Responsifnya Honda Supra GTR 150, 201 Meter Ditempuh 10,9 Detik Saja!

Performa mesin Honda Supra GTR 150
  • Pakai mesin yang sama dengan CBR dan CB series.
  • Mesin square punya karakter tenaga kuat di putaran rendah hingga tengah.

Beda dengan kelas motor bebek yang masih mengusung mesin 110-125 cc, Honda Supra GTR 150 (Spesifikasi | Berita) masuk dalam kategori bebek super karena sudah mengusung mesin berkapasitas 150 cc.

Mesin yang digunakan sama seperti pada Honda CBR150R (Spesifikasi | Berita), CB150R CB150X, dan Sonic 150R series generasi terbaru dengan kode mesin K56. Mesin ini khas akan powerband yang bermain di putaran rendah dan tengah.

Salah satunya karena menggunakan kombinasi diameter piston dan panjang langkah piston yang hampir square, rinciannya pakai diameter piston 57,3 mm dengan panjang langkah 57,8 mm.

Spesifikasi lainnya adalah memiliki kapasitas mesin murni 149,1 cc, satu silinder, 4-langkah, DOHC 4 katup, pendingin cairan, 6 percepatan, dan injeksi PGM-FI. 

Karakter Tenaga Honda Supra GTR 150

Seperti yang sudah dibahas di awal kalau karakter tenaganya cukup responsif dari putaran bawah dan akan lebih terasa ketika menyentuh 7.000 rpm hingga di kisaran 10.000 rpm. Kalau di atas itu mesin hanya terasa menggerung namun tenaga sudah berkurang.

Mesin kode K56 yang khas dengan tenaga responsif

Baca juga: Cek Harga Matic Setang Telanjang, Gak Cuma Honda BeAT Street!

Kuatnya tenaga dibarengi juga dengan transmisi 6 percepatan yang punya perbandingan cukup rapat, sehingga tiap perpindahan gigi tidak sampai membuat putaran mesin drop.

Bahkan perpindahan gigi clutchless dengan teknik blipping pun dapat dilakukan dengan sangat mudah ketika momentumnya tepat. Meski belum dilengkapi Assist/Slipper Clutch, namun kopling GTR 150 masih masuk kategori empuk dan responsif tanpa gejala selip saat perpindahan gigi atau wheelie.

Bodi serba melancip membuatnya terlihat lebih sporty dibanding turing

Jadi untuk dipakai bermacet-macetan tidak akan terlalu membebani jari kiri pengendaranya. Penggunaan transmisi 6 percepatan juga membuat GTR 150 memiliiki nafas panjang.

Cocok juga untuk pengendara yang punya karakter malas menggantung atau bermain di rpm tinggi. Jadi bisa cruising santai menggunakan gigi tinggi dan rpm rendah, dengan begitu konsumsi bahan bakar pun akan lebih efisien.

Baca juga: Lucunya Honda Scoopy 2023 Pakai Livery Minion, Cuma Ada 6.000 Unit!

Letak silencer model gantung dengan suara ngebass adem...

Sayangnya di kisaran 7.000 rpm ada sedikit vibrasi atau getaran mesin yang terasa di setang, footstep dan juga jok. Tapi di luar rpm itu masih aman. Meski dipakai merayap di kemacetan dengan kondisi siang hari, ternyata suhu panas mesinnya masih aman dan tidak terasa di kaki pengendara.

Pengujian Akselerasi

Tidak lupa melakukan pengujian akselerasi terhadap Honda Supra GTR 150 menggunakan Racebox yang berbasis GPS. Setelah beberapa kali pengujian, akhirnya didapatkan angka akselerasi yang tepat.

Seperti untuk mencapai kecepatan 0-60 km/jam ditempuh dalam waktu 4,03 detik, lalu jarak 0-201 meter dicapai dalam waktu 10,92 detik di kecepatan 95,5 km/jam. Top speed di spidometer menunjukkan angka 133 km/jam.

Hasil lengkapnya bisa lihat di tabel tes akselerasi. Kencang bukan?

Data Akselerasi Honda Supra GTR 150

0-60 km/jam 4,03 detik
0-80 km/jam 6,96 detik
0-100 km/jam 12,45 detik
0-100 meter 6,82 detik @78,6 km/jam
0-201 meter 10,92 detik @95,5 km/jam
0-402 meter 17,88 detik @109,1 km/jam
Top speed spidometer 133 km/jam
Top speed Racebox 122,3 km/jam
Spesifikasi Honda Supra GTR 150
Tipe mesin Satu silinder, 4-langkah, DOCH, 4 katup, pendingin cairan
Kapasitas mesin 149,1 cc
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Rasio kompresi 11,3:1
Tenaga maksimal 16,3 ps @9.000 rpm
Torsi maksimal 14,2 Nm @6.500 rpm
Transmisi 6 percepatan
Tipe rangka Twin tube steel
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Tunggal
Ban depan 90/80-17 46P tubeless
Ban belakang 120/70-17 58P tubeless
Rem depan Cakram hidrolik
Rem belakang Cakram hidrolik
P x L x T: 2.025 x 705 x 1.105 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Jarak sumbu roda 1.284 mm
Jarak terendah ke tanah 150 mm
Berat isi 119 kg
Kapasitas tangki bensin 4,5 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Supra GTR 150
Lihat