Cek Harga Bekas Honda Vario 160, Pengguna Rangka eSAF Honda Paling Baru

Honda Vario 160 Repsol Edition.
  • Honda Vario 160 menjadi produk ketiga yang menggunakan rangka eSAF buatan  PT Astra Honda Motor (AHM).
  • Harga bekas mengalami penurunan antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

Kubu Honda tengah jadi perbincangan usai rangka eSAF buatannya terindikasi karatan. Bahkan, tak sedikit pula pemilik yang mendapati sasis motornya tersebut keropos. 

Sebagaimana terekspos belakangan ini, beberapa line up pengguna rangka eSAF seperti Honda Genio dan Honda Beat bahkan sampai mengalami patah sasis.

Memang tidak semua, termasuk Honda Vario 160 yang juga digunakan pihak PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menanggapi kasus yang tengah viral ini. 

Klan Vario Pengguna Rangka eSAF

Untuk diketahui, selain meningkatkan kapasitas mesin dari 150 cc jadi 160 cc, model ini merupakan pengguna rangka eSAF Honda paling baru. 

Setelah Genio (2019) dan Beat series (2020), pada 2022 lalu Honda Vario 160 diumumkan memakai sasis serupa. Ia pun menjadi varian pertama Vario yang mengaplikasi sasis buatan PT AHM itu.

Honda Vario 160 terlahir menggantikan Vario 150.

Baca juga: Patut Disimak, Ini Motor Matic Honda yang Pakai Rangka eSAF

Kendati demikian, beberapa pemilik juga mengeluhkan ihwal karat pada rangka eSAF kompetitor Yamaha Aerox 155 tersebut. Kondisi ini bisa saja merugikan, mengingat motor Honda dikenal memiliki harga jual kembali yang cukup tinggi. 

Tak dipungkiri, selain irit hal itu juga menjadi salah satu faktor penentu konsumen saat membeli motor Honda. Lantas, apakah kasus ini berpengaruh terhadap nilai jual Honda Vario 160 sekarang?

Harga Bekas Vario 160  

Berkaca kepada waktu peluncurannya, usia Honda Vario 160 sendiri masih tergolong muda. Namun, banyak juga unit bekas yang beredar. 

Depresiasi ketimbang harga barunya jelas ada. Seperti temuan di situs jual beli, terpantau Honda Vario 160 CBS bekas dijual mulai dari Rp 22 jutaan. Sedangkan banderol termahal untuk unit keluaran 2022 adalah Rp 24 jutaan. 

Harga Honda Vario 160 termurah dan termahal di situs jual beli.

Baca juga: Ternyata Harga Bodi Honda Vario 160 Lebih Mahal dari Rangka eSAF!

Sementara pada Honda Vario 160 ABS tahun yang sama, bekasnya dijual mulai Rp 25 jutaan dan tertinggi adalah Rp 27 jutaan. Tentu saja keberagaman penetapan harga ini bergantung pada beberapa faktor, salah satunya kondisi fisik. 

Sekadar informasi, saat itu Honda Vario 160 khususnya di wilayah Jakarta dijual dengan harga Rp 25,8 juta (tipe CBS) dan Rp 28,5 juta untuk versi ABS. 

Walau ada selisih Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan, penurunan harga bekas produk ini masih terbilang wajar. Jadi, Honda Vario 160 dengan rangka eSAF tetap layak dibeli atau tidak? 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Motor Listrik TVS X Dijual Rp 46,3 Juta, Bisa Main Game Sampai Nonton Video!

Top speed TVS X sentuh 105 km/jam. Punya entertainment system. Pabrikan motor asal India, TVS Motor Company menghadirkan model kedua dari skuter listrik mereka pekan ini. Motor yang dirilis di Dubai, Uni Emirat Arab itu berjuluk TVS X. Sebelumnya, TVS sudah memiliki skuter matic berpenggerak listrik berjuluk iQube bertampang imut seperti TVS Callisto. Namun, TVS X punya bahasa desain yang jauh berbeda. Sepintas sosoknya cenderung gaya sporty. Mengingatkan kami akan desain TVS Ntorq, namun dengan

Mengenal Silikat Pada Rangka eSAF Honda, Beneran Bukan Karat?

Bercak kuning pada rangka bukan lah karat. Kuning di rangka merupakan silikat sisa proses pengelasan. Silika dibutuhkan saat pengelasan namun cat tidak bisa menempel. Pembahasan rangka eSAF korosi, karat hingga patah tengah memenuhi hampir seluruh jagad media sosial. Ini pun membuat PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan klarifikasi dalam bentuk video yang diunggah pada akun Instagram @welovehonda_id. Tanpa basa-basi, pembahasan langsung mengarah kepada bercak kuning pada rangka motor Honda. Di m

Kesulitan Lewati Lautan Pasir Bromo Pakai Motor? Begini Triknya

Kondisi motor harus sehat. Atur kecepatan. Jaga jarak khususnya jika debu tebal. Pemandangan eksotis gunung Bromo dengan lautan pasirnya kerap menjadi destinasi bikers untuk touring dan berfoto ria. Area ini bisa dicapai dari empat wilayah yakni Malang, Probolinggo, Pasuruan dan juga Lumajang. Meski menggoda, namun lautan pasir kerap jadi momok untuk bikers terlebih pada musim kemarau, yang membuat pasirnya sangat lembut. Pada aktivitas bLU cRU Adventure Ride beberapa waktu lalu, kami mencicipi

Jadi Karya Seni Instalasi, Motor Listrik Sergap 30.1 Dilelang Mulai Rp 100 Juta

Motor listrik Sergap 30.1 punya spek militer. Hadirkan karya seni instalasi. Karya seni bisa hadir dari media apa pun, mulai lukisan di kanvas, seni pahat patung dan sebagainya. Dan kali ini, ada lukisan di sepeda motor listrik Sergap 30.1 yang masuk ke kategori seni instalasi. Hal inilah yang coba dihadirkan oleh PT Byxe Motor Indonesia (BMI) selaku distributor motor listrik Sergap 30.1, dengan menyediakan dua motor dihadirkan sebagai bentuk karya seni. Kedua motor listrik itu dipamerkan untuk

Cek Harga Rangka Honda Beat, Yamaha Mio M3 dan Suzuki Nex II, Nggak Sampai Rp 2 Juta!

Honda Beat punya rangka paling murah. Fungsi rangka sangat penting di motor. Rangka motor memang bukanlah komponen fast moving atau yang perlu cepat diganti seperti ban atau kampas rem. Namun yang namanya apes tentu sulit dihindari. Sebab rangka bisa saja rusak karena benturan saat kecelakaan hingga keropos akibat karat. Seperti yang tengah ramai dikabarkan belakangan ini. Hal ini pun diantisipasi oleh pabrikan motor dengan menjual rangka motor tersebut secara eceran. Sehingga pemilik motor dapa

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 160
Lihat