Kulik Spek Mesin Honda Genio 2023, Lebih Gesit dan Irit dari Scoopy?

Honda Genio dilepas tak sampai Rp 20 juta OTR Jakarta.
  • Akselerasi lebih cepat dari Honda Scoopy.
  • Konsumsi bensin tembus 50 km/liter.
  • Membawa teknologi baru matic Honda.

Salah satu motor matic entry level dari Honda adalah Honda Genio 2023, yang mengisi celah antara Honda BeAT dan Honda Scoopy.

Bahkan motor matic Honda satu ini menjadi pelopor teknologi baru, yang akhirnya juga diterapkan pada kedua motor tersebut.

Teknologi itu adalah rangka eSAF (enhanced Smaret Architecture Frame), yang terbuat dari pelat baja yang di-press, dicetak dan kemudian disambung pakai las laser.

Proses membuat rangkanya kurang lebih mirip dengan proses pembuatan rangka mobil monokok.

Keuntungan dari rangka eSAF ini mampu membuat motor lebih ringan, kemudian lebih stiff juga kuat dibandingkan rangka biasanya.

Baca juga : Sasis dan Mesin Sama, Mau Honda BeAT 2023 atau Honda Genio 2023?

Honda Genio 2023 Usung Mesin eSP

Tapi selain rangka tadi, teknologi lainnya adalah mesin eSP (enhanched Smart Power), generasi terbaru yang dibuat untuk mengejar efisiensi.

Klaim pabrikan, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 59,1 km/liter dengan metode pengetesan WMTC Euro 3, dan fitur Idling Stop System diaktifkan.

Mesin eSP generasi terbaru paling over stroke.

Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dengan suplai bahan bakar injeksi, PGM-FI khas Honda.

Diameter pistonnya 47 mm dengan langkah piston 63,1 mm, kapasitas mesinnya 110 cc dan karakternya over stroke.

Keluaran tenaganya 9 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 9,3 Nm di 5.500 rpm, yang disalurkan menuju roda lewat transmisi CVT.

Lebih Gesit dari Honda Scoopy

Dan soal akselerasi, ternyata Honda Genio lebih gesit dari Honda Scoopy lho, ya meski perbedaannya tak terpaut jauh.

Akselerasi lebih cepat dari Honda Scoopy.

Honda Genio untuk jarak 0-100 meter hanya butuh 8,54 detik, sedangkan Honda Scoopy 8,89 detik.

Untuk menggapai 80 km/jam dari posisi diam pun, motor ini cuma membutuhkan waktu 13,73 detik, kalau Honda Scoopy 16,71 detik.

Lumayan signifikan bedanya bukan? Tapi keduanya sama-sama tak bisa menggapai kecepatan 100 km/jam.

Data tadi kami peroleh dengan menggunakan alat ukur berbasis satelit, Racebox, jadi hasilnya bisa dikatakan akurat ya.

Baca juga : Honda Genio Baru Makin Mirip Scoopy, Cek Lagi Perbedaannya

Data Akselerasi Honda Genio 2023
0-60 km/jam 7,12 detik
0-80 km/jam 13,73 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,54 detik
0-200 meter 13,46 detik
0-402 meter 21,88 detik
Top speed Racebox 95,12 km/jam
Top speed spidometer 103 km/jam

Konsumsi BBM Honda Genio 2023

Punya konsumsi BBM yang irit.

Meski soal akselerasi lebih gesit, namun perkara konsumsi bahan bakar minyak pun motor satu ini masih kalah irit.

Sama-sama menggunakan BBM oktan 92, Honda Scoopy mampu mencatatkan torehan 58,4 km/liter, Honda Genio mencatatkan 52,6 km/liter.

Hasil tersebut diraih dengan menggunakan metode pengukuran full to full, dan cara berkendara normal.

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif lebih terjangkau dari Honda Scoopy, Honda Genio 2023 layak menjadi opsi menarik untuk penyuka motor matic bergaya retro modern.

Honda Genio (kiri) dan Honda Scoopy (kanan).

Terlebih dengan harga yang relatif terjangkau, yakni tak sampai Rp 20 juta untuk on the road Jakarta.

Namun kalian sudah bisa mendapatkan motor matic yang gesit untuk harian, dengan akselerasi yang lebih sigap.

Meski konsumsi bahan bakarnya tak seirit Honda Scoopy, namun rasanya torehan 52,6 km/liter masih terhitung irit.

Spesifikasi Honda Genio 2023
Tipe mesin 4 tak, SOHC, eSP
Kapasitas mesin 109,5 cc
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Bore x stroke 47 mm x 63,1 mm
Rasio kompresi 10:1
Tenaga maksimal 9 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal 9,3 Nm 5.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik dan Kick starter
Tipe kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe rangka Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal
Ban depan 100/90-12
Ban belakang 110/90-12
Rem depan Cakram hidrolik, kaliper 1 piston
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Tinggi tempat duduk 744 mm
Jarak sumbu roda 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah 147 mm
Berat isi 92 kg (tipe CBS), 93 kg (tipe CBS-ISS)
Tangki bensin 4,2 liter
Tipe aki MF 12 V – 3 Ah (tipe CBS, MF 12 V – 5 Ah (tipe CBS-ISS)
Tipe busi NGK MR9C-9N
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Genio
Lihat