Harganya hingga Rp.450 Juta? Honda X-ADV 2021 Makin Canggih, Siap Meluncur juga di Indonesia?

Honda Motorcycle Europe telah meluncurkan beberapa produk terbaru. Salah satu yang mendapat penyegaran adalah motor gede (moge) adventure X-ADV. PT Astra Honda Motor (AHM) juga memasarkan motor tersebut. Meski harganya cukup tinggi, namun ternyata tetap ada peminatnya. Sebab, skuter matik (skutik) bongsor bergaya petualang ini memang cukup unik.

Sambil menunggu AHM merilis X-ADV 2021 di Indonesia, ada baiknya simak dulu perubahannya dari versi sebelumnya.

Honda X-ADV 2021 Tampilan Baru

Melihat tampilan luarnya, sekilas mirip-mirip dengan model terdahulunya. Honda memang masih memertahankan karakter dan desain khas dari skutik petualang ini. Jika diperhatikan dengan seksama, detail ubahannya juga cukup banyak. Secara garis besar, desain bodi X-ADV 2021 kini lebih agresif dengan tarikan garis yang lebih tajam.

Ubahannya dapat terlihat pada bagian lampu depannya yang kini terlihat lebih tajam desainnya. Pada bagian lampu belakangnya juga mengalami sedikit revisi. Lalu, bentuk air scoop dan bodi tengah juga terlihat mengalami ubahan. Untuk memanjakan pengendaranya, X-ADV kini memiliki bentuk jok yang diyakini lebih nyaman bagi pengendaranya. Jok dibuat seperti bertingkat, sehingga untuk pengendaranya memiliki bantalan untuk pinggul. Namun, posisi berkendara tidak mengalami ubahan, karena posisi setang dan pijakan kaki diyakini juga masih sama.

Beberapa bagian yang dipertahankan atau tidak mengalami ubahan dari model sebelumnya, seperti windscreen, sokbreker depan, swingarm, dan pelek jari-jari.

Untuk pasar Eropa, Honda menawarkan X-ADV 2021 dengan tiga pilihan warna, antara lain Graphite Black, Pearl Deep Mud Grey, dan Grand Prix Red-CRF Red.

Dimensi Honda X-ADV 2021
Dimensi (PxLxT) 2215 mm x 940 mm x 1370 mm
Sumbu Roda 1590 mm
Tinggi Tempat Duduk 820 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Berat Kering 236 kg

Kelengkapan Honda X-ADV 2021

Soal teknologi, Honda selalu ingin yang terdepan dalam setiap produknya. Tak terkecuali untuk sistem penerangan. Semua sistem penerangan X-ADV sudah dibekali dengan teknologi LED, baik lampu depan, lampu belakang, bahkan hingga lampu sein pun sudah disematkan LED. Teknologi ini diklaim mampu memberikan penerangan yang lebih baik, tapi tetap memiliki konsumsi daya yang hemat. LED juga diklaim lebih awet dibandingkan dengan lampu bohlam. Selain itu, pada X-ADV 2021 ini juga sudah memiliki lampu senja alias Daytime Running Light (DRL), yang juga sudah LED.

Menariknya, pada lampu sein sekarang sudah dilengkapi dengan fitur auto-cancel, seperti yang ada di mobil. Pada lampu seinnya sudah dilengkapi pula dengan teknologi Emergency Stop Signal (ESS). Teknologi ini akan membuat lampu sein berkedip secara otomatis saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Sistem tersebut diatur pada kondisi jalan yang basah atau hujan.

Di bagian panel meter, tentunya sudah full digital. X-ADV 2021 dibekali layar TFT berukuran 5 inci. Panel meternya mampu terhubung dengan smartphone, melalui fitur Honda Smartphone Voice Control. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk pengguna Android saja. Pengendara bisa mengatur mode berkendara secara cepat dan mudah. Selain itu, informasi yang ditampilkan juga bisa disesuaikan dengan selera atau kebutuhan dari pengendara. Terdapat 4 variasi desain tampilan yang dapat dipilih. Pengendara juga bisa langsung mencolok smartphone ke motor melalui soket USB type-C yang sudah disediakan di dalam bagasi di bawah jok untuk mengecas baterai.

X-ADV masih mengandalkan Smart Key atau teknologi keyless. Smart Key ini sudah terintegrasi dengan pembuka tempat duduk dan penutup tangki bahan bakar. Secara opsional, Smart Key pada X-ADV 2021 juga dapat diintegrasikan dengan Smart Top Box.

Untuk menunjang perjalanan, Honda sudah membekali skutik petualang ini dengan tangki bahan bakar berkapasitas 13,2 liter. Naik sedikit dari model sebelumnya yang memiliki kapasitas 13,1 liter. Lalu, pada bagian bagasinya juga cukup luas. Kapasitas bagasinya mencapai 21 liter. Dengan volume tersebut, bagasi X-ADV 2021 ini diklaim mampu menampung helm full face bergaya adventure.

Tak ketinggalan, fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) tetap disematkan. Fitur ini mampu mencegah roda belakang tidak kehilangan traksi akibat tenaga yang berlebih atau kondisi permukaan jalan yang licin.

Honda X-ADV 2021 sudah menggunakan teknologi Throttle By Wire untuk tuas gasnya. Untuk menyesuaikan gaya berkendara, skutik ini juga menawarkan 5 mode berkendara, yakni Standard, Sport, Rain, Gravel, dan User. Pada mode Sport, HSTC diatur posisi rendah. Mode Rain melunakkan performa mesin. Mode Gravel memberikan tenaga maksimal, tapi dengan ABS dan HSTC di posisi rendah. Sedangkan mode User, pengendara bisa mengatur semuanya sesuai kebutuhan atau selera.

Fitur unik lainnya tentu saja Dual Clutch Transmission (DCT) dengan 6-percepatan. X-ADV 2021 menawarkan perpindahan gigi yang mulus, baik dikontrol secara manual atau otomatis. DCT akan bekerja secara halus dan lebih awal saat mode Rain digunakan. Tapi, pada mode Gravel dan Sport, DCT akan lebih cepat dan agresif dengan auto-blipping saat downshift.

Di bagian suspensi, sokbreker depannya tetap mengandalkan model Up Side Down (USD) yang dapat diatur preload dan rebound-nya. Sehingga, melalui kondisi jalan, seperti aspal, tanah, atau bebatuan, tetap nyaman. Swingarm dari bahan aluminium juga disematkan pada X-ADV 2021. Sokbreker monoshock yang digunakan juga dapat diatur preload-nya untuk menjaga kemampuan bermanuver tetap optimal.

Kaki-kaki Honda X-ADV 2021
Rem Depan 296 mm, double hydraulic disc with radial 4-piston caliper
Rem Belakang 240 mm single hydraulic disc with 1-piston caliper
Suspensi Depan 41 mm USD, 153,5 mm stroke
Suspensi Belakang Monoshock damper, Pro-Link Swingarm, 150 mm travel
Ban Depan 120/70-R17m/C (58H)
Ban Belakang 160/60-R15M/C (67H)
Pelek Depan Spoke Wheel 17M/C x MT3.50
Pelek Belakang Spoke Wheel 15M/C x MT4.50

Mesin Honda X-ADV 2021

Skutik petualang ini masih menggunakan mesin yang sama. Bedanya, mesin yang sekarang mampu memproduksi tenaga dan torsi yang lebih besar. Serupa punya Forza 750 yang juga baru diluncurkan. Mesin berkapasitas 745 cc, 2-silinder, 8-katup, SOHC, berpendingin cairan, itu mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 43,1 kW pada 6.750 rpm dan torsi maksimum mencapai 69 Nm pada 4.750 rpm. Versi sebelumnya, tenaga maksimumnya hanya 40,3 kW dan torsi maksimumnya di angka 68 Nm.

Dengan karakter mesin over stroke, ukuran pistonnya 77 mm dan langkah pistonnya 80 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan masih sama, yakni 10,7:1.

Tak hanya penambahan tenaganya saja, mesin X-ADV 2021 juga sekarang lebih ramah lingkungan. Sebab, mesinnya sudah memenuhi standar Euro 5. Agar mesinnya lebih efisien, Honda merevisi bagian intake dan exhaust. Selain itu, Honda juga memperbaiki rasio transmisi kopling ganda (DCT). Akselerasi jadi fokus Honda dengan membuat rasio gigi lebih rapat mulai dari gigi bawah sampai atas. Menariknya, dengan segala peningkatan dan ubahan tersebut, bobot Honda X-ADV lebih ringan 2 kilogram dibanding versi sebelumnya. Maka itu, Honda mengklaim X-ADV 2021 lebih efisien antara perbandingan bobot dan tenaganya.

Spesifikasi Mesin Honda X-ADV 2021
Tipe Mesin Liquid-cooled 4-stroke 8-valve, SOHC parallel 2-cylinder
Diameter x Langkah 77 mm x 80 mm
Isi Silinder 745 cc
Rasio Kompresi 10,7:1
Transmisi 6-percepatan dual clutch transmission
Tenaga Maksimal 43,1 kW @ 6.750 rpm
Torsi Maksimal 69 Nm @ 4.750 rpm

Honda X-ADV 2021 Belum Memiliki Rival

Sejauh ini, Honda masih bermain sendirian di segmen skutik petualang berkapasitas 750 cc. Dari pesaing terdekatnya, Yamaha, masih belum memiliki skutik sejenis. Yamaha dikabarkan belum memiliki rencana untuk mengeluarkan pesaing X-ADV. Pabrikan berlogo garpu tala tersebut masih nyaman dengan skutik bongsor andalannya, yakni TMax yang memiliki mesin berkapasitas 530 cc.

Kesimpulan

Honda X-ADV 2021 dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, karena belum memiliki pesaing. Untuk menyalurkan hobi touring atau adventure, skutik ini sangat direkomendasikan melihat fitur dan spesifikasi yang diusungnya.

Meskipun, harga yang ditawarkan cukup tinggi, tapi selalu ada alasan bagi para pehobi untuk meminang X-ADV 2021. Untuk diketahui, X-ADV 2019 saat ini dibanderol Rp 450.000.000 (OTR Jakarta) oleh AHM.

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda X-ADV
Lihat