Melihat Lebih Dekat Honda NSF250R Pacuan Pembalap Muda, Motornya Kurus Banget!

Honda NSF250R dirancang khusus balap
  • Dimensinya ramping cocok untuk pembalap muda.
  • Mesinnya cuma 1-silinder tapi bertenaga.

Ajang balap Asia Talent Cup 2022 akan digelar pada 11-13 November di Sirkuit Mandalika, Lombok. Balapan tersebut bersamaan dengan event World Superbike (WSBK) Indonesia.

Di gelaran tersebut akan berlaga empat pembalap asal Tanah Air. Mereka adalah Veda Egapratama dan Muhammad Diandra Trihardika asal Jogjakarta, Aan Riswanto dari Sulawesi Selatan juga Reykat Y. Fadilah asal Depok. Mereka akan bertarung dengan pembalap dari berbagai negara di Asia.

Menariknya, motor yang dipakai hanya ada satu tipe, alias balap one make race. Seluruh pembalap diadu memakai Honda NSF250R. Motor bermesin 250 cc ini dirancang khusus untuk balapan, sehingga tak bisa dipakai di jalan raya secara legal.

Baca Juga: Detail Suzuki V-Strom SX 250 2023, Calon-Calon Banjir Peminat Nih!

Dimensi Motor Kurus

Di ajang IMOS 2022 pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan satu unit Honda NSF250R sebagai display di booth mereka. Motor ini disejajarkan dengan tunggangan balap lainnya seperti Honda CBR600RR dan CBR250RR.

Tangkinya slim

Menariknya, meski sama-sama bermsin 250 cc, tapi dari segi dimensi Honda NSF250R terlihat kurus jika disandingkan dengan Honda CBR250RR versi balap AP250 di lomba Asia Road Racing Championship.

Meski sasis bertipe twin tube (Deltabox) dari Honda NSF250R terlihat kekar, tapi desain fairingnya ramping. Bahkan bentuk tangkinya pun terlihat memanjang tanpa kesan gembung dan berotot.

Ditilik lebih lanjut, dimensi dari Honda NSF250R hanya 1.809 x 560 x 1.037 mm. Sedangkan dalam kondisi standar, Honda CBR250RR punya dimensi panjang x lebar x tinggi, 2.061 x 724 x 1.114 mm.

Perbandingan dimensi dengan CBR250RR cukup signifikan

Wheelbase dari Honda NSF250R juga hanya 1.219 mm menjanjikan kelincahan saat disejajarkan dengan CBR250RR yang punya jarak 1.385 mm. 

Karena menyasar pembalap muda, yang masih dalam masa pertumbuhan, maka tinggi joknya hanya 729 mm dengan ground clearance 107 mm. Sementara CBR250RR joknya setinggi 790 mm dengan ground clearance 148 mm.

Baca Juga: MForce Indonesia Kenalkan Deretan Produk Baru, Ada Matic Listrik Gambot Juga

Mesinnya Satu Silinder Lebih Bertenaga

Dirancang khusus untuk balap membuat mesin yang diusung Honda NSF250R lebih bertenaga ketimbang Honda CBR250RR tertinggi, yakni SP-QS yang punya daya 42 PS.

Dipajang di IMOS 2022 lalu.

Bagaimana tidak, meski cuma 1-silinder DOHC berpendingin cair, tapi tenaganya tembus 47,6 dk pada 13.000 rpm dan torsinya 28 Nm pada 10.500 rpm. Perpindahan giginya bertipe manual 6-speed.

Secara detail, mesinnya bervolume 249,3 cc dengan ukuran bore x stroke 78 x 52,2 mm. Serta kompresi tinggi 12,3:1 yang membuat motor ini butuh bahan bakar khusus balap.

Kaki-kaki Standar Balap

Didesain ramping, bukan berarti bagian kaki-kaki bakal terlihat cungkring. Pasalnya, Honda NSF250R dibekali suspensi model up side down di depan dengan setelan pre load dan damper. Di bagian belakang ada pula monosok model tabung dengan setelan yang sama dan swing arm almunium nan kekar.

Suspensi upside down.

Peleknya model palang enam tegak dengan lapisan ban slick dari Dunlop yang ukurannya unik. Di mana roda depan dikawal ban 95/75-17 dan belakang 115/75-17. 

Sedangkan pengeremannya tipe single floating disc 296 mm dengan kaliper 4 piston. Serta rem belakang 186 mm kaliper satu piston yang seluruhnya tak dilengkapi ABS.

Mungil tapi sangar ya...

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat