Tahun Pertama, Biaya Perawatan Honda Vario 150 Hanya Rp 200 Ribuan

Honda Vario 150 menjadi salah satu produk skuter matik (skutik) populer di Indonesia. Model ini sendiri merupakan pengembangan varian setelah sebelumnya ada Vario 110 yang merupakan generasi pertama dan Vario 125.

Diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, skutik ini terus mengikuti perkembangan zaman. PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsennya, terakhir kali memberikan update pada April tahun 2018 lalu.

Pada update tersebut, Honda Vario 150 sudah dibekali dengan Smart Key atau kunci keyless, panel instrumen digital dengan tampilan negatif display, serta seluruh lampunya sudah LED.

Honda Vario 150 dijual mulai dari Rp 24.150.000 untuk varian Exclusive, dan Rp 24.300.000 untuk varian Exclusive Matte Black dan Sporty Series.

Harga yang ditawarkan terbilang kompetitif jika dibandingkan Yamaha Aerox 155, dimana untuk varian paling murah dijual diangka Rp 24.795.000.

Honda Vario 150 mengusung mesin 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan pakai teknologi eSP (Enchanced Smart Power) khas Honda, dan sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi.

Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin tersebut mencapai 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm. Mesin ini memiliki rasio kompresi 10,8 : 1 dan dipadukan transmisi otomatis CVT.

Dengan mesin eSP, proses menghidupkan mesin motor lebih halus karena memanfaatkan teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter, yang sudah diterapkan untuk skutik-skutik keluaran Honda.

Panel instrumen Honda Vario 150 sudah model digital dengan tampilan negatif display yang nampak canggih. Informasi di dalamnya ada spidometer, fuel meter, jam digital, voltmeter, odometer, trip A dan B, konsumsi bahan bakar rata-rata dan konsumsi bahan bakar aktual.

Penunjuk konsumsi bahan bakar aktual berupa indikator bar kecil yang posisinya ada di layar paling bawah. Indikator tadi akan naik-turun memanjang mengikuti pergerakan tuas gas.

Biaya Perawatan

Seperti yang diketahui, basis mesin yang dipakai Honda Vario 150 sama dengan ADV150 dan PCX 150. Mesin ini mampu hasilkan tenaga 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm. Rasio kompresi 10,8 : 1 dan dipadukan transmisi otomatis CVT.

Terkait biaya perawatan, khususnya untuk satu tahun pertama, pengguna tidak perlu merogoh kantung dalam-dalam. Karena hanya membutuhkan biaya perawatan sekitar Rp 208.500 saja, dengan interval servis setiap 4.000 km atau empat bulan sekali.

Honda Vario 150

Honda Vario 150
Mileage Suku Cadang dan Jasa Biaya
1.000 km / 1 bulan

Jasa Servis  (gratis)

Oli AHM Oil MPX2 (gratis)

gratis
4.000 km / 4 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli AHM Oil MPX2 (Rp 45.500)

Rp 45.500
8.000 km / 8 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli AHM Oil MPX2 (Rp 45.500)

Busi (Rp 22.000)

Oli gardan (Rp 15.000)

Rp 82.500
12.000 km / 12 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli AHM Oil MPX2 (Rp 45.500)

Kuras radiator (Rp 35.000)

Rp 80.500

Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox 155
Mileage Suku Cadang dan Jasa Biaya
1.000 km / 1 bulan

Jasa Servis  (gratis)

Oli Yamalube (gratis)

gratis
4.000 km / 4 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli Yamalube (Rp 66.000)

Oli garden (Rp 17.000)

Rp 83.000
8.000 km / 8 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli Yamalube (Rp 66.000)

Busi (Rp 13.000)

Rp 79.000
12.000 km / 12 bulan

Jasa Servis (gratis)

Oli Yamalube (Rp 66.000)

Kuras radiator (Rp 39.000)

Filter udara (Rp 53.000)

Rp 158.000

Tercatat selama setahun masa pakai atau 12.000 km, Honda Vario 150 melakukan tiga kali pergantian oli mesin. Lalu satu kali penggantian oli transmisi (gardan), satu kali ganti busi dan satu kali kuras radiator sesuai rekomendasi bengkel resmi.

Biaya yang dikeluarkan hanya Rp 208.500 saja untuk merawat Honda Vario 150 selama satu tahun pemakaian. Biaya ini lebih hemat dibandingkan Yamaha Aerox 155 yang butuh biaya Rp 320 ribu.

Tapi yang patut dicatat, Honda menerapkan biaya jasa servis dan juga harga suku cadang berbeda-beda ditiap wilayah, dan juga tergantung untuk servis yang dilakukan.

Misal servis ringan, maka mekanik akan memeriksa kinerja injeksi, pembersihan filter udara, pemeriksaan dan penggantian oli, pembersihan busi, penyetelan rem depan dan belakang, pemeriksaan baterai dan pemeriksaan lampu dan klakson.

Lalu untuk servis lengkap, seluruh item pada servis ringan akan ditambah dengan penyetelan dan pelumasan kabel gas, pemeriksaan setang kemudi, pengencangan mur dan  baut, pemeriksaan roda dan ban, penyetelan katup dan penyetelan kopling.

Namuan merujuk data perawatan untuk tahun pertama, servis yang dilakukan adalah servis ringan, karena biaya jasa servis masih gratis dan kondisi motor relatif masih muda dan minim kerusakan.

Konsumsi Bahan Bakar

Mesin dengan teknologi eSP Honda dikenal punya konsumsi bahan bakar yang irit. Berdasarkan hasil tes internal pabrikan, Honda Vario 150 bisa mencapai angka 46,9 km/liter.

Honda Vario 150 mengadopsi mesin 150 cc, eSP, 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi, yang punya keluaran tenaga 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm.

Harga Bekas Honda Vario 150

Melihat laman jual beli daring, harga Honda Vario 150 untuk keluaran 2018 direntang Rp 13.000.000 sampai Rp 18.500.000. Untuk rakitan 2019 diangka Rp 15.700.000 sampai Rp 19.600.000. Dan untuk buatan tahun 2020 berada diangka Rp 17.000.000 sampai Rp 20.750.000.

Kesimpulan

Tergolong skutik favorit masyarakat Indonesia, Honda Vario 150 langsung menggoda dan layak dijadikan kuda besi andalan untuk beraktifitas harian.

Mesin 150 cc yang tergolong responsif dan irit bahan bakar jadi salah satu keunggulannya. Jangan lupakan juga jaringan bengkel resmi yang banyak tersebar diseluruh pelosok Indonesia.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat