Ramai Kasus Rangka eSAF Honda Keropos Hingga Patah, Bisa Ganti Rugi?

Honda Genio jadi pelopor penggunaan rangka eSAF
  • Diproses menggunakan metode press dan las anti deformasi.
  • Mengurangi bobot rangka sebanyak 8% atau sekitar 4 kg.
  • Tiap kasusnya perlu ditinjau lebih dalam.

Belakangan ini banyak sekali konten di media sosial mengenai rusaknya rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame yang digunakan oleh beberapa line up matic Honda.

Kasus kerusakan yang terjadi mulai dari rangka berkarat, keropos dan paling parah adalah keroposnya bagian rangka eSAF ini membuat motor terbelah menjadi dua atau patah.

Teknologi Baru

Rangka eSAF sendiri merupakan teknologi pembuatan rangka buatan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk beberapa tipe motor maticnya. Pertama kali diperkenalkan dan digunakan oleh Honda Genio, 2019 lalu.

Setelah itu rangka eSAF diadopsi di beberapa matic lainnya seperti Honda BeAT, Honda Scoopy dan terbaru ada pada Honda Vario 160.

Berbeda dengan rangka motor pada umumnya yang menggunakan pipa bulat atau kota, rangka eSAF dibuat menggunakan beberapa lembar pelat baja untuk selanjutnya di-press dan dilas.

Baca juga: Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Rangka eSAF pakai metode press dan las laser dalam pembuatannya | Foto: AHM

Terdapat enam bagian rangka yang disatukan menjadi rangka eSAF. Proses penyatuan lembaran pelat bajanya menggunakan alat las laser, diklaim bisa meminimalkan deformasi atau perubahan struktur pelat yang disambungkan saat pemanasan.

Material serta metode pembuatan rangka terbaru Honda ini disebut lebih ringan 8% atau 4 kg dibandingkan dengan tipe rangka lama.

Lantaran makin enteng, motor menjadi lebih lincah terutama saat bermanuver. Di samping itu, ringannya bobot membuat beban mesin berkurang sehingga konsumsi bahan bakar semakin efisien.

Tanggapan AHM

Kembali ke topik utama, maraknya pemberitaan tersebut pun membuat AHM turut buka suara. Seperti dikatakan Octavianus Dwi Putro selaku Direktur Pemasaran AHM saat ditemui di peluncuran Honda EM1 e: di GIIAS 2023

Baca juga: Didukung Kredit Motor Honda, Transaksi Astra Financial Melonjak di GIIAS 2023

Rangka eSAF punya bobot lebih ringan 8% dari rangka biasa.

Menurutnya kejadian tersebut perlu dikaji lebih dalam. Pasalnya penyebab karat atau kropos ini bisa disebabkan banyak hal, bahkan jika masih masuk dalam masa garansi maka akan diganti dengan yang baru.

“Masih masuk dalam kriteria atau masa garansi atau tidak, karena semua itu kan ada waktunya. Kalau masih masuk garansi maka pasti kami proses. Selanjutnya tergantung kasus, kalau kasusnya kesalahan pemakaian maka kami akan bantu konsumen agar ke depannya tidak kejadian.” 

“Kemudian untuk sparepart juga akan kami bantu secara maksimal agar motor mereka bisa dipakai lagi. Beberapa memang ada yang harus diinvestigasi lebih lanjut lagi QC (pengecekan kualitas),” ujarnya.

Penyebab Rangka eSAF Keropos

Salah satu penyebab dari keroposnya rangka eSAF ini adalah air laut. Pasalnya, air laut ini memang terkenal membuat besi atau pelat cepat korosif.

“Misal kasus frame patah, harus dilihat dulu kasusnya ini apa, misal karena pemakaian atau tinggal dekat pantai atau laut. Jika tinggal di pesisir pantai atau laut berarti ini harusnya terjadi ke semua ya, karena korosif ini kan ya,” pungkas Octavianus.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Mau Touring Nyaman Harus Cermat Atur Barang, Begini Caranya

Butuh cara menyiasati ruang barang yang kecil. Jaga agar barang tidak basah saat hujan. Perbedaan dimensi membuat daya angkut barang antara mobil dan sepeda motor terpaut jauh. Terlebih buat kebutuhan touring, di mana pengguna kendaraan roda dua kudu cermat memaksimalkan bawaannya. Selain itu, tak adanya pelindung seperti atap membuatnya rawan kehujanan atau terjatuh. Untuk itu, jika yang dibawa cukup banyak, maka perlu strategi untuk menata barang di motor. Sehingga selain mencegah potensi baha

Seharga Puluhan Honda Beat, Ini Deretan Moge di GIIAS 2023

Ada Honda CBR1000RR-R dengan harga Rp 1 miliar lebih. Harley-Davidson diwakili seri Touring. Bukan cuma mobil-mobil mewah berbanderol mahal yang tampil di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar alias moge yang dijual lebih dari Rp 1 miliar pun tampil pada gelaran di ICE BSD tersebut. Jika Anda menebus salah satu dari motor tersebut, maka bisa dikonversikan menjadi lebih dari 50 unit matic entry level Honda Beat seharga Rp 18 jutaan. Motor-motor dengan harga fantastis itu ditawarkan oleh dua pabrikan,

Yamaha : Banyak yang Berharap E01 Dijual Rp 40-60 Juta

Yamaha masih tes pasar untuk motor listriknya. Rp 40-60 juta adalah harga harapan masyarakat. Targetkan 4.000 orang mencoba Yamaha E01. Sudah sejak akhir tahun lalu motor listrik Yamaha E01 melakukan tes pasar di sejumlah wilayah Indonesia. Tes ini dilakukan untuk bisa mendapatkan masukan dari konsumen terkait motor listrik seperti apa yang diinginkan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan spesifikasi, jarak tempuh, daya tahan baterai, lama pengecaran hingga harga jualnya. PT Yamaha Indonesia Moto

Naik Yamaha WR 155 R Gak Pakai Jinjit, Cukup Pasang Dua Part Ini

Bisa membuat motor lebih pendek 8,5 cm. Cocok untuk rider kurang dari 168 cm. Bisa didapatkan di bengkel dan toko online. Sebagai salah satu pemain motor trail kelas 150 cc, Yamaha WR 155 R menjadi model yang meluncur belakangan. Motor ini menawarkan keunggulan pada sektor mesin dengan performa yang lebih baik dari kompetitor. Namun dengan tinggi jok 880 mm dan ground clearance yang mencapai 245 mm, banyak yang kesulitan mengendarainya. Terutama ketika melintasi kemacetan atau saat dipakai off r

Mengenang Prestasi Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Meninggal di Mandalika

Haruki Noguchi sempat turun di Redbull Rookie. Masih di posisi dua klasemen ASB1000 2023. Meninggalnya pembalap muda asal Jepang, Haruki Noguchi akibat kecelakaan pada balap Asia Superbike 1000 di Sirkuit Mandalika pekan ini, menuai simpati dari kalangan balap. Salah satunya dari sesama pembalap Jepang, Takaaki Nakagami yang membalap di ajang MotoGP bersama tim LCR Honda. Dalam akun Instagramnya, Nakagami menyatakan rasa dukanya. Dirinya pun menyatakan jika Noguchi merupakan pembalap pekerja ker

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat