Uniknya Honda Beat Versi Turki, Bentuknya Ala Matic 2000-an!

Honda Beat versi Turki
  • Lahir lebih dulu dari di Indonesia.
  • Mesin hanya 102 cc desain mirip Jetmatic.

Nama Honda Beat memang ada di mana-mana, mulai dari mobil, motor sport 2-tak hingga skuter matic, dan menariknya, skuter matic Honda Beat juga banyak jenisnya lho, seperti yang ada di Turki.

Yup, di Indonesia, skuter matic Honda Beat baru hadir mulai tahun 2008 silam. Tapi sebelumnya jenama Honda Beat justru dipakai sejak awal dekade 2000-an di Turki. 

Memang belum selama skuter matic Honda Beat di Jepang yang sudah ada di tahun 80-an. Tapi motor tersebut cukup legendaris, karena beredar di Turki hingga sekitar 2009.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik Sepi Peminat, Biaya Mahal Jadi Kendala

Tampang Mirip Kymco Jetmatic

Sosoknya sendiri memang jauh berbeda dari Honda Beat di Indonesia. Meski demikian, kedua Honda Beat ini sama-sama menawarkan kepraktisan sebagai motor harian.

Bisa dilihat dari dimensi panjang x lebar x tinggi versi Turki yang ada di angka 1.845 × 710 × 1.110 mm.

Sedangkan versi Honda Beat terbaru di Indonesia punya ukuran 1.877 x 669 x 1.074 mm.

Desain mirip Kymco Jetmatic.

Tapi memang desain eksterior Honda Beat Turki masih khas skuter matic era 2000-an. Mirip-mirip Kymco Jetmatic yang sempat dijual di Indonesia pada waktu yang sama.

Tengok saja headlamp dan sein besar di bagian tebeng depan. Panel setangnya tertutup batok yang juga berukuran besar. Spidometernya analog bertampilan sederhana.

Untuk deknya rata dengan hook cantelan barang di bagian dalam. Tebeng bagian dalamnya pun tanpa laci yang menjanjikan ruang kaki lebih luas.

Baca Juga: Ini Alasan Silikat Banyak Terlihat Pada Rangka Motor Matic

Beralih ke belakang, ada bodi gambot di belakang dengan lekukan minim. Serta sepatbor yang rata. Besi behel atau handlenya berada di atas bodi, bukan di balik jok. Hal ini membuat kesan unik di Honda Beat Turki.

Fitur minimalis

Di bagian kaki-kaki ada sepasang pelek 10 inci berbalut ban 90/100-10 yang rata di depan dan belakang. Rem di kedua roda pun masih tromol.

Spek Mesin Minimalis

Jika Honda Beat di Indonesia dibekali mesin 110 cc dari awal hingga kini, maka di Turki volume mesinnya lebih kecil. Mesinnya 102 cc saja dengan basis Honda Lead.

Pakai mesin lebih kecil.

Mesin tersebut bersistem karburator dengan pendingin udara. Tenaganya mencapai 7 ps di 7.500 rpm dan torsi 7,5 Nm per 5.500 rpm. Konsumsi BBM dari Honda Beat di Turki diklaim mencapai 45 km per liter.

Motor ini juga memiliki tangki bervolume 6 liter dan bobot 100,5 kg. Cukup jauh dibanding versi Indonesia dengan bobot 89 kg dan tangki 4,2 liter.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Yamaha Gandeng CFMoto Untuk Rakit dan Jual Motor di Cina

CFMoto jadi partner baru. Kerjasama mulai berjalan November mendatang. Cina jadi pasar penting untuk Yamaha. Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha, mengumumkan kerjasama terbarunya dengan pabrikan motor asal Cina, yakni CFMoto. Pengumuman tersebut dilakukan 15 September kemarin disitus resminya, yang mana merek tersebut akan menjadi partner baru pabrikan itu untuk pasar Cina. Patut diketahui dulu, untuk masuk pasar Cina, merek luar harus menggandeng partner lokal untuk mengembangkan dan memproduksi

Polisi Gelar Operasi Zebra Jaya 2023, Denda Sampai Rp 500 Ribu!

Perpanjangan operasi dari awal September lalu. Jaga ketertiban jelang pemilu 2024. Operasi Zebra Jaya 2023 tengah berlangsung saat ini hingga 1 Oktober mendatang, setelah sebelumnya pihak kepolisian menggelar Operasi Zebra 2023 awal September lalu, kini kegiatan tersebut diperpanjang khusus area DKI Jakarta. Seperti diumumkan lewat akun resmi Instagram @tmcpoldametro, Operasi Zebra Jaya 2023 dimulai pada 18 September dan berakhir pada 1 Oktober mendatang. "Dit Lantas Polda Metro Jaya akan melaks

Aprilia SR GT 200 Replica Bernuansa MotoGP, Harga Tembus Rp 72 Juta!

Grafis livery terinspirasi motor MotoGP Aprilia Racing Team. Baru dijual bulan Oktober nanti. Pekan lalu, Aprilia SR GT 200 Replica resmi dirilis di Eropa, tampilannya terinspirasi livery motor balap Aprilia RS-GP milik Aprilia Racing Team. Ini merupakan bentuk perayaan kesuksesan Aprilia Racing Team. Mereka sempat tampil gemilang di MotoGP Catalunya awal bulan September lalu. Yakni dengan kemenangan yang sukses dikemas oleh Aleix Espargaro yang disusul rekan setimnya, Maverick Vinales sebagai p

Rekomendasi Top Box Suzuki V-Strom 250 SX Mulai Rp 1 Jutaan, Gagah juga Fungsional!

Pemasangan mudah juga plug and play. Ada rekomendasi top box agar sesuai dengan konsep V-Strom 250 SX. Kurang lengkap rasanya kalau punya Suzuki V-Strom 250 SX tapi tidak digunakan buat touring. Tapi, alangkah baiknya melakukan persiapan seperti memasang top box untuk mengakomodasi barang bawaan. Pasalnya top box sangat berguna saat touring, terlebih untuk motor yang tidak dilengkapi bagasi selaku tempat penyimpanan. Dengan memasang top box, membawa barang akan semakin mudah. Asyiknya, behel seb

Moge Yamaha MT-07 Rakitan Pulo Gadung Resmi Diekspor ke Eropa

Yamaha MT-07 dirakit di Pulo Gadung. Yamaha Indonesia sudah dikenal akan kualitasnya. Yamaha MT-07 belum ada untuk pasar domestik. Daftar produk motor rakitan Indonesia untuk memenuhi pasar global kini bertambah lagi, usai Yamaha MT-07 resmi dirakit secara lokal. Perayaan ekspor perdana produk Yamaha MT-07 dilakukan kemarin (18/9/2023) di Pulo Gadung, yang mana motor ini merupakan naked bike bermesin 700 cc. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sendiri memiliki dua pabrik yakni di Pulo

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat