Tergoda Honda CRF250L 2023 Buat Main Tanah? Cek Dulu 5 Daya Tariknya

Honda CRF250L 2023 dijual Rp 79,9 juta.
  • Harga lebih murah dari versi Rally.
  • CBU Thailand.
  • Pas untuk off road.

Menyasar kaum penikmat off road, PT Astra Honda Motor (AHM) melepas Honda CRF250L 2023 untuk pasar Indonesia. Motor ini sendiri berstatus CBU dari Thailand dengan harga jual Rp 79,9 juta on the road Jakarta.

Dilihat dari sosoknya, motor ini disebut terinspirasi dari desain motocross sejati Serta menawarkan performa unggul dan bobot yang ringan. Sehingga siap menemani pecinta offroad di Indonesia untuk bermain tanah diakhir pekan.

"Kalau CRF250L ini cocok untuk kesenangan laki-laki, olahraga off road pakai motor trail, itu healing banget," kata Reza Rezdie, Technical Service Division AHM di sesi bedah teknologi Honda CRF250L beberapa waktu lalu.

Baca juga : Dilepas Rp 79,9 Juta, Begini Detail Honda CRF250L 2023

Tentu bukan tanpa alasan Reza mengatakan hal tersebut, karena memang ada beberapa keuntungan, jika dibandingkan Honda CRF250 Rally yang lebih dulu mengaspal.

Nah buat yang tertarik meminang Honda CRF250L 2023, ada baiknya simak dulu 5 daya tarik dari motor ini.

1. Desain Honda CRF250L Ala Trail Kekinian

Desain terbaru lebih fresh.

Konsep utama desain sang motor trail ditujukan untuk menjadikannya sebagai tunggangan yang dapat menempuh berbagai medan. Kesannya menegaskan bobot yang ringan pada bodi yang ramping. 

"Honda CRF250L kami hadirkan melengkapi jajaran motor CRF di Indonesia untuk memberikan pengalaman offroad sejati bagi mereka yang hobi trabasan di berbagai kondisi jalan," ujar President Director AHM, Keiichi Yasuda.

Desainnya pun kekinian, dengan bodi ramping, cover lampu ringkas dengan reflektor menyudut. Penerangan lampu depan dan sein juga telah menggunakan LED untuk kesan modern serta dibalut dengan desain minimalis. 

Tampak belakang persis CRF250 Rally.

Bodinya yang ramping bakal memudahkan pengendalian saat di jalan tanah. Pada handle motor juga disematkan hand guard yang berguna untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan.

2. Mesin Bertenaga

Basis mesin yang dipakai silinder tunggal, 250 cc, DOHC 4 katup, pendingin cairan. Transmisinya 6 percepatan dengan kawalan fitur Assist/Slipper Clutch yang membantu saat terjebak dikemacetan, dan mencegah roda terkunci.

Sumber penggerak ini punya basis yang sama dengan CRF250 Rally. Seperti terlihat pada tenaganya yang mencapai 25,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm per 6.500 rpm.

Baca juga : Honda CRF250L 2023 Mau Diubah Jadi Versi Rally, Bisa?

Mesin sudah banyak penyesuaian.

Tapi dengan bobot yang lebih ringan, tentu saja Honda CRF250L ini akan lebih menyenangkan kala dipakai melintasi jalur gravel hingga tanah, termasuk melintasi jalur menanjak yang ekstrim.

3. Proper Untuk Off Road

Selain desain bodi yang dibuat ramping dan juga mesin yang mumpuni, motor ini juga ditunjang kaki-kaki istimewa agar proper untuk dipakai off road. Paduan lingkar pelek 21-18 inci jadi andalan pastinya.

Pada sektor depan, lingkar pelek 21 inci dibalut ban 80/100-21. Kawalannya ada suspensi upside down dari Showa SFF-BP dengan diameter tavung 43 mm. Dipadu rem depan cakram 256 mm dengan kaliper dua piston.

Monosok dengan Pro-link lebih nyaman.

Lantas bagian belakang ditunjang pelek 18 inci berbungkus ban 120/80-18, dengan monosok Showa 260 mm yang dilengkapi preload adjuster dan Pro-link yang membantu redaman lebih halus. Lainnya ada rem cakram 220 mm kaliper satu piston.

4. Banyak Fitur Canggih

Biar pun ini adalah sebuah motor trail, fitur yang dibawanya terhitung canggih. Misalnya lampu-lampu yang hampir seluruhnya sudah LED, kecuali lampu belakang.

Kemudian pada sektor mesin, tertanam teknologi Assist & Slipper Clutch. Dan sistem bahan bakar yang dipakai pun berbeda dari Honda CRF250 Rally, dan lebih canggih.

Punya Assist & Slipper Clutch.

"Sudah terpasang LAF Sensor, lalu CKP Sensor yang berfungsi menjaga akurasi asupan bahan bakar dan udara. ECM pun beda, Rally itu 33 pin kalau CRF250L 48 pin," sambung Reza lagi.

Kemudian reluctor atau tonjolan pada magnet lebih rapat dengan 16 buah yang berjarak 20 derajat agar lebih presisi. Tak ketinggalan EVAP untuk menunjang kadar emisi agar lebih baik.

Panel meter digital pun informatif, selain info-info dasar, ada tambahan stopwatch, untuk mengetahui seberapa lama motor digunakan. Tampilannya pun persis milik Honda CRF250 Rally.

Baca juga : Bukan Cuma Bodi, Beda Honda CRF250L dan CRF250 Rally Ternyata Banyak!

Panel meter digital informatif.

Kalau ada yang bertanya, apakah dilengkapi fitur ABS, jawabannya tidak. Selain akan membuat harga lebih mahal, fitur ini pun cenderung tak terpakai saat melaju di jalur off road.

5. Harga Honda CRF250L Lebih Murah

Ya harganya lebih terjangkau jika dibandingkan Honda CRF250 Rally yang kini sudah Rp 92,145 juta. Dengan harga yang lebih hemat, tentu ada banyak konsumen yang bisa memilikinya.

Apalagi banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk bisa mengendarai Honda CRF250L, dengan memodifikasi Honda CRF250 Rally. Artinya mereka harus merogoh uang lebih besar untuk membeli unit dan biaya modifikasinya.

Banyak yang beli Honda CRF250 Rally diubah jadi CRF250L.

Kemudian peminat Honda CRF250 Rally saja harus antri untuk memilikinya, dan bukan tak mungkin, bisa jadi hal yang samna terulang pada Honda CRF250L. Selisih harga tadi juga bisa untuk membeli aksesoris lain.

Dan jika dilihat, ada kompetitor sekelas yakni Kawasaki KLX 250 yang dilepas Rp 71,1 juta. Tapi motor satu ini sudah lama tak mendapatkan update baik desain atau fitur ya. Anda tergoda?

Honda CRF250L 2023
Dimensi (PxLxT 2.229 x 903 x 1.203 mm
Sumbu Roda 1.453 mm
Jarak Terendah 277 mm
Tinggi Jok 893 mm
Berat Isi 140 kg
Kapasitas Tangki 7,8 liter
Tipe Mesin 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cair
Diameter x Langkah 76 x 55 mm
Kapasitas Mesin 249,7 cc
Tenaga Max 25,6 PS @ 8.500 rpm
Torsi Max 23,1 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Manual 6 speed
Suspensi Depan Upside down, Showa
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 80/100-21
Ban Belakang 120/80-18
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CRF250L
Lihat