42 PS di 13.000 rpm dengan torsi sebesar 25 Nm di 11.000 rpm.

Baca juga : Intip Detail Ubahan Bodi Honda Honda CBR250RR 2023, Lebih Gambot dan Sporty!

Tak hanya itu, titik peak power dan peak torsi juga bisa dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah, sehingga motor akan lebih responsif dan enak dipakai dalam kondisi stop & go. Saat menjajalnya di test track AHM di Deltamas, Cikarang beberapa waktu lalu, perubahan mesinnya terasa.

Akselerasi cepat dan responsif.

Respon mesin, akselerasi dan tenaga yang dihasilkan galak! Bahkan sesi drag terakhir sudah bisa tembus sekitar 120 km/jam sebelum melahap trek lurus sejauh 1,2 m. Top speed yang bisa dicapai Autofun.co.id 172 km/jam. Sementara media lain dengan bobot lebih ringan bisa 177 km/jam!

Lantas apa rahasia ubahan mesinnya kali ini?

Cylinder Head

Ubahan dimulai pada kepala mesin alias cylinder head. Tujuan utamanya untuk menaikkan volume udara yang masuk ruang bakar lebih banyak, kedua lubang inlet port diperbesar jadi 21,6 mm dari sebelumnya 21,4 mm.

Lubang inlet diperbesar agar suplai udara lebih lancar.

Kemudian rasio kompresi menjadi 12,5:1 dari sebelumnya 12,1:1 agar gebukan udara di ruang bakar lebih padat. Untuk mengail rasio kompresi lebih tinggi, kubah ruang bakar dibuat lebih sempit.

Camshaft alias noken as sebagai salah satu part penghuni cylinder head juga diubah durasinya. Tujuannya untuk memperkaya udara yang masuk ke ruang bakar, dengan menaikkan lift dari 6,8 mm menjadi 6,9 mm.

Setelah itu ada juga ubahan pada durasi buka dan tutup klep in. "Tujuannya untuk volumetric efficiency, ini jadi kunci motor kencang tapi juga tetap irit," sebut Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Baca juga : Varian Honda CBR250RR 2023 Makin Komplet, Di Mana Perbedaannya?

Ring piston dan durasi camshaft ikut berubah.

Piston dan Magnet

Piston yang dipakai masih tetap berdiameter 62 mm dan tak berubah dari sisi bentuk. Namun ring piston yang dipakai ternyata kena upgrade. Ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan rasio kompresi yang semakin tinggi.

"Ring piston ini punya tekanan ke dinding silinder yang lebih lembut agar gesekan dengan liner lebih sedikit. Tapi tetap kuat menahan kompresi dan oli karena dengan bahan baru yang lebih kuat," sambung Endro.

Ring piston baru menyesuaikan rasio kompresi.

Berikutnya magnet diganti baru yang lebih ringan 20 gram yang ini menjadi 1.650 gram saja. Diameter luarnya pun lebih kecil menjadi 126,5 mm dari sebelumnya 132,6 mm. Alhasil putaran mesin pun akan semakin ringan.

Gearbox dan Final Gear

Supaya paripurna upgrade yang dilakukan juga merambah pada gearbox. Perbandingan gigi 1 higga 6 berubah total. Untuk gigi 1-4 dibuat lebih ringan, namun gigi 5-6 dibuat lebih berat.

Perubahan gearbox dan final gear untuk semua varian.

Setelah itu diakhiri dengan final gear baru, yang awalnya 14-41 menjadi 14-42. Dengan begini bisa dilihat kalau AHM sepertinya ingin memberikan sensasi akselerasi yang lebih responsif pada Honda CBR250RR 2023 ini.

Ubahan pada gearbox dan final gear ini juga merambah pada varian Standard, untuk meningkatkan akselerasinya. Lumayan jadi ikut kena upgrade tuh!

Honda CBR250RR 2023
Dimensi
P x L x T 2.061 x 724 x 1.114 mm
Tinggi Jok  790 mm
Sumbu Roda 1.385 mm
Jarak Terendah 148 mm
Berat 166 kg (STD) 168 kg (SP/SP-QS)
Tangki 14,5 liter
Mesin
Tipe  4-tak, DOHC 8 katup, 2 silinder inline
Diameter x Langkah 62 x 41,4 mm
Kapasitas 249,7 cc
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 38,7 PS @ 12.500 rpm (STD)
  42 PS @ 13.000 rpm (SP/SP-QS)
Torsi Maksimal 23,3 Nm @ 11.000 rpm (STD)
  25 Nm @ 11.000 rpm (SP/SP-QS)
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Diamond truss frame 
Sok Depan Upside down
Sok Belakang Monosok
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 140/70-17
Harga Rp 62,850 juta - Rp 79,8 juta (otr Jakarta)
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat